TMCBLOG.com – Sobat sekalian seperti kita ketahui Indonesia rencanannya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap WSBK dan MotoGP di tahun 2021 nanti. Dan sirkuit yang akan dipakai adakah sirkuit jalanan ( Street Circuit ) Mandalika di pesisir selatan Pulau Lombok provinsi Nusa Tenggara Barat. Nah infonya karena ini adalah sirkuit baru dengan karakter baru dan belum pernah dicoba di balap GrandPrix era 4 tak MotoGP, maka ada rencana Mandalika akan jadi salah satu tempat test pra-musim MotoGP di awal tahun 2021 . . Itu adalah sekitar 13 bulan ke depan . . Nah bagaimana sebenarnya Timeline rencana pembangunan di 13 bulan kedepan ?

Beruntung via tweet Bro Teddy berdasarkan vlog dari Moh Ilham akhirnya diketahui jadwal jadwalnya sob . . ini diaΒ  . . Pekerjaan persiapan sudah dimulai semenjak 2 Desember 2019 berupa mobilisasi peralatan ke lokasi calon track dan pekerjaaan manajemen lalu lintas menuju ke site pekerjaan.

Pekerjaan Main Track dikerjakan selama dua bulan mulai 13 Januari 2020 seperti penggalian underground, pembuatan jalur drainase sirkuit, proses 3 lapisan pengaspalan pasca pengerasan dasar permukaan, pembuatan Kerb sirkuit sampai pembuatan Run-Off.

Biasanya di setiap sirkuit itu hadir tunnel yang menghubungkan perimeter dalam sirkuit dan bagian luar dan street circuit Mandalika ini memiliki 2 tunnel di sebelah utara dan sebelah selatan dimana fokus pembangunan masing-masing tunnel dilakukan selama sebulan.Β  Pembangunan tunnel utara dilakukan mulai 2 Maret 2020 dan pembangunan tunnel selatan dilakukan mulai 6 April 2020.

27 Juli 2020 dimulailah pekerjaan hal lain-lain seperti Pit wall, dinding beton yang memisahkan Pitlane dengan track, Fence dan lain-lain. Semenetara itu satu tahun setelah pembangunan fisik baru dilakukan pemasangan beberapa hal detail mekanis dan elektrik seperti wiring, timing sensor, speaker, Led Signal Flag, Start Light, Kamera-kamera Dorna dan lain lain. Dan direncanakan finish secara keseluruhan tanggal 25 Maret 2021 . . .

Taufik of BuitenZorg

47 COMMENTS

  1. tikungan yg awalnya 19 berubah jadi 17 dan layout juga berubah T7 dan T8 di hilangkan jd track lurus dr T6 tembus T10

    Guest
  2. Semoga rossi belum pensiun saat motogp mandalika biar bisa salaman dan minta tanda tangannya meski saya bukan fans salah satu pembalap.

    Guest
  3. Indonesia itu terkenal :
    – Molor (kualitas pekerjaan relatif baik)
    – Tepat waktu tapi kualitas pekerjaan berkurang

    Harusnya malah buat musim 2022 aja supaya kualitas sempurna..

    Guest
  4. Jangan malu maluin bangsa ini loh ya,udah janji sama orang luar entar ternyata molor dr target yg mali satu bangsa cuy

    Guest
  5. Elevasi nya datar ya ini sirkuit nanti?,kayak bekas lapangan terbang(silverstone) nggak naik turun kayak Sachsenring, Spielberg,atau Philip island

    Guest
  6. Ini sirkuit bakal berasa kyk assen atau sachsenring…typical speed corner bgt..marquez seenggaknya bisa ngeluarin kemampuannya di sektor akhir.

    Guest
  7. Dari jaman kecil paling demen main balap yg sirkuitnya ada terowongannya.. seru banget.. apalagi air terjun.. knapa gak dibikin aja wak circuit yg saling cross jd ada terowongan, tp juga ada kerb dan lebar / wall sehingga tetap aman.. apalagi klo bisa lewatin kolong air terjun.. bisa tu klo dibikin di bogor πŸ˜€

    Guest
  8. Hmmm. Sebelum ada di medi sirkuit lombok ini, dulu Dorna pernah punya keinginan ada balap di sirkuit urban, dan waktu MotoGP seri akhir tahun berapa gitu (lupa hhhh) saat te Lucy W di MotoGP T7 pernah mengatakan pimpinan acara MotoGP T7 bertemu Dorna untuk menandatangi perpanjangan kontrak dan pembahasan MotoGP Lombok. Dan ini mungkin jawabnya..

    Guest
  9. wak, itu beneran timeline pekerjaannya selesai 25 maret 2021? soalnya di file foto kok kayak ada yg ditempel label gitu ya, jangan2 25 maret 2022

    Guest
  10. Semoga bisa ramai penontonnya.
    Tapi kalo prediksi saya ya gak akan maksimal ramainya penonton tribun seperti kalo sirkuit ada di bali atau di jawa

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.