TMCBLOG.com – Sobat sekalian, TMCBlog memperoleh kesempatan melihat secara langsung sosok Suzuki GIXXER 250. Motor ini pada dasarnya bukanlah merupakan motor yang baru sama sekali, motor ini mulai diperkenalkan di India pada bulan Mei 2019. Saat itu melihat platform mesinnya yang SOHC satu silinder berpendingin oli, banyak netizen penggemar sepeda motor Indonesia cukup memperlihatkan resistensinya terhadap motor ini dan kebanyakan memperkirakan motor ini akan sulit jika masuk ke pasar Indonesia . .. Namun saat melihat di Tokyo Motor Show 2019,  dan yang membuat TMCBlog kepo adalah kenapa pasar Jepang mau menghadirkan motor ini? Pasar Jepang tahu sendiri idealisnya bukan main, paling hati-hati sama produk rakitan luar Jepang . .

Saat pertama kali TMCBlog melihat dengan mata kepala sendri, soal Build Quality memang rapi banget sih sob, kualitas perakitannya ciamik, kerapatan part part plastik cukup konsisten, minim banget kehadiran finishing welding yang ‘rebek’ . . Motor ini pada dasarnya jika disandingkan melawan semisal Yamaha Fazer 250 terlihat cukup mumpuni, walaupun jika melihat dimensi dari mesinnya agak sedikit terlihat ‘kurus’.

Yes terlihat cungkring karena sudah hanya 1 silinder, SOHC tanpa dua poros camshaft yang biasannya membuat kepala silinder terlihat besar, juga fin fin (sirip) pendisipasi udara terlihat minim karena motor ini sejatinya menggunaan pendingin oli atau yang oleh Suzuki dinamakan SOCS – Suzuki Oil Cooled System.

Mengenai jati diri mesin secara detail, Suzuki menghadirkan mesin satu silinder SOHC , 6 percepatan, 4 Klep berpendingin cairan oli dengan karakter overbore dan mampu menghadirkan power maksimum di crankshaft sebesar 26,5 ps ( 26,13 hp) @9.000 rpm dan torsi maksimum 22,6 N.m @7.500 rpm.  . . . Yaaa sebenarnya cukup cukup saja sih mesin dengan power dan torsi segitu . . Namun jika mau masuk Indonesia permasalahan Value For Money-nya harus lebih bisa menggoda.

Taufik of BuitenZorg

47 COMMENTS

    • ya sujuki emng ga main2 soal ketahanan mesin, disaat yg lain perlu watercooled, sujuki cma perlu oilcooled, itu karna mreka pakai material lbh berkualitas.

      Guest
  1. Aku juga kemarin lihat di Jepang..
    Dr depan sih keren menurut saya,, samping lumayan yg bikin aneh itu buritan terutama jok belakang.. Jadul banget.

    Guest
  2. Gixxer 250 ini mesinnya udah nerapin “compact design” macam di MotoGP, keuntungan mesin compact : bobot & handling enteng.

    Motor lain yang udah nerapin mesin dengan “compact design” antara lain : Honda CBR 250 RR, Kawasaki Ninja 250 Fi Gen-2 & Kawasaki ZX25R (harusnya)

    Guest
  3. Kualitas jempolan tp g dilirik orang ya pabrikan ini nih … G tau kenapa pabrikannya yg budheg apa konsumennya yg kurang smart .. ato ke dua nya .. kadang terasa membingungkan …

    Kemungkinan qta sudah dirasuki jiwa2 seorang fb dan itu membuat buta mata hti qta .. bukan menilai suatu produk akan kwalitasnya ,,,, , , apakah ada sepemikiran dengan ane ekekekek

    Guest
    • aftersales sama BeRes yg kalah dr HodnaYamaha yg bikin ga dilirik,(dealer jg makin banyak yg tutup)

      perbaiki itu plus desain yg dimau orang sini pasti balik berjaya kayak jaman Shogun dan satria dulu,Ertiga aja makin bagus masa motornya masih kolot aja?

      Guest
      • Sebenernya segaris sih bro, antara keberadaan beres dll, coba suzuki lebih nggigit dlm hal pemasaran, pembuatan desain motor sesuai selera masy. Indonesia dan gmn caranya membuka pemikiran para fansboy supaya ngeliat motor buatan mereka.. ini lho motor buatan kami yang terkenal bandel tahan banting, bukan terkenal harga jual kembali yg stabil. Itu dulu aja sih, nanti lambat laun konsumen jg bakal melirik. Pelan pelan misal kalau market share naik yg namanya bengkel dll jg tumbuh sendiri karena jumlah peminat itu td naik. Atau suzuki harus konsisten pada ceruk pasar tersendiri seperti kawasaki yg sekarang dia konsen pd motor jenis sport atau dual purpose.

        Halo suzuki, ayo dong buat gebrakan lagi. Buat kami para pecinta roda dua punya banyak opsi jenis motor dijalanan. Jangan cmn merk itu itu saja yg bertebaran dijalan.

        Guest
  4. Tapi biar cuma 1 silinder SOHC 4 klep, Gixxer 250 ini akselerasinya tergolong ganas, lebih kuat dibanding CBR 250 R (1 Silinder). Ane lihat Gixxer ini sering diadu drag dari youtuber orang india.

    Guest
  5. desainya elegan berkarakter..
    tpi yg bkin mata melotot itu silinder headnya unik banget
    SOHC 4klep sma DOHC 4klep bedanya apa sih, kan beda jumlah noken as aja, lagian dgn 1 noken as bobot lebih enteng, gesekan jg minim

    Guest
    • dan jgn disamain dgn byson, jauh mah bagusan gixer250, mnrt sya kesan futuristik sdkt ditonjolkan diantara lekukan bodi yg ga trlalu tajem2.. nice sujuki.. andai 150cc dbkin gni

      Guest
  6. Dibandingkan produk serupa dari Kawasaki ini unggul dari sisi perawatan dan desain menurutku lebih padat berisi, kalo mau dijual di Indonesia tinggal pepet harga Kawasaki walaupun kemungkinan masuk ke Indonesia sangat kecil karna mepet sama sport 150cc mereka

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.