TMCBLOG.com – Leon Haslam, pembalap yang tahun lalu membersamai Jonathan Rea melawan hegemoni Ducati Panigale V4RS yang dibesut oleh Alvaro Bautista di awal musim 2019 akhirnya malah menjadi teammate pembalap Spanyol itu di musim 2020. Menjadi pembalap kedua yang di-hire HRC untuk membesut Honda CBR1000RR-R menjadikan Leon seperti terlihat seperti pembalap nomor dua di HRC team. Namun, bagaimana hasilnya sampai saat ini?

Sampai hari kedua test resmi pra-musim Leon adalah pembalap team HRC tercepat baik saat hujan seperti yang terjadi di sirkuit Jerez, maupun saat kondisi trek kering dan terang benderang sepanjang hari seperti saat hari kedua test Portimao kemarin. Lalu bagaimana pendapatnya mengenai test Jerez dan Portimao dan juga bagaimana menurut Leon performa dari Alvaro Bautista yang faktanya belum bisa menyamai laptime tercepatnya selama 4 hari pengetesan resmi? Kepada Speedweek, Haslam berkata:

“Kami bisa menyelesaikan banyak lap lagi yang lebih signifikan pada hari kedua (test Portimao) dibandingkan pada hari Ahad dan kami bisa mencoba semua yang sudah dijadwalkan. Kami telah membuat peningkatan besar dan kami senang dengan bagaimana motor bekerja pada ban balap. Pada akhirnya kami juga mencoba ban (kompon) soft, tetapi sayang kami hanya dapat mengendarainya sedikit lebih cepat. Kondisi trek kering sepanjang hari dan kami puas dengan progres kami.”

Alvaro Bautista pada hari kedua terpaut 1,9 detik lebih lambat dari Toprak Razgatlioglu dan berada pada posisi di luar Top-10. Mengenai Alvaro, Haslam berpendapat; “Alvaro juga tidak begitu kencang saat test pra-musim tahun lalu kemudian bisa memenangkan banyak seri balap. Ia banyak memiliki pengalaman. Ini adalah proses pembelajaran bagi kami berdua. Kami telah semakin menguasai motor dan Saya merasa lebih kuat, team bekerja dengan baik dan jalur yang kami lakukan sudah benar. Kami sangat dekat dengan pembalap tercepat, jadi kami merasa senang.”

Leon Haslam

Philiip Island merupakan sirkuit yang unik, Saya pernah memperoleh podium dengan banyak pabrikan. Yang penting bukan motornya, namun gaya berkendara. Saya nggak sabar memulai musim dan Alvaro telah meraih posisi Top-4 MotoGP (di Phillip Island), Ia menang dengan sangat percaya diri tahun lalu. Test pada saat sebelum balapan dimulai memang sangat penting bagi kami. Kami meningkat sedikit demi sedikit, namun kami tak jauh dari pembalap tercepat. Ini sangat menjanjikan.”

Taufik Of BuitenZorg

 

83 COMMENTS

  1. Leon Haslam ini masih sodaraan sama Ron Haslam gak sih wak ? Ron Haslam klo gak salah punya sekolah balapan dgn brand motor yang di pakai adalah Honda.

    Guest
  2. Baru sadar garasi dan kru nya ini lebih dominan warna merah daripada warna khas rwb… gabungan kru HRC dan kru h0nda racing eropa kali ya

    Guest
    • Mungkin jabatannya beda
      Setau saya di MotoGP pun krunya ada yg pake seragam Repsol sama ada yg pake seragam RWB

      Guest
    • Setahu ane sih,merah memang warna nya Honda
      Seperti halnya orange di KTM,biru di Yamaha, kuning di Suzuki,dan hijau di Kawasaki

      Guest
  3. kenapa lampunya gak dinaekin yah alisnya kaya cbr seblumnya…parah sih yg sebelumnya…ganteng kalo ini…butuh waktu lama

    Guest
    • Pake motor sama aja butuh keberuntungan tinggi, apalagi pakai Yamaha…

      Mungkin bisa aja sih kalau Toprak dzikir pagi-petang, rajin tahajud dan dhuha wkwkwk

      Guest
  4. Gua malah berharap semoga cbr rrr ini gak langsung podium tp paling gak masuk 8 besar lah tahun ini biar keliatan perjuangannya, biar asik buat ditonton dan kompetisi,

    Guest
  5. penyakit HRC atw team Honda pada umumnya selalu sama saja, menganggap motornya bukan yg tercepat di lintasan, belajar dan berkembang sedikit demi sedikit, menempatkan pembalapnya bukan di sofa empuk atwpun kasur springbed premium, bekerja dibawah tekanan, mengumpulkan banyak data tanpa peduli posisi ada dimana…menempatkan situasi tepat pada waktunya! ini waktunya TEST! bukan BALAPAN!…honda..honda..kapokmu kapan?!

    Guest
  6. Meski kawasaki belum turun,kayaknya honda tahun ini bakal kasi kejutan di wsbk. Ayo honda tayangin wsbk dong ditv nasional biar lebih seru nontonnya.

    Guest
    • Sejak di motogp juga Bautista selalu naik 4cyl, gimana ceritanya gak cocok. Kalau macam Sam Lowes, Thomas Luthi atau Hafizh Syahrin baru gak cocok, ke motogp cuma buat ngisi presensi doang

      Guest
    • Waduh…kapan di gelaran motogp atau sbk bautista naik non 4 silinder? Yg dimaksud mungkin I4 atau V4 kale

      Guest
    • Bautista sudah terbiasa riding style keras kalo pake v4, saat pake i4 yang notabene dibutuhkan gaya balap lebih lembut dan mengalir malah kedodoran.
      Lihat saja masak bautista selalu kalah jauh sama Leon Haslam yang notabene rider kedua di tim yang malahan bisa rutin top atas pakai motor yang sama.

      Tapi kata bautista memang doi lagi ngak mau push, dia lagi cari kecocokan dengan motornya, tapi gak tau juga siih kekuatannya dia sebenarnya.

      Guest
    • kan emang gak cocok,dia agresif waktu pake Aprilia 125 dan 250 yg bukan mesin 4 silinder
      begitu naik ke kelas primer yg pake mesin 4 silinder namanya makin meredup
      wkwkwk

      Guest
      • Dah baca artikel sblmnya blm bro? si bau bau sibuk nyari data buat arah pengembangan, lg pula msh tes ini blm mulai balapan

        Guest
  7. @Gilmojip113, sudahlah bro..

    Kita semua udah tau mentega…seorang enginer muda yang bahkan ngelamar jadi office boy honda ditolak..artinya apa tuh?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.