TMCBLOG.com – Bukan hanya laptime cepat yang ditorehkan Pol Espargaro yang menyita perhatian pada sesi hari terakhir Test Shakedown Sepang 2020. Ternyata KTM terlihat juga via pembalap Spanyol ini menghadirkan Aero Fairing baru sob. Mulai dari bentuk front cowl termasuk mulut RAM Air yang telihat lebih monyong, perbedaan winglet kanan kiri sampai potongan pinggir samping dari Front Cowl yang terlihat bergerigi seperti bekas gigitan ikan hiu.

Model ujung dari bilah wing atau pun bilah aero-body yang bergerigi ini pernah diaplikasikan di Formula 1 pada masa lalu oleh Ferrari dan Mercedez. Untuk saat ini diperkirakan apa yang dilakukan oleh KTM mirip seperti apa yang dilakukan di Formula 1 yakni mengurangi tendensi turbulensi udara ke arah pembalap.

Lalu mengenai aero winglet, apa yang dihadirkan oleh KTM di Shakedown Test oleh Pol Espargaro bentuknya secara umum sangat berbeda dengan aero winglet RC16 yang digunakan oleh KTM sepanjang musim 2019. Winglet baru memliki ‘support’ yang tidak lagi di-mounting ke arah belakang, namun ke arah persis di bawah dengan menghadirkan lekukan yang searah dengan winglet RCV213V namun dengan sudut yang lebih ekstrim dan sempit lagi.

Sampai saat ini TMCBlog masih berkeyakinan bahwa jika dilihat dari angle of attack-nya, efek downforce pada aero wing baru ini hadir dari kedua bilah wing atas dan bawah. Bandingkan dengan desain aeroΒ wing model 2019 dimana downforce hanya dihasilkan dari single winglet.

Kita akan lihat apakah wing ini akan digunakan oleh Pol Espargaro atau bahkan semua pembalap KTM MotoGP di tahun 2020 ini. FYI, homologasi wing berlaku per-tahun dan per-pembalap, jadi dua pembalap dalam satu team biasa saja memiliki desain aero wing yang berbeda.

Taufik of BuitenZorg

27 COMMENTS

    • yg bergerigi itu ngambil inspirasi dr ‘Serrated Gurney Flap’ ….biasanya dipasang dibagian ujung/tepi sayap, kadang jg bodi mobil, bahkan di visor depan kokpit pmbalap F1, fungsinya macam2, trgantunng sifat aliran yg menerpa-nya & karakter sirkuit ….krn pada dasarnya pemasangan suatu komponen akan berimbas thd komponen lain …. bahkan ada yg dg sengaja dipasang utk “memecah” aliran laminer, alih2 menciptakan aliran streamline

      Guest
    • @Wanto : ooh.. gitu ya Kang.. Makasih pencerahannya.. mantap! akhirnya makin banyak komen yg benar2 berbagi ilmu.. keren!

      Guest
  1. makin banyak pabrikan.. makin banyak teknis yg bisa diambil ilmu pengetahuan.. saya newbie teknik mah.. mantap motogp.. mantaap tmcblog.. 😘

    Guest
  2. Wow komen ane seperti orang hanyut timbul tenggelam, padahal no sara no nyinggung yg punya warung..kenapa mas Nug ada yg salah ? πŸ€”πŸ˜

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.