TMCBLOG.com – Sobat sekalian, di artikel kemarin kita sudah membicarakan sinyalemen penggunaan Holeshot Deviceย di Yamaha M1 yang dilakukan oleh Kohta Nozane pada akhir sesi hari kedua test pra musim Sepang 2020. Dan via video yang di share akun Twitter MuchapichaGP akhirnya terlihat dengan jelas proses pengoperasian/pengaktifan Holeshot Device tersebut.

Holeshot Devices Yamaha M1 – Non Aktif
Holeshot Devices Yamaha M1 – Aktif

Terlihat dengan sangat jelas tangan kiri dari Kohta Nozane sedang mengaktifkan sesuatu yang letaknya berada di sebelah kiri dari Yamaha M1. Dan setelah diaktifkan terlihat bagian belakang dari Yamaha M1 turun posisinya dengan sangat signifikan.

Mengenai sinyalemen bentuk knob yang digunakan untuk mengaktifkan Holeshot Device silahkan simak Link Artikel ini sob

Jadi apa tujuan dari Holeshot Devices sendiri? Berikut ini adalah saduran artikel lama yang bersumber penjelasan direktur teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli yang pernah menjadi wakil direktur Ducati Corse. Buat yang nggak perlu penjelasan teknis, gak apa apa bacannya sampai sini saja, namun buat yang lupa, silahkan dibaca kembali.

Pengaplikasian Holeshot Device yakniย  utamanya untuk meminimalisasi terjadinya wheelie dan tujuan sekunder yang banyak, salah satunya memberikan traksi lebih besar lagi ke ban belakang agar bisa efektif melakukan start. Menurut Cecchinelli pada zaman dimana ban Michelin sangat bagus grip karetnya seperti saat ini, akselerasi saat start itu handicap/tantangan nya paling utama adalah wheelie bukan spining ban belakang.

Memang sih pada setingan ECU Launch Control sudah ada variabel anti wheelie, namun anti wheelie di setingan ECU ini ada ikut campur interupsi mematikan pengapian, semprotan BBM dan lain-lain atau secara umum mengganggu proses ledakan pembakaran di mesin. Nah antiwheelie dengan cara mengaplikasikan Holeshot Deviceย murni 100% bersifat mekanik dan tidak ada hubungan sama sekali dengan proses pembakaran di dalam jeroan mesin. So performa mesin akan tetap maksimal, nggak ada interupsi interupsi untuk mematikan mesin, menyetop BBM, menghentikan pengapian dan lain-lain.

Nah menurut Cecchinelli kunci utama dalam anti wheelieย mekanis adalah merendahkan serendah mungkin titik pusat massa (Centre of Gravity-CoG). Nah ini lah yang merupakan tujuan paling utama banget dari Holeshot Devices secara umum. Kenapa CoG penting? Karena LIMIT dari kapan terjadinya wheelie itu berbanding lurus dengan rasio jarak poros roda belakang dengan CoG motor (B) dengan jarak antara CoG dan permukaan asphal (H) – ini TMCBlog hi-lite kuning karena memang merupakan resep/rumus utama dari penjelasannya

Gambar di atas adalah motor Ducati Desmosedici GP19 sebelum diaplikasikan Holeshot Devices (normal). Anggap saja misalnya angka B1 dan H1 sama sehingga Rasio B1/H1 nilainya adalah 1.

Gambar di atas adalah gambar motor Ducati GP19 setelah diaktifkan Holeshot Device-nya. terlihat lebih ‘membumi’ kan? Terlihat B2 nya sama dengan B1. Sementara jelas H2 lebih kecil dari H1. Ini membuat B2/H2 nilainya akan lebih besar dari B1/H1. Kalau B1/H1 tadi misal nilainya 1. Mungkin B2/H2 nilainya bisa misalnya 1,03 .

Ingat kata Checcinelli : LIMIT dari kapan terjadinya wheelie itu berbanding lurus dengan rasio jarak poros roda belakang dengan CoG motor (B) dengan jarak antara CoG dan permukaan asphal (H).

Artinya B2/H2 nilainya lebih besar dari B1/H2. Maka ketikaย kondisi B2/H2 (Holeshot device aktif) memiliki Limit terjadinya wheelie yang lebih besar dibandingkan B1/H1 (tanpa Holeshot Device).ย Atau dengan kata lain dengan pengaktifan Holeshot Devicesย kondisi steady akan lebih lama sampai terjadi wheelie ketimbang tanpa menggunakan Holeshot Devices !!

Taufik of BuitenZorg

72 COMMENTS

      • Elu nyindir yahaha ya? Udah ngekorr bikin parking brake, stand switch, idling stop dengan embel2 smart masih gk laku juga
        Awokawokawok

        Guest
        • Sebentar lagi keluar tuh yg kata mereka gk guna..tp kata manajemen mereka 5 meter lebih dr titik berhenti yg gk pake..dan dia adalah UBS..

          Guest
        • Nyindir honbul bol..apa2 yamaha apa2 yamaha.. Kalau ga laku bangkrut dong.. Ngawur aja lu, laku dibantu lising/kridet aja gembira loka..

          Guest
        • Pokoknya Kalo Yg make Yamaha Itu gak Ngekor Gak follower sampe2 bikin sasis Twinspar/Deltabox jga katanya Yg Nemuin Yamaha kok

          Guest
    • ngahaem ngeekorr market Y …

      @ carlos
      laku cuy ente tinggal dmna ??jgn lupa eco riding Y juga diceplok ngoahaem…

      Guest
        • Lah, salesnya pada kelojotan, gw mah bodo amat mau hondut, yahaha bangkrut, noh baca komen siAlan “bikin untung hasil jualan dagangan”
          Di mana2 bisnis ya nyari untung, koplak amat komennya

          Guest
        • Jauuuuuuh sebelum Vixion menggunakan Delta seng… NSR series sudah pakai…

          Jauuuuhhhh sebelum Mio J pakai pelatuk Roller…. Karisma sudah pakai….

          Guest
    • Yahaha laku kok cm sedikit, kaoskaki laku sedikit, sizuki laku sedikit. Yaa wajar sih wong konsumen motor d sini yg pinter emang cm sedikit selebihnya cm ketipu sm merk…wkwkwwkkw

      Guest
  1. Di video itu cara aktifinnya secara mekanik atau elektrik wak? Kok kaya mudah banget turunnya shock belakang
    Cmiiw

    Guest
  2. Jadi bingung yg termasuk active suspension yg nggak diperbolehkan itu yg kayak gimana?,bukannya yg tinggal tekan2 tuas tanpa otak Atik langsung ke barang suspensinya itu udah termasuk active suspension?

    Guest
  3. Wah semakin aneka macam cara buat juara….honda emang acak2an ya pak? Kon ndak ada yg yaaa…minimal merangsrek ikutan cetak waktu putaran lap cepat, sengaja atau emang kacau alex, nakagami cal

    Guest
  4. Paling males liat valeban fby akut copas nickname dan bikin rusuh.

    Bikin jelek nickname jono garagara copaser sampah.

    Guest
  5. mau apapun caranya jika pembalapnya itu itu saja , hasilnya akan tetep sama.
    dan kayaknya holeshot masih tetap kalah dgn pembalap star terbaik.

    Guest
  6. Seketika pedrosa ngedumel,..
    coba teknologinya dulu sudah ada, pasti om pedro gak tengsin jinjit balet pas lagi start

    Guest
  7. BTW itu sebenarnya mekanismenya gimana ya? apa tuas yang diputar punya gear rasio, soalnya kelihatan enteng banget langsung ambless bodinya turun … padahal itu di naikin 2 orang belum tentu shock belakangnya se ambles itu … apa itu mekanismenya di luar suspensi ya?

    Guest
  8. wow banyak info sehat.. jd tau mekanisme start launch.. ama dilarangnya komponen elektronis.. ntap blog ini ๐Ÿ˜˜ gw newbie naek level tentang teknis dikit dikit..

    Guest
  9. Ntar ada teknologi shock lontar..
    Jadi setelah holeshoot ini aktif.. Kan motor ceper.. Kemudian.. Saat kopling di lepas.. Suspensi belakan secara spontan mencetat ke kondisi norma.. Sehinga bisa menambah kecepatan start akibat efek lontar dari suspensi belakang..

    Guest
  10. Kenapa gak sekalian di aplikasikan air suspension kan tujuannya sama saja membuat/ mengatur cog serendah mungkin

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.