TMCBLOG.com – Late story, Marc Marquez seperti kita ketahui mengalami dua kali operasi shoulder (bahu). Operasi shoulder kiri dilakukan pada winter 2019, sementara operasi shoulder kanan dilakukan di winter tahun 2020 ini. Level operasi dan tingkat kerusakan shoulder kiri tahun 2019 menurut Dr. Mir jauh lebih berat dibandingkan shoulder kanan, tingkat operasi 2020 pun sedikit lebih ringan. Yang terjadi adalah walaupun operasi 2020 lebih cepat pulih, namun kekuatan Marc di shoulder kanan belum 100% pulih. Marc masih mengatakan bahwa ia masih kehilangan kekuatan pada shoulder sebelah kanannya.

Dan ini lah salah satu yang menyebabkan Marc dua kali mengalami crash di Sepang test dimana ia gagal menyelamatkan posisi near crash dengan elbow yang tenaganya bersumber dari shoulder/bahu. Namun bukan itu sobat sekalian yang kan kita bicarakan dalam late story kali ini. Namun seperti apa sebenarnya proses sebagian dari ‘reparasi’ shoulder kiri dari Marc Marquez pada tahun 2019 yang lalu. Ternyata ada beberapa hal yang baru TMCBlog ketahui setelah menyimak video Marc Marquez Unlimited yang dibuat Dorna sebanyak 4 seri mungkin sebagai kado ulang tahun ke 27 pembalap Repsol Honda ini.

Jadi sob, yang diceritakan di sana adalah setelah Dr. Mir menyelesaikan proses rekonstruksi dari ligamen (otot) dari bahu kiri Marc, ternyata ada proses tambahan yang cukup bikin ngilu yakni menggunakan bagian tubuh marc sendiri untuk menopang ligamen tersebut.

Ligamen yang baru di-rekonstruksi tentunya masih lemah dan belum menyatu dengan bagian bahu lain, oleh sebab itu harus ditopang sesuatu agar posisinya tetap stabil berada pada posisinya.

Dan ternyata untuk menopang ligamen tersebut, Dr. Mir menggunakan tulang yang sepertinya bernama Corracoid Process. Tulang tersebut dipotong sob, asli dipotong!

Lalu potongan tulang tersebut digunakan sebagai ‘stopper’ dari ligamen dengan bantuan dua buah baut titanium.

Dan dengan stopper yang terbuat dari tulang Marc sendiri ini, ligamen yang baru direparasi kecil memiliki potensi lepas sebelum ia kuat berada tempatnya. Wahhh ternyata sampai begitu ya teknologi dan pengorbanan seorang MM93 . . Respect deh.

Taufik of BuitenZorg

64 COMMENTS

  1. ngeri nih.
    respect sama pembalap nih.
    pengorbanannya luar biasa.

    apa gak bisa diakalin pake bagian tulang sapi atau banteng gitu? hehehehe bercanda

    Guest
  2. Marc is marc…tubuhnya telah di persiapkan untuk effort yg dia perlukan tuk ambisi menumbangkan rekor demi rekor…tp mski bgitu dia tetap pribadi yg low profile n humble…dn naluri belajarnya dr smua aspek teknis dn non teknis,mmbuatnya smakin sempurna….slamat berjuang marc…bravo

    Guest
  3. Mbah darmo mana yang suka tantangan??
    Ikut operasi mbah biar seru gitu lho, kalo komen doang mah receh, level mbah darmo kan tantangan tingkat dewa

    Guest
  4. Mending sunat karoseri front end ketimbang operasi kek gini. Pasti mahal nih. And gak dapet hadiah dari tetangga n sodara.. Sunat mah cepet ga pakai opname bius juga lokal aja bang

    Guest
  5. efek naik motor celeng,menciderai badan sendiri,its ok.
    efek naik motor nyaman,menciderai pembalap lain(joan mir n nakagami)
    kira2 bagusan mana y?

    #serius nanya

    Guest
  6. tulang apaan wak yang dipotong? kira2 ada efeknya gak tuh bagian yg dipotong? belum lihat videonya (berbayar sih hehehe)

    Guest
  7. Fakta sudah di depan mata. Dia akan cuma jadi ajang rumput stadion.cuma di injek pembalap2 lainπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • dari pada jagoan lu yg musim kemarin udah diinjek-injek ama rookie yg pake motor kw pula, padahal kaga ada cedera.
      malu dong ketahuan level aslinya

      Guest
  8. Sekalinya kena efek keras lagi itu bahu kiri, selesai lah semua

    btw knapa harus pakai stopper tulang ya wak ? gabisa bahan lain gitu.. pakai plat titanium juga, atau apaan gitu ?

    itu ntar kalau udh kuat ligamennya, tulangnya dibuang dong ? πŸ˜‚

    Guest
  9. Pensiunlah sebelum menyusul pembalap honda yg sudah2.ngeri…cuma bisa bikin motor kenceng doang bengkel pinggir jalan mah pinter.

    Guest
  10. Tahun2 lalu ndahon tertolong sama mak engkes.
    Setelah engkes remuk alamat ngebeha nyungsep di goa tiap ada gp.
    Catetttt

    Guest
  11. marc beruntung berada di keluarga balap tradisonal macam HRC, dia merasa tidak pernah di tinggalkan, dan tau harus bagaiman membalas semua ini, memang Hub yg “unik” di antara keduanya!

    #jadilebihpaham

    Guest
  12. marc terlalu push to the limit sehingga dy kena akibatnya sdri. secara dy masih tetep gk bisa nyantuy klo misalkan pos nya di belakang. parah sih parah

    Guest
  13. -2013 winter operasi – 2014 season MM ngamuk menang race berturut turut
    -2018 winter operasi – 2019 fantastis win
    -2019 winter operasi lagi – akankah?

    Guest
  14. Tahun ini keknya Marc akan kesulitan dan susah payah dalam meraih gelar jurdunnya..
    Selain faktor cidera, faktor pembalap macam MV, FQ dan AR bakal jadi pengganggu juga…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.