TMCBLOG.com – Sobat Sekalian, Kawasaki Ninja ZX25R kabar kabarnya sih bakalan resmi dirilis untuk dijual dipasaran dengan Pangsa pasar Indonesia sebagai yang pertama tanggal 4 April 2020 nanti bersamaan dengan ajang Kawasaki Bike Week. Namun Motor ini sudah diperkenalkan ke publik terlebih dahulu di Tokyo Motorshow dan tmcblog beruntung jadi salah satu yang melhat lansgung dan sempat menyajikan berita tercepat kala itu, namun jelas banyak kekepoan lanjutan dong, terlebih mengenai Jati diri mesin 4 silindernya . . nah kebetulan hadir Informasi foto dari mmblog yang berasal dari Pameran di jepang. Yes Motor ini memperoleh beberapa kali kesempatan pameran di sana dan selain model Motornya, Juga dihadirkan Display Mesin 4 silindernya sob.

Cukup amaze Juga melihat akhirnnya ada juga pabrikan yang Mau membuat/ menghidupkan kembali era motor empat silinder kubikasi kecil. Jika sobat sekalian lihat di Foto Bongkahan mesin, terlihat memang 250 cc dibagi empat itu artinya isi kubikasi setiap silindernya cuma sekitar 62,5 cc, Bahkan Mesin C70 aja masih lebih besar dari satu silinder di ZX25R.

Di foto Juga sobat sekaian bisa lihat bagaimana kawasaki menempatkan Konektor konektor dari ke empat Busi yang diletakkan persis ditengah setiap silinder. dan Juga satu konektor yang berasal dari dua port juga dibagian head silinder.

Di foto juga sobat bisa lihat bagaimana Kawasaki menggunakan warna hitam bagi tutup Crankcase kanan ( bak kopling) dan Juga bagaimana menempatkan posisi filter oli yang menghadap ke bagian depan. Disamping kanan filter Oil hadir satu konektor yang tmcblog perkirakan itu adalah sebuah sensor.

Jelas Motor ini tidak dilengkapi dengan Kick Starter,  namun sobat bisa lihat bahwa ada lubang jendela untuk mengintip kondisi oli dari mesin dibagian kanan bawah. Motor ini menganut sistem Kopling dimana Tali kabel Koplingnya berada di sebelah kanan dari Crankcase. Dari foto di atas juga sobat bisa lihat hadir empat port yang akan dihubungkan dengan Throttlebody. Terlhat juga semacam lubang penyaluran cairan coolant ( water cooler ) dan part yang disinyalir merupakan thermostat di sana

Dilihat dari undakannya, Bongkahan mesin Ninja ZX25R ini dari bawah ke atas terdiri dari 5 layer mulai dari tutup bak kopling bawah sampai tutup head silinder. Sementara dari kiri ke kanan ada Juga hadir sekitar 5 layer mulai dari sepasang tutup paling kanan dan kiri mesin, satu bongkahan layer besar Bagian tengah dan sepasang Bagian kanan kiri . . . Secara umum Apresiasi besar memang sudah seharusnya dilayangkan ke Kawasaki yang masih mau menghadirkan kembali Mesin empat silinder 250 cc di era ini  . .

Taufik of BuitenZorg

73 COMMENTS

  1. Sayang perbedaan desain dgn 250fi gak signifikan. Terlebih lagi posisi riding yg masih nanggung. Yah, mungkin pasarnya buat bapak bapak yg pengen riding tapi takut encok.

    Guest
    • Malah ini yang menurut saya pas, kalau posisi nunduk malah yang konsumen middle age ke atas nanti komplain pinggang sakit, walau “ZX25R” tp kalau bisa mengcater konsumen anak muda sma usia matang kenapa ga, sama kaya r25 banyak konsumen usia matang juga kan. Cbr250rr lebih ke konsumen usia muda.

      Guest
      • Wak Taufik, Kira2 teknologi apa yang ada di ninja ZX25R ini di bandingkan dengan terdahulunya seperti yg di miliki beberapa sport bike 250 cc 4 silinder lawas:
        gear driven camshaft pada CBR 250RR ( mc12-mc22)
        exhaust ultimate powervalve ( exup ) pada FZR250
        suzuki power-up exhaust system ( spes) pada GSX-R250
        dan rata2 yg jadul ini sudah pakai rangka alumunium twinspar

        Guest
        • Ride By Wire yang pastinya dan ini bisa memberikan Potensi New Ninja ZX25R ini punya riding mode

          Administrator
  2. Ruang bakarew jadi kecil2 ya ya 250/4 🤣. . Komponennya jadi ikut kecil2 pula.. Kira2 materialmya kelas wahid gak nih?

    Guest
  3. Klo buat kota2 alamat di tinggal skebon sm yg twin bahkan single…tp te2 suara mrdunya itu yg bkin halu😂😂😭😭

    Guest
  4. Halah.. motor 150 cc saja kalau gas mentok uda bikin merinding takut nabrak.. tk perlulah motor besar klo cuma buat mengumbar nafsu.. #PenggembosanPublik

    Guest
  5. Masuk bengkel termostat dilepas biar adem KATANYA
    Owner manggut2
    1bln kemudian head melengkung
    Jd pajangan dibengkel😅
    Berkaca pada cb400 dan bandit

    Guest
  6. Lebih menarik kalo ada versi baliusnya
    Soalnya yg fairing kurang menarik karena plek sama zx6r
    Sayang banget mesin yg ‘gak biasa’ gitu gak diekspos,sasis perimeter trallis nya juga cukup bagus

    Guest
  7. Judulnya ngepoin tapi isi artikelnya cuma hasil ngeliatin. Kirain bakal di bongkar kemudian diliatin isinya sampai detail kaya orang yang bener2 kepo.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.