TMCBLOG.com – Rencana awal akan dirilis pada pembukaan Osaka Motorcycle Show 2020, namun akhirnya hari ini 20 Maret 2020 Honda Jepang secara resmi merilis versi produksi massal dari Honda CT125 Hunter Cub. Motor yang sempat TMCBlog pantengin dan buat reviewnya ketika masih dalam bentuk konsep ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda bila dibandingkan dengan versi final produksi massal yang menurut Honda diproduksi oleh pusat produksi Honda Asia di Thailand (sama seperti Honda Monkey Z125 dan Honda Supercub C125).

Menurut Honda, CT125 Hunter Cub dibangun berdasarkan permintaan konsumen untuk menikmati beberapa aktifitas outdoor seperti touring dan camping. Beberapa perbedaan diberikan untuk membedakan sisi fungsionalitas CT125 Hunter Cub bila dibandingkan C125 Supercub seperti suspensi depan dengan travel lebih panjang dan juga jalur aliran udara dan tak ketinggalan model muffler yang lebih tinggi untuk menunjang kegiatan Off-Road.

Frame CT125 Hunter Cub
Frame C125 Supercub

Soal rigiditas, sebenarnya frame dari Honda CT125 Hunter Cub ini dibangun berdasarkan frame Honda C125 dengan beberapa optimalisasi rigiditas di beberapa titik. Sobat bisa dlihat perbedaan dua frame di atas dimana pada frame CT125 ada beberapa point yang ditandai merah sebagai titik optimalisasi rigiditas framenya.

Honda CT125 Hunter Cub dibekali dengan pengereman cakram baik depan dan belakang ABS single channel dimana hanya roda depan yang dilengkapi ABS. Mesinnya mirip dengan mesin C125 dan Monkey 125 yakni kubikasi 124 cc, SOHC satu silinder berpendingin udara dimana hadir kick starter dan electric starter untuk melakukan start.

Mesin ini dapat menghasilkan power maksimum 8,8 PS/7000 rpm dan torsi maksimum 1.1 kgf・m/4.500 rpm. Namun mesin CT125 ini masih menggunakan transmisi semi automatic seperti biasanya mesin motor bebek, pindah gear tanpa tekan tuas kopling. Mesin ini memiliki power yang lebih rendah dari power mesin C125 namun dengan torsi yang lebih tinggi dan diperoleh pada rpm yang lebih rendah dari pada C125 Supercub. Sudah ketahuan apa yang dikejar dari desain enginenya kan?

Walaupun bentuknya retro sangat, namun semua lampu-lampu baik headlamp, stoplamp, lampu sein pakai LED. Honda CT125 Hunter Cub hadir dengan rak bagasi belakang yang luas, pas buat membawa perlengkapan camping (Motocamping). Namun begitu footpeg pembonceng tetap disediakan, jadi kalau mau duduk di atas rak, orang tetap bisa membonceng di belakang dengan cukup nyaman.

Motor ini menggunakan displaymeter LDC dengan penampakan negative dimana informasinya diperoleh dengan penampilan mirip seperti yang diperoleh di Honda Monkey 125. Karena motor ini memiliki fungsiionalitas diajak jalan lebih jauh maka Honda menyematkan tangki bbm lebih besar yakni sebesar 5,3 liter, lebih besar daripada Supercub yang hanya 3,7 liter.

Di Jepang, motor ini dijual dengan harga 440 ribu Yen (sekitar 65 juta Rupiah). Kabarnya Di jepang motor ini akan diproduksi 1.000 unit per bulan dan saat ini sudah ada 7.000 list inden menunggu. Wah Fun-Motocamping Bike banget nih.

Taufik of BuitenZorg

Spesifikasi Honda CT125

Length × Width × Height 1960 × 805 × 1085mm
Wheelbase 1255mm
Minimum ground clearance 165mm
Seat height 800mm
Vehicle weight 120kg
Engine type Air-cooled 4-stroke SOHC single cylinder
Total displacement 124cc
Bore x stroke 52.4 x 57.9mm
Compression ratio 9.3
Maximum output 6.5kW (8.8PS) / 7000rpm
Maximum torque 11N ・ m (1.1kgf ・ m) / 4500rpm
5.3L fuel tank capacity
Transmission type Constant mesh 4-speed return
Caster angle 27 °
Trail 80mm
Tire size (front / rear) 80 / 90-17M / C 44P ・ 80 / 90-17M / C 44P
Brake type (front / rear) Single disk / Single disk
Riding capacity 2 people

33 COMMENTS

    • Bisa Jd Panduan Modif, Cub lawas

      Honda,Ricer. Vtec just kicked in ,Yo!
      Wes pokoknya,soal apapun honda yg pertama, honda sdh prnah memakai teknologi trsebut ,honda topspeed trkencang ,honda jualan trbanyak

      Guest
  1. cuma honda yg jual motor jadul kaya gini bisa no 1 di dunia.

    bukan karena sport fairing, tapi karena bebek jadul jadi no 1.

    Guest
  2. Ngiler , cuma mesin supra 125 itu mesin nyantui enak buat touring, tapi kurang enak buat tanjakan,malah lebih njengat mesin blade 110.

    Guest
  3. ini sih mesin supra pgmfi (jenis sama dengan karbu) bukan generasi mesin helm in.

    terlihat dengan masih adanya penonjok tensioner di blok silinder.

    beda dengan helm in dan fi 2014 – sekarang yg pengencang rantai tensioner berada di dalam mesin.

    Guest
    • Mesin fi 2014.. hmm mesin supra yg doyan tonjokan keteng ambrol sama rante keteng nya lemah sendiri itu ?

      Guest
  4. mumpung Honda lagi doyan nostalgia dengan motor motor legendaris nya,
    semoga Motocompo juga ikut diproduksi lagi.

    Guest
  5. wah euyyyy.. 65 juta… padahal pingin beli klo setengah atau seperempatnya wkwk… gw males modif.. prefer beli jadi aja

    Guest
  6. Ada pararel import yg masukin built up ga wak? Kayaknya ini layak di koleksi, collectible item juga. Kalo di kisaran 70jt sih berani ambil satu. Saya inden monkey aja sampe skrg ga ada kabarnya, untumg yg c125 udah dapet.

    Guest
  7. Kesempatan kompetitor honda utk bikin motor kyk gini dg harga 25 jtan.
    Jgn matic melulu dan bikin motor bebek dr jaman babe mpe skrang modelnya itu itu doang jelas bosen.
    Mesin simple, irit, dan mudah perawatan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.