TMCBLOG.com – Saat ini salah satu Sepeda motor buatan Honda Yang menggunakan sistem Suspensi depan Double Wishbone atau yang biasa dikenal dengan nama Hossac Style suspension adalah Honda Goldwing. Namun baru baru ini saja Honda ketahuan sedang mendaftarkan Desain paten dari sistem suspensi depan double Wishbone ini untuk beberapa Motor lain seperti RC213V, CB1100 sampai Supercub C125 . . jangan jangan Honda ada rencana mengganti semua suspensi depan Motor mereka ke sistem suspensi unik ini nih . .

Kalau Untuk Goldwing, ide penggunaan sistem ini cukup masuk akal karena sistem Ini banyak digunakan untuk Motor berat dengan pengendalian front end yang smooth di mana gaya gaya akibat lendutan suspensi tidak ditransmisikan lansgung ke Frame namun melalui lengan lengan wishbone.

Untuk Supercub, Karena jenis mesinnya adalah mesin motor bebek yang lateral atau celentang, Maka Honda memiliki kebebasan lebih untuk mendesain suspensi Monoschock pada sistem Double wishbone sehingga bisa kita lihat posisi shocknya bisa lebih tegak bila dibandingkan sistem Double Wishbone yang diaplikasikan di Goldwing

Kelebihan sistem Hossack atau Double wishbone ini adalah adalah kemampuan sistem untuk mempertahankan jarak sumbu roda yang konsisten di sepanjang perjalanan suspensi depan dan untuk mengurangi ketegangan pada sasis –  Suspensi jenis ini juga memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk geometri dalam pendesainan dan dapat mengurangi Gejala Suspensi ‘Dive’. Akan kah Kedepan C125 Supercub pakai Suspensi ini . .? Keren aja sih kalau benar kejadian

Taufik of BuitenZorg

Ganbar : Kojintekibikematome

21 COMMENTS

  1. Bukannya suspensi ini sudah duluan dipakai BMW ya di seri K1300 dengan sistem Duolever-nya??? Kok masih bisa didaftarkan paten oleh Honda ya???

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.