TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui regulasi Khusus MotoGP 2020 hadir cukup mengagetkan yakni pembekuan Pengembangan terhadap mesin dan menjadikan Mesin yang sempat hadir di Akhir pekan Pertama GP Losail Qatar – Walau race MotoGP nya sendiri tidak dilakukan – sebagai Spek Referensi dari masing masing mesin yang akan dipakai sepanjang musim 2020. Yang bikin lebih menarik adalah Regulasi special ini tak pandang bulu baik itu team Konsesi ataupun Non Konsesi.

Dalam Kondisi normal, Pabrikan seperti KTM dan Aprilia disebut sebagai Pabrikan Konsesi penuh. Kedua Pabrikan ini memiliki hal untuk melakukan Pengembangan Mesin sepanjang Musim dan berbagai kemudahan lainnya. Namun Kondisi Musim 2020 dinyatakan Spesial dan Tidak normal sehingga kedua pabrikan eropa ini dipaksa harus ikut regulasi pembekuan yang menurut Dorna merupakan salah satu cara untuk memaksa Atmosfer Paddock mengurangi Cost/ biaya yang berasal dari pengembangan mesin.

Empat pabrikan Non Konsesi Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki tidak ada suara mengenai Regulasi ini. KTM sebagai Team/ pabrikan Konsesi pun terlihat Ok Ok saja. namun Tidak begitu dengan Aprilia. Mereka memohon sedikit kelonggaran regulasi pembekuan mesin MotoGP 2020.

Sebenarnya apa yang Mereka minta tidak terlalu muluk sampai ke kesempatan untuk mengembangkan Mesin sepanjang Musim 2020. Aprilia diinfokan telah mengajukan permohonan kepada Komisi GrandPrix HANYA untuk meminta kelonggaran untuk bisa mengulik mesin maksimal sampai akhir pekan pertama dari MotoGP saat Start nanti ( Pertengahan Juli 2020 di Jerez ).

Kalau tmcblog melihat, apa yang dimohon oleh Aprilia ini memang Logis. Seperti Kita ketahui, Dibandingkan dengan KTM, Aprilia boleh dibilang telah melakukan update cukup signifikan untuk RS-GP Mereka. Perubahan platform Mesin V4 dari awalnya bersudut 75º ke sudut 90º sehingga sama dengan Ducati dan Honda Plus penempatan Flywheel di Luar dari CrankCase adalah beberapa catatan yang paling bisa dilihat dari Update Aprilia RS-GP tahun 2020. Dan satu lagi, di test Sepang dan Losail terlihat memang mesin ini butuh Mileage lebih panjang untuk meningkatkan sisi durabilitas dan reliabilitas dari Mesin baru ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

17 COMMENTS

    • Iya klo mmg itu keinginan dr mereka sendiri dan ada duitnya. Toh sementara Aprillia bknlah lawan pabrikan papan atas. Klo sepanjang 2 musim 2020-2021 trus bermslh mesin mereka kan kacau.

  1. Boleh lah,khusus karena brand new engine

    Tapi yg lain entar iri,karena yg lain juga pasti ada jeroan yg totally baru juga walaupun gak extreme,nanti atas dasar itu semuanya jg minta dilonggarkan biar adil

  2. Jujur Aprilia sekarang jelek banget, hampir sejelek Ducati. Padahal sejak jaman RS500 Aprilia selalu jadi motor tercantik, sekarang malah jadi motor terjelek kedua setelah Ducati. Motor tercantik 2020 jatuh pada GSX-RR

  3. Nah ini, tdk apa sebetulnya. Dorna tdk bs menyamaratakan regulasi yg berbeda (konsesi/non) krn pandemi dan penghematan.

  4. Dovi ke Aprilia mungkin kah? Apa lebih baik dia ke KTM?

    Yg gantikan Dovi kayanya bagusan Pecco deh daripada Miller. Ato jangan-jangan malah Petrux yg out?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here