TMCBLOG.com – Sepeda motor/ Skuter roda tiga buat Piaggio adalah project lama, mereka sudah mulai mengembangkan bertahun tahun yang lalu melalui Piaggio MP3 series di mana Dua roda yang bisa miring miring berada di depan dan roda ketiga berada di belakang. Namun baru baru ini piaggio mencoba sesuatu yang baru lagi yakni Skuter/ Motor roda tiga namun dua rodanya berada di belakang.

bsa-ariel-3

Sebenarnya Ide dari penempatan 3 roda dibelakang bukan ide yang baru. Motor khusus delivery Honda Gyro sudah menjadi Skuter trike yang lama mengaplikasikannya mulai tahun 1980 berbasiskan Lisensi yang mereka peroleh dari BSA Ariel 3 di tahun 70-an. Walaupun idenya mirip, namun mekanisme leaning Piaggio ini lebih advance dan sangat berbeda dengan Honda Gyro atau BSA Ariel 3.

Honda Gyro dan Ariel BSA 3 memiliki semacam Pivot di daerah tengah dari Frame dan membuat Mesin dan dua Ban dibelakangnya tetap berdiri ketika bagian depan termasuk handlebar, seat miring saat berbelok. Secara kontras, Desain baru Piaggio ini membuat Mesin dan Kedua Roda di belakang ikutan miring.

dari gambar diatas, terlihat sistem ini hanya menggunakan Satu suspensi yang diletakkan tidak persis di tengah dan sepertinya pivot hadir di ujung as dari roda yang berhubungan dengan mesin dengan transmisi CVT dan juga antara mesin dengan As. Ini membuat mesin tetap miring sesuai dengan roda, namun As ban tetap sejajar dengan permukaan jalan . . wahhh, terlihat Gambar teknis yang disajikan sudah seperti sebuah Blue print, ini membuat sinyalemen bahwa Bisa jadi Piaggio sudah memiliki prototipe dari Produk ini . ..  kepo lebih lanjut nih

Taufik of BuitenZorg | IG @tmcblog

13 COMMENTS

  1. ooo paham2 sama cara kerjanya..
    Cukup kreatif sih ini, tau deh harganya apa sama selangitnya kek roda dua didepan

  2. ….cek youtub orang kita jg dah bikin (-/+) 10thn kebelakang hanya ngk dipatenkan, mekanis 2 roda mirip mobil bag depan tp di belakang atau drive 2 rantai swingarm ..di mtr bebek dan mtr pickup mocin….perbaikan atau perubahan part aksesori bkn copy part

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.