TMCBLOG.com – Kalau Pol Espargaro ke HRC menyebabkan Dovi ke KTM . . Maka Sekali Lagi HRC berhasil lemahkan Ducati ! Jika kita simak eskalasi berita Selama ini Mungkin banyak kita temukan bagaimana Ducati berkali kali Secara verbal membidik Honda / HRC  . . kasus terakhir kali adalah ketika sekelas Test Rider Michele Pirro bisa memberikan opini Out Of The Box yang mengungkapkan bahwa ada upaya Honda di balik Pembekuan Wild Card Musim MotoGP 2020 . . . Mungkinkah Honda geram tapi gggak di ungkapkan? Mungkin kah Honda geregetan sama Ducati ?

Sun Tzu Said  . ..

Satu strategi perang yang sering digunakan semenjak dahulu kala dan sempat termaktub dalam strategi Art of War-nya Sun Tzu adalah : Pinjam tangan seseorang untuk membunuh. (Bunuh dengan pisau pinjaman.) Serang dengan menggunakan kekuatan pihak lain (kerana kekuatan yang minima atau tidak ingin menggunakan kekuatan sendiri) . . . Kecuali sebatas memberikan respon seperti yang berkali kali diperlihatkan Oleh Panglima perang Alberto Puig atau fight di Track, Terlihat Honda tak memperlihatkan konfrontasi langsung dengan Ducati. Namun diam diam Dalam pengamatan tmcblog, Honda berkali kali mencoba melemahkan Ducati dengan cara lain, cara mereka . . . .

Masih ingatkah Ketika HRC memanfaatkan Kekisruhan antara Jorge Lorenzo dan Ducati Corse dan berhasil merengkuh Juara dunia ini ketika performanya kian muncul ketika berada di atas Ducati? Bisa jadi yang dilakukan saat ini adalah strategi yang sebenarnya sama, namun dilakukan dengan cara yang berbeda. Flirting ke Pol Espargaro terlihat seperti bukan menyerang ducati Secara Langsung, Honda terlihat menyerang KTM . . . KTM? Ngapain nyerang KTM yang Notabenennya masih ‘belia’ ? yakin KTM ? for Real ?

Lihat Side Effectnya deh! . . . Jika Pol Espargaro Jadi Ke Repsol Honda, Maka ini akan Secara instan menyebabkan hilangnya keseimbangan di KTM . . Seat Kapten Development Motor RC16 akan kosong . . Butuh pembalap Berpengalaman untuk Posisi ini, walau bukan sesuatu yang mustahil, namun sepertinya Sulit untuk dilakukan Oleh Rookie seperti seorang Brad Binder.

Apapun yang sedang di negosiasikan antara Dovizioso dan Ducati, yang jelas Ada peluang Dovi untuk ke pabrikan lain selain Ducati Seat di KTM kosong pasca ditinggal Pol Espargaro nanti. Dan hadirnya Opportunity ini, bisa digunakan Oleh Dovizioso untuk ‘menaikkan Posisi tawarnya Ke Ducati’ . . wehhh ini jelas efek domino . . . ” Sialan Nih Honda, gara gara mereka Dovi jadi punya senjata Negosiasi baru ”  . . Begitu mungkin kata Paolo Ciabatti dalam hati melihat Eskalasi ini .

Efek Domino akan lebih Besar apabila memang benar Pol Espargaro merapat ke Repsol Honda dan entah bagaimana ceritanya Dovizioso merapat Ke KTM – bergabung dengan Dani pedrosa men-develop RC-16. Kalau Sudah Gini jelas Kesempatan Ducati bisa hadir di Kombinasi Jack Miller – Danilo Petrucci. Dengan Catatan . . Itupun kalau Ducati Buru buru kembali merangkul Danilo Petrucci. Bukan apa apa, Honda pun sedang Flirting ke Danilo Dengan janji Naik Motor Pabrikan di team Pabrikan WSBK di team yang dibackup Langsung oleh Pabrikan sepeda Motor paling mapan Se-DuniaSee ?. . . Honda menyerang dari dua Sisi . . Never wake a sleeping tiger , begitu kata orang sunda

Atau Skenario lain Bisa di lakukan Ducati Yakni, membuang segala ego untuk merayu (kembali) Jorge Lorenzo agar kembali Bisa membesut Desmosedici. Via GPOne, Alberto Vergani Manager dari Danilo Petrucci sempat angkat Bicara ” Jika tidak diperoleh kesepakatan (dengan Dovizioso), Mereka (Ducati) juga dapat kembali ke Jorge. Tentu saja, Jorge tidak (sepenuhnya) pensiun tahun lalu di Valencia dan saya yakin ini. Dia tidak bisa meninggalkan begitu saja dengan cara seperti itu “

Tipikal HRC Banget dalam hadapi Ducati . .

Dan juga ingat, yang akan diperoleh HRC adalah Pol Espargaro, sosok pembalap dengan Gaya Balap yang ditengarai klop dengan Motor yang agresif. RC213V adalah Motor yang Agresif, bahkan mungkin ‘Liar’ . . Jika ini akurat maka HRC seperti Memperoleh penguatan, Sekaligus melemahkan Kompetitor. Tipical HRC banget ketika menghadapi Ducati dari masa ke masa . . kasus Lorenzo, kasus Bautista dan Mungkinkah ke depan kasus Pol Espargaro yang sebenarnya sifatnya lebih halus karena serangan tidak langsung dilancarkan HRC secara head to head?

Sun Tzu Said (Again)  . .

Dalam Strategi Sun Tzu Art Of War lain ada Teorema : Secara rahasia pergunakan lintasan Chen Chang (Perbaiki jalan utama untuk mengambil jalan lain). Serang musuh dengan dua kekuatan konvergen. Yang pertama adalah serangan langsung, sesuatu yang sangat jelas dan membuat musuh mempersiapkan pertahanannya. Yang kedua secara tidak langsung, sebuah serangan yang menakutkan, musuh tidak mengira dan membagi kekuatannya sehingga pada saat-saat terakhir mengalami kebingungan dan kemalangan. . . Serang langsung ketika berada sama sama Di Sirkuit dan di race weekend MotoGP yang sama, dan Serang dari arah lain melalui upaya pelemahan pelemahan Internal . . kalau bener ini dilakukan, bener bener Sultan of War ! silahkan share Pendapatmu sob ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

82 COMMENTS

  1. Batu sandungan Honda akan ada di Fabio dan Vinales…dua rider ini yg akan menghentikan Dominasi Marq….mungkin setelah kedatangan Fabio,marq tidak akan pernah juara dunia lagi….liat aja nanti

      • @Udin sak Dunia
        nah ini pemikiran another level
        moso ia the litle samurai nolak duid pensiun hrc demi ktm

    • “Mungkin setelah kedatangan fabio marc tidak akan pernah juara dunia”…..
      Bukankh yg anda maksud adlh fabio quartararo yg naik ke motogp thun 2019? Yg mna musim itu marc marquez tetap juara dunia dan bhkan cetak rekor poin tertinggi sepnjang sejarah grandprix??

    • “Never wake a sleeping tiger”
      ceuk mang Man Jasad mah ulah wani -wani ngahudangkeun maung sare ekekeekekek

  2. Nice trik..
    Tapi kok baru kali ini hrc kek gini ya..,,??
    Apa krn perombakan di tubuh hrc..??
    Klo sama2 orang jepang.. knp pabrkan lain tidak demikian??
    Atau juga krn ke sulthanan honda??
    Xixixixixi

  3. Entah dari mana awalnya gosip ini semakin hangat, mengundang semua orang beropini. Awalnya bukankah hanya dari sekedar sedikit kata opini bahwa poll akan cepat naik RCV ori? Sangat mudah digoreng, mengingat ini HRC, mereka bisa melakukan segalanya, yg mereka mau? Yg mereka mampu.
    Entah kenapa saya merasa ini masih sekedar gosip yg terlalu matang. Semua orang memasaknya, menambahkan bumbu padanya.
    Mari kita cek fakta? Ada apa saja sampai dimana?

    • Ane jg merasa ini terlalu lebay kalo dari sisi teori kontrasepsi. Kalo pun saat melemahkan ducita tahun lalu, kenapa nama paduka hohe ada di momor sekian, setelah zarco dll sebagai pengganti pedrosa?

  4. Kalo dovi bener ke ktm
    Knp jolor yg diincer yah?
    Knp gak vale? Vale punya kelebihan (dibanding jolor) yg dibutuhkan ducati
    Apa krn faktor gigi ya?

    • Kelebihan umur ya bro.?
      Kalo selama di ducati lebih sukses lorenzo daripada Rosi secara prestasi.
      Kalo masalah jualan mungkin rosi bisa lebih menjual.

      • bagi yam yam memang faktor penjualan yg jd prioritas..tp bagi duc duc gk pengaruh ke penjualan..dulu waktu kakek gabung duc duc,di acara ducati week kakek datang gk ada sambutan yg istimewa dr owner motor duc duc..kalo produsen motor eropa ingin menambah penjualan..buatlah mocil <390/300/250cc buat sendiri di pabrik asia atau kerjasama dengan pabrikan china/india..

    • Jolor sudah kenal dgn Desmo terbaru racikan Gigi (dan bs juara seri beberapa kali) jadi diharapkan tidak perlu adaptasi lama lama,kalo ambil Vale masih harus gambling lagi
      Imho

      Kalo gagal juga meyakinkan jolor mungkin Iannone yg akan ditebus di pegadaian,,eh pengadilan ??

    • Maksud gw bukan efek ke penjualan sih
      Bagaimanapun segmen ducati beda sama cashcow nya yamaha
      Tp lebih ke sponsor yg bisa bawa dana lebih buat ducati
      Tambahan, dgn cederanya, imho jolor sekarang tidak lebih fresh drpd vale

      Kalo masalah statistik gak bakal bisa dibantah
      Jolor setidaknya pernah menang
      Vale kalah soal itu
      Kalo boleh berpendapat
      desmo gp 11-12 berbeda dgn gp 17-18 (bener gak sih tahunnya agak lupa)
      Walaupun sepertu bro sait katakan, jolor punya keunggulan lebuh mengenal desmo sekarang drpd vale

      Yah ujung2nya sih ducati yg lebih tau mana yg lebih mereka butuhkan duluan, dana atw prestasi
      Yg penting gak kejebak mikirin telur sama ayam
      Cuma sekedar opini, dorong miller di backup vale (ketika dovi gak bisa kepegang) bukan hal yg buruk
      Mundur 1 langkah ketika masa sulit tp bisa survive

      • Dan si mbah sendiri udh bilang, ckup sulit di umurnya sekarang untuk adaptasi ke motor lain. Walaupun mungkin motor nya ga sekejam dlu. Tp ini udh beda konfigurasi. Paduka lebih di prioritas. Apalagi off satu tahun lebih gini. Mungkin sudah ckup pemulihan nya.cmiiw

  5. Bisa jd topik tesis hubungan internasional ini wak. Cuma mesti nunggu dovi benar2 pindah ktm dulu. Kalo itu terjadi, mantap lah hrc. Tdk hanya mengandalkan kekuatan uang, tp jg strategi

  6. Kalo Ducati masih aja songong,ajak kerjasama para pabrikan Jepang untuk mendorong Dorna mengganti supplier tunggal ECU dan elektronik dgn merk lain yg lebih canggih dgn alasan safety,(cosworth atau apa kek)

    Dijamin terkojel-kojel Desmo ??

  7. Mungkin ini kayak strategi bayer munchen di liga jerman.pemain2 bagus tim lawan,di rekrut.jadi kurang bagus buat kompetisi.tapi buat menguatkan brand sepeda motor terbaik di motogp,harus punya joki yg bagus juga.

  8. Kasihan adiknya kakek..muter2 trs di moto2..padahal kalo pensiun kursi untuk adiknya semakin terbuka…????

  9. Buat gw sepintar apapun taktik perang. Gw lebih suka kedamaian. Bikin pusing aja tuh perang. Makanya gw ga suka berantem. Ahhahaha

    Gw team merah. Ducati maksudnya. Maunya gw Dovi di Ducati biar Ducati jadi runner up. Lorenzo walau jurdun belum tentu bisa jadi runner up, masih perlu waktu beberapa tahun lagi klo Dovi 95% jadi runner up tiap tahun.

  10. ikutan beropini kang taufik.
    seandainya Jorge lorenzo ditarik oleh Ducati, apakah yamaha diam saja??
    langkah apa yang dilakukan yamaha (menurut kang taufik) untuk memegang kendali jorge lorenzo supaya tetap dengan yamaha…?

    • wah susah yah, Jorge tahun Bagaimana menjinakkan DUcati smeentara yamaha Nggak ada Slot
      Kecuali Gaji sbg test rider Yamaha > dari gadi Pembalap Pabrikan di Ducati

  11. dengan Honda memperlakuakn Alex Marquez spt itu, apa iya Mm93 terima dan dan diem2 bae? langkah honda ini akan membuat mm93 gk nyaman dihonda. liat aja, bahkan kyknya malah mm93 ada peluang ke KTM, dengan scenario2 yg macem2.

    Harga diri dan perasaan itu nilainya lbh tinggi dari pd tahta. apa lg MM93 orang Eropa.

    • itu bisa dijawab apakah karena alex ditaroh di LCR dengan Material factory maka Marc akan marah ke HRC dengan Level marah yang sama dengan vale Ketika ia dianggap ‘Nothing’ saat menang dengan Honda di awal era MotoGP

      • Kalo hasil musim 2020 Alex bisa sering podium at least sering 5 besar(selayaknya jaman rookie Marc),tentu Marc boleh marah,karena Alex layak mendapatkan lebih
        Lha kalo emang masih underperformance mau dibilang apa,toh kalo dia cemerlang di LCR juga akan naik lagi ke pabrikan

        Tapi HRC harus hati hati kasih paket ke Alex jika nanti ke LCR,jangan sampe setengah hati kayak kasus Jack Miller,yg ada Marc jg akan merasa sakit hati
        Walaupun kita gak tau isi hati orang

      • Marc lebih butuh team mate yang bisa meringankan tugas raih Team Championship (HRC) total 2 pebalap..

        Untuk Constuctor lebih mudah…

  12. Another way of indirect attacking is “oprek regulasi” as usual.
    For an example is no wildcard rider in this session.

  13. Never wake a sleeping tiger
    Secara tersirat pun ekskalasi ini menggambarkan seperti ini:
    Udeh dah ducduc n katemi, elu gx usah dulu ngecengin ngondah. Lu berdua itu kagak sekuat n setabah yamimi dalam bertarung n jadi rival si ngondah. Seperti kata pepatah orang tua. “Form is temporary,class is permanent” iye emang “form” elu berdua beberapa tahun ini lagi naik tapi elu berdua belum punya “class” untuk jadi rival si ngondah.
    Baru diajak perang strategi sama ngondah aja elu udah berantakan gini. Apalagi elu diajak duel head to head seperti clash abadi nya ngondah n yamimi. Bisa gile lu duc duc n katemi

  14. Menurut q malah gini.
    Sekali tepuk 2 lalat kena,
    ktm nyomot pedrosa, sang pengembang jos. Mungkin hrc melihat bahaya pol di dampingi si 26 ini. Skaligus neplok dukati kayang yg ente jelasin…

    Honda? Jossssss… Yahaha blas gak d anggep bahaya… Hahahaha

  15. Memang sebuah langkah yg brilliant, padahal hrc sendiri belum lihat potensi alex… penasaran untuk beberapa tahun ke depan sikap ducati ke honda gimana, bakalan lebih lunak atau semakin agresif dari kemarin2

  16. Apa mungkin Lorenzo bisa pindah menjadi pembalap lagi di Ducati, Wak? Sementara, dia sudah menjadi pembalap penguji di Yamaha? Apa Yamaha mau melepas Lorenzo begitu saja? Apakah ego di internal Ducati mau “dibuang” begitu saja oleh petinggi-petingginya?
    Musuh (dalam tanda kutip) Honda saat ini Ducati dan KTM. Karena petinggi di masing-masing tim, sering banget menyerang Honda secara verbal. Betul kata Wak haji, dengan memboyong Pol Espargaro, Honda seperti menimpuk 2 ekor burung dengan satu lemparan batu. Tentu saja bila skenarionya berjalan, Pol diboyong HRC, Dovizioso digoyang dan akhirnya menyeberang ke KTM. Ducati melongo, karena hanya punya Jack Miller. Sementara Petrucci, sudah menyeberang ke HRC WSBK.

    • Uak lagi sibuk. Lagian uak jarang balasin pertanyaan netizen. Hahahah

      Uang tak mengenal sodara bro! Asal duit di Ducati lebih besar daripada Yamaha bayar doi, bisa jadi doi ke Ducati.

    • Petinggi Ducati ga suka etika Ianone. Jadi ga bakal gabung ke Ducati. Ducati pabrikan dengan motor bagus jadi butuh pembalap beretika dan nurut apa kata bos dan team. Ianone laku di Aprilia, karna aprilia masih berkembang, jadi butuh masukan Ianone untuk motor dan Ianone skill bagus jadi bagus buat Aprilia.

  17. Harga diri Keluarga Marques Family poor…
    Marq hanya dijadikan robot boneka kikeye

    Gak pantes lah disebut Sultan…
    lha wong teamnya sendiri aja sponsor cuma itu itu aja team satelitnya ada bangkrut…
    kalau strategi itu maj semua pabrikan bisa …

  18. Opini aku: secara fakta beberapa tahun kebelakang cuma ducati yang bisa bikin honda repot walaupun ujung nya menang juga tapi gk bisa di bantah cuma ducat yang bisa ngimbangin honda, jadi wajar dengan fokusnya serangannya kesana tapi mungkin dewi keberuntungan masih di honda.
    Karena lawan nya sering buat keputusan “aneh”, sedangkan honda tinggal fokus ke markes biar gk kabur

  19. Intinya, harusnya sih pabrikan motoGP itu bertanding dengan cara membalap, bukan dengan cara ngoceh, apalagi nyinyir aja ke pabrikan lain. Sekarangya rasain aja kalau mau dikaplokin HRC

  20. Terlihat begitu sangat menarik menikmati dunia Motogp jika tidak pake embel2 fbh/fby/fbs/dsb…

    Level entertainment motogp di luar track hampir otw ke kelas F1 dan sepakbola. Menarik :’)

  21. Apakah Alex Marquez di taruh dulu di LCR buat cadangan seumpama Pol mlempem nanti? Kl emang bener gokil sih di sisi lain juga biar nggk bikin Marquez nggak sakit ati,taktik sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui ini sih!

  22. salah satu bagian lain menjelang moto gp 2020 juli nanti, untuk kembali menghidupkan suasana, ya salah satunya dnegan berita2 seperti ini yang membuat moto gp makin seru.. CMIIW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here