TMCBLOG.com – Aprilia patenkan sistem pendingin radiator yang mungkin lebih efesien. Jika kita melihat motor motor baik itu Motor balap maupun Motor harian yang menggunakan Pendingin cairan, motor jenis ini biasannya memiliki radiator di belakang Roda yang tugasnya ‘ menyergap ‘ udara dari depan dan digunakan Untuk mendinginkan Coolant yang mengalir di Jalur jalur Kisi radiator untuk kemudian mendinginkan Mesin. Namun sistem ini butuh Radiator yang lebar karena secara umum pada posisi ini, hembusan udara ke Radiator akan ‘ terhalang ‘ oleh suspensi depan dan juga roda. Karena radiator lebih lebar, bobotnya pun akan lebih besar.

Nah di patent terbaru Aprilia, mereka Mencoba berfikir untuk lebih mengefesienkan embusan angin dari depan yang akan digunaan untuk mendinginkan radiator. dalam Desain Patent terbarunya mereka membuat jalur udara ekslusif dari sisi samping kiri dan kanan Roda lengkap dengan Mulut Intake udara khusus yang menghadap ke depan.

Jadi udara yang di ‘sergap’ oleh Intake Duct ini akan disebarkan ke radiator yang berada di belakang. Udara yang disergap dari depan tidak lagi terhalang oleh Handicap seperti gerakan suspensi maupun gerakan roda. Pada desainnya, Aprilia bahkan sempat mendesain Satu Radiator khusus untuk satu Air Intake di masing masing sisi.

Jadi Jumlah radiatornya pun berkembang jadi dua walaupun bentuknya bisa jauh lebih kecil. Namun di gambar desian lain Aprilia tetap menampilkan satu Jembrengan radiator besar. Baik di Kedua deian radiator ini, Dengan desain air duct Khusus ini, Aprilia berharap udara lebih dapat diefesienkan dalam mendinginkan coolant yang ada di dalam radiator.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

  1. Honda uda biasa juga main radiator smping wak….cmn aprillia crdas dgn pnmbahan airduct khusus….

    Guest
  2. Jadi rsgp entar kayak gini?
    udah side fairingnya dipapras biar anginnya lebih plong ke radiator spring (niru ducati) terus dikasih air duck radiator yg mrongos ke depan
    Makin ajaib aja nanti bentuknya 😆😆

    Guest
  3. Setuju sama judulnya yg pake kata MUNGKIN, karena logika saya yang menghadap depan akan lebih banyak mendapatkan udara dingin dibandingkan nyamping yg mungkin udara dari depan akan naik suhunya pas smpe bagian akhir radiator. Logika saya kaya intake aja sih lebih lebar lebih banyak udara masuk.

    Guest
  4. di mobil air scop gini bkn dah ada utk 3 radiator ….. ? Matic radiator yg di sisi samping bisa lbh efektif dgn air scop + kipas ….drpd design yg sekarang?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.