TMCBLOG.COM – Pemegang merk Kymco di Indonesia, PT Smart Motor Indonesia (SMI) resmi memperkenalkan dan menjual dua produk baru dari Kymco yakni Kymco GP125 dan juga skuter bongsor terbaru mereka X Town 250i. Berlokasi di perwakilan dealer Kymco yaitu PT Stockwood Motorcycle Retailindo di daerah Cipete, Jakarta Selatan, Kymco yakin bahwa kedua produk terbaru mereka dapat diterima dengan baik oleh pasar sepeda motor di Indonesia. Kymco yang sebenarnya bukan pemain baru di segmen motor matik, justru kalah pamornya dibandingkan 3 brand asal Jepang jika kita bicara untuk market motor matik tanah air. Sejak sekitar 20 tahun yang lalu Kymco bisa dibilang pioneer nya skutik alias skuter matik, nah seperti apa sih detil produk mereka yang diberi nama GP125 dan X Town 250i itu?

Kymco GP125

Nama GP125 di sini bukan merepresentasikan balap motor 2 tak 125 cc zaman dulu loh ya. Melainkan sebuah skutik kecil berkubikasi mesin 125 cc air cooled, dan memang dimensi dari skutik ini cukup kecil, mungkin tidak jauh dari Honda Beat Fi atau Yamaha Soul GT. Dengan desain body-nya yang khas motor skutik tahun 2000an awal, Kymco seperti sedang bernostalgia dengan banyak pengguna skutik Kymco pada zaman itu, dan memang desain body seperti itu bisa dibilang ciri khas motor matik di Taiwan maupun negara-negara Indochina.

Untuk urusan mesinnya, Kymco GP 125 ini menggunakan mesin yang mengambil basis pengembangan mesinnya dari Kymco Trend 125 yang pernah dipasarkan pada sekitar tahun 2000an. Ketika saat itu Kymco Trend 125 monorehkan Rekor Muri dipakai berkendara selama 100 Jam Nonstop Jakarta – Bali sepanjang 3.100 Km tanpa mematikan mesin. Mesin terbaru dari Kymco yang disebut Generation 4 ini memiliki spesifikasi SOHC 2 katup, 125 cc dengan tenaga sekitar 8,7 Hp pada 8.500 Rpm dan sudah fuel injection.

Mengenai harga jualnya, Kymco GP125 dibanderol harga 21,5 juta Rupiah OTR Jakarta dan sudah bisa langsung dipesan. Desain bodynya yang unik dengan dek rata dan pemakaian roda dengan ring 10 inci dan tanpa spakbor depan memang menyasar segmen anak muda yang ingin tampil berbeda. Sedangkan untuk pilihan warnanya, untuk saat ini sih hanya terdapat 2 pilihan warna yakni Black Golden Brown dan Pearly White.

Spesifikasi Kymco GP125

Kymco X Town 250i

Kalau yang ini masuk ke segmen matik besar, dengan mesin 250 cc water cooled, Kymco XTown 250i akan menemani Kymco Downtown 250 yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia. Soal desain body, Kymco yang asal negara Taiwan ini memang selalu punya ciri khas desain Eropa untuk matik besarnya, tak heran X Town 250i dilengkapi dengan Stylish Dual Headlight dengan bohlam (bulb) H7 serta dibekali juga dengan lampu DRL. Lampu belakangnya juga LED dengan berbentuk huruf ‘X’ yang bisa dibilang sudah jadi ciri khas pada Kymco X-Town 250i.

“Kymco memiliki kualitas yang baik dengan harga yang dapat bersaing.. Dan perlu diingat Kymco adalah motor matic pertama yang hadir di Indonesia. Kami percaya kedepannya Kymco dapat menjadi salah satu kendaraan roda dua yang dapat berkembang dengan baik di Indonesia,” kata Paul Lin selaku President Director PT Smart Motor Indonesia. Untuk itu, XTown 250i memakai mesin baru yang berbeda dengan Kymco Downtown 250 meskipun sama sama mengusung kubikasi mesin 250 cc. Pada X Town, pengereman sudah dilengkapi fitur ABS dual channel dan juga memiliki sudut cornering yang lebih baik ketimbang Downtown 250, sehingga meningkatkan kestabilan dan juga memberikan rasa aman bagi pengendaranya.

Tak hanya sampai di situ, Kymco pun juga meningkatkan ruang bagasi yang dapat memuat dua buah helm full face. Harganya berapa sih? X Town 250i bisa kalian tebus dengan harga 62,5 juta Rupiah OTR Jakarta. Lebih murah sekitar 5 jutaan dari Kymco Downtown nih. Banyak fitur menarik pada XTown 250i ini, mungkin nanti akan dibuatkan artikel terpisah deh sob. Mesinnya dengan kapasitas murni 249,1 cc SOHC fuel injection mampu menghasilkan tenaga sebesar 20,6 Hp pada 6.500 Rpm yang bisa dikatakan angka segitu cukup besar pada mesin motor matik dengan berat bersihnya sebesar 195 Kg.

Spesifikasi Kymco X-Town 250i

Nugi TMCBlog

23 COMMENTS

  1. Kymco, pioneer matic di Indonesia. Awalnya dicibir pemakai Supra dan Vega, sekarang jadi jenis motor wajib setiap keluarga Indonesia. Orang menengah keatas belum tentu nyimpen emas dirumahnya, tapi pasti ada matic di rumahnya minimal 1.

    Guest
    • jadi inget waktu itu ada pabrikan jepang yang klaim mereka pioneer matic di Indonesia (dan b*d*hnya orang Indonesia banyak yang percaya akan hal itu)

      Guest
  2. Motor beginian laku di Bali, suka di sewa bule karena familiar di negara mereka. Kalo ada armada Kymco, mereka jarang lirik yang Jepang.

    Guest
    • Di negara asalnya oke..yg mesin honda masih jalan..yg trend masih banyak di negara asalnya..uniknya disana body plastik ada nomernya seperti rangka juga mesin..

      Guest
  3. Untuk gp125 nya kayaknya susah penetrasi disini

    Orang Indonesia gak suka desain tebeng depan yg monyong panjang agar sekaligus jadi front fender penghalang cipratan dr ban depan seperti itu,plus ban bantet yg rawan menghajar jalanan/poldur Indonesia yg biadab ini

    Guest
  4. hmm
    jdi kymco matic pertama di indonesia
    di warung sebelah beye ngotot bener klo yahaha pioner matic di indonesia.

    ok,thanks wak

    Guest
  5. pernah pake Kymco ventura 2 tak.. buseeett.. kecil2 tenaganya ngaciirrr…
    dan satu lagi kymco spyke 125,.. beuhhh!! tenaga nya mantap waktu jaman itu…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.