TMCBLOG.com – Akhir Pekan ini Kita akan kembali menyambangi gelaran balap paling populer di Segmen Sepeda motor Yakni FIM MotoGP World Championship. Dan Gelaran Musim 2020 ini akan jadi gelaran tahun ke-5 dimana seluruh 22 pembalap Starter semuanya menggunakan Sistem Pengereman dari Brembo. dan Untuk Musim 2020, tmcblog memperoleh info dari Brembo langsung bahwa mereka menyiapkan Part Kaliper baru.

Untuk musim 2020, berbagai solusi teknis akan memungkinkan Brembo untuk menjamin masing-masing dari pembalap untuk menyesuaikan sistem pengereman berdasarkan gaya balap mereka, fitur trek dan strategi balap. Dengan diperkenalkannya Kaliper baru yang dinamakan Kaliper GP4 Insinyur Brembo mengharapkan torsi rem meningkat 10% dibandingkan musim lalu.

Brembo baru ditest Cal Crutchlow Pada valencia test 2019 – Foto : Mat Oxley

Setelah tes Valencia pada 2019 dan pada Februari 2020 di Sepang, Gelaran GP Jerez akhir pekan ini akan menjadi perkenalan resmi GP4, kaliper aluminium monoblok 4 piston baru dengan mounting tipe radial.

Kaliper ini dibedakan dari yang digunakan hingga musim 2019 yang lalu berkat desain ekstrem yang menggabungkan beberapa fitur dan style yang baru-baru ini digunakan juga pada kaliper sepeda motor untuk aplikasi jalanan Plus solusi pendinginan Inovatif dengan sirip baru pada tubuh eksternal kaliper.

Pada saat yang sama Brembo juga menginformasikan bahwa di kaliper baru ini jumlah cairan di dalam sistem rem telah berkurang, ini akan memungkinkan kekonstanan yang lebih besar dan penurunan sponginess ( kebagelan) dari tuas rem.

Flashback sedikit mengenai Brembo, Sejak kelas MotoGP diperkenalkan pada tahun 2002, ada 315 balapan yang dimenangkan oleh motor yang dilengkapi dengan rem Brembo. Namun, kemenangan Brembo di Championship dimulai pada 1995, sejak tahun itu semua balapan dimenangkan oleh sepeda motor balap prototipe yang dilengkapi sistem pengereman Brembo.

Sebelum Era MotoGP empat tak, dari 1978 hingga 2001, Sejumlah 185 balapan  telah dimenangkan oleh motor dengan rem Brembo di Kelas 500. Ini membuat total 500 kemenangan dalam lebih dari 40 tahun kehadiran brembo di kelas Primer balap motor. Bersama Brembo juga hadir 31 Pembalap Juara dunia MotoGP dan 32 Juara Konstruktor dimenangkan dengan tim-tim GrandPrix terbaik.

Taufik of BuitenZorg – Sumber : Brembo

28 COMMENTS

    • @darm0

      Pancal pake kaki sampean plus swallow… Ngerem ngegigit laahhh..

      Latebrake gubrakkk🙈🙈🙈

      Guest
    • Rasanya sih berhubungan sama waktu kita tekan tuas rem
      Kan ada tuh yang tekan dikit dah ngerem ada yg tekan agak keras baru ngerem

      Dengan jumlah fluid yang lebih sedikit torsi kita menekan jd lebih konstan tidak ada penurunan kinerja begitupun waktu kita tekan tuas rem

      Cmiiw

      Guest
  1. Saya belum mudeng dg definisi “torsi rem”, kayak apa sih?
    Sejauh ini yg saya lebih paham dg istilah gaya tekan (pressure) piston terhadap cakram.

    Guest
    • Brake torque is essentially the power of the braking system. The brake caliper acts on the disc at a certain distance from the hub center, known as the effective radius. The force exerted by the caliper, multiplied by the effective radius of the system equals the brake torque. Increasing either the force applied by the caliper, or the effective radius results in increased brake torque.

      Guest
  2. Wak, apa sebelum tahun yang di sebut di artikel apa pabrikan mengunakan rem dari pengembangan mereka sendiri?

    Guest
  3. Supplier kaliper rem selalu dipegang Brembo ya wak?
    Nissin atau Tokico gak ada minat nih jadi supplier di MotoGP?
    Atau emang dari regulasi Dorna nya yang ingin perangkat rem hanya satu merk?
    Kalo di WSBK apakah beda2 atau satu merk (Brembo) juga wak remnya?

    Guest
    • Ga ada regulasi single brake supplier seinget gw Nissin dulu dipake Honda Gresini cuma semenjak Gresini merger Aprilia ga ada lagi yg pake Nissin di motogp. Kalo di WSBK Honda selalu pake Nissin, cuma kalo 2020 ini gw kurang tau apa CBR Bautista masih pake Nissin apa udah pindah ke Brembo.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.