TMCBLOG.com – Sobat sekalian, Kawasaki Motor indonesia baru saja merilis satu Video di akun media sosialnya yang mempertunjukan bagaimana Ketika Kawasaki Ninja ZX-25R ABS-SE standar bisa tembus 187 km/jam di Ujung straight Sirkuit sentul ketika digeber oleh Salah satu mantan pembalap GrandPrix Indonesia yang pernah balap bareng Rossi tahun 1996 di sirkuit ini yakni Petrus ‘Tobun’ Canisius.

Ini jelas top speed On-Speedo yang tinggi banget, tmcblog perkirakan On-GPS tembus sekitar 183 atau 184 km/jam . . yang jadi pertanyaan Bagaimana Tobun melakukan hal ini ? Kalau tmcblog lihat, yang dilakukan Tobun pertama dan bisa jadi menjadi Kunci paling penting untuk memperoleh Top Speed tinggi banget adalah berada di apex Tikungan terakhir sentul Motor sudah berada pada gear 3 dengan speed 120 km/jam ( redline gear 3 nya di 125 km/jam )

Lalu terlihat Tobun menyusuri daerah Kanan dari Track yang dekat dengan tembok Beton . . mungkin ada pengaruh positif dari aerodinamika ya ? Afterall banyak yang beropini memang daerah ini adalah daerah paling sip buat torehkan top speed. Salah satu Opini tmcblog adalah Trajectorynya juga jadi lebih ‘panjang sedikit’ karena harus ambil dari Kiri ke kanan di awal straight dan pada akhir straigt dari kanan harus pula agak melipir ke kiri.

Lalu Naik kan gear ke 4 tanpa tuas kopling, Tarik geber trus Throtel sampai Redline di masing masing gear berikutnya. Tercatat oleh tmcblog gear 4 redline berada di speed 152 km/jam. Lalu naik ke gear 5 sampai Redline di 172 km/jam. lanjut dengan Up-shift tanpa gear ala Quickshifter diperoleh Top Speed di angka 187 km/jam on-speedo . . waw, tinggi jugaaa yaa?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

90 COMMENTS

      • F1ZR gw jg dulu cuma 5jt modal posting sama jetting doang sanggup 150km/h, lebih tinggi dari R15. Kalo cuma mau ngomongin harga dan topspeed 2 tak sih itu udah ada di dunia yg lain sama motor2 250cc 4 tak. Sekarang udah ga jaman ngomongin 2 tak. Aprilia aja main 4 tak sekarang udah ga bikin sport 2 tak.

        Guest
    • Skill prlu d tiru tuh… Bs slisih sktar 10 km/j dr rata2 yg lain 😎
      Bs gtu & bs bejek gas irit kyk Wak Haji skligus πŸ‘πŸ€­

      Guest
  1. Yg sedang diomongin ini karena tracknya terbatas, kalo di track lempeng terus redline top gear dpt berapa ya?
    Mengingat beratnya kebangetan buat ukuran 250cc.

    Guest
    • Gundulmu gak ngaruh berat ke top speed. Teori teko endi kon? Terus lapo arrc dikongkon gendong2 barbel barang nek gak ngaruh abot e? Trs lapo motogp bobot e sampe di batesi2 barang nek gk ngaruh?
      Kan haruse podo ae bobot 150kg karo 250kg nek top speed e podo jeremu..

      Pantesan gilmojip karo gelas cangkir nggodak2 awakmu. Lee lee halu tenan sampeyan. Semoga kita dapet hidayah wes.. aamiinn

      Guest
      • gan klo gg ngaruh kenapa moto gp pake arm karbon rangka karbon buat pangkas bobot???sampean tau power to weight??

        Guest
    • ceker July 18, 2020 at 09:51
      berat enggak ngaruh banget ke top speed, yg paling pengaruh aerodinamika motor

      Makanya kalo abis ngoceh diinget2 pake nick yg mana, jadi ga lupa kalo nick Ceker pernah bilang gitu.

      Guest
      • Yak si mentega akhirnya kembali ke jati dirinya, langsung ngatain, bego2in orang begitu kena skakmat dan kekunci ucapannya sendiri wkwkwk

        Gw seneng kalo akhirnya lu sendiri yg buka aib dan topeng lu sendiri, sekarang gw makin yakin lu 100% mentega πŸ˜‚

        Guest
      • Yg dikatain mojib ama gw bodo itu mentega, kok elu yg ga terima? Ecieee ternyata lu beneran mentega wkwkwk

        Guest
      • Yup. .kalau udah di high speed, berat ga terlalu pengaruh, aerodinamika yg sangat berpengaruh, .MotoGP dll malah berusaha nambahin downforce supaya ga liar.

        Guest
    • ceker July 18, 2020 at 13:03
      siapa yang bilang berat enggak ngaruh ke top speed? πŸ™‚ baca aja belum bener πŸ˜„

      ceker July 18, 2020 at 09:51
      berat enggak ngaruh banget ke top speed, yg paling pengaruh aerodinamika motor

      Wkwkwk koplak banget lu πŸ˜‚

      Guest
  2. tmcblog perkirakan On-GPS tembus sekitar 183 atau 184 km/jam


    Wow,kalo benar deviasinya sekecil itu ajaib sekali,padahal biasanya semakin tinggi speednya semakin ngelantur deviasinya apapun merk motornya buat kasih efek psikologis ke rider bahwa dia udah cukup kencang waktunya kurangi kecepatan

    Guest
  3. Wak tuas pemindah gigi standard untuk upshift ditekan (kedepan) atau dicongkel (kebelakang)? Bisa dibalik ga setelannya? Kemarin saya ga perhatikan, kalau Saya lebih cocok upshift ditekan, koq kayaknya lebih cepat.

    Guest
    • Biasanya sih kalo standar buat street upshift dicongkel kebelakang,karena kebanyakan orang lebih mahfum dicongkel kalo motor kopling

      Tapi gampang kok kalo mau ganti reverse shift kayak motor balap

      Guest
      • Wah bener nih kira kira bisa nggak yah di buat kaya ala ala balap gini ? Naik gigi injak, turun gigi nya congkel.. QS nya gimana tuh asli penasaran juga saya

        Guest
    • Wah bener nih kira kira bisa nggak yah di buat kaya ala ala balap gini ? Naik gigi injak, turun gigi nya congkel.. QS nya gimana tuh asli penasaran juga saya

      Guest
  4. Apakah ada datanya wak on speedo 187, on gps 184?
    Memang kawasaki dan yamaha itu deviasinya paling kecil, beda dengan honda yg speedonya rada lebay

    Guest
    • cmiiw ya, perasaan 250 twin maren ada trit nya, deviasi kecil itu urutan ny, kawa, cibi, trus baru yama deh

      Guest
  5. Ini motor emang bakal buat speed lover..kebayang versi nakednya sugomi versi mini..mantap banged…

    Guest
    • Bukan speed lover, tp sound lover, kalo bicara speed, lari nya beti Ama yg 2cyl. Tp fitur nya itu loh, yg udah kaya moge premium

      Guest
      • beti itu klo ditrek yg sama beda 1-2 kpj,,,lah itu ama yg 2silinder bedanya 10 lebih kok beda tipis,,,jgn bilang cbr bisa 180 an ya,,tapi liat sama yg dites disentul,,cuma bisa berapa si cbr n ninja fi yg baru,,,beda 10kpj klo jarak 2 km bisa ketinggalan brp rumah itu jaraknya

        Guest
  6. Beda emang klo sembalap yg ngetest
    Itu ditrack lurus aja ada 2-3 ZX lain yg disalip
    Sembalap ini seumuran Rosi yes, pantes Rosi msh bsa kompepetitif di level MotoGP

    Guest
    • Lebih tua dari Rossi. Seinget gw kelahiran 69 ato 70, Rossi kan 79. Kalo cuma ngetes motor standar sih semua mantan pembalap bakal lebih kenceng dari orang biasa.

      Guest
  7. kalo jumlah silinder gak ngaruh, gimana ente jelasin itu dulu bisa ada rc166, rc211v, dan kenapa sekarang ada regulasi yang membatasi maksimum cuma 4 silinder di motogp?

    Guest
  8. Itu zx25r pake gir belakang 48 (gede bgttt)
    Andai pake gear 44 pasti tembus 210 km/j. . .. Tapiiii butuh trek 2 km.
    😁😁😁

    Guest
  9. Yup.. Bisa dapet segitu selain trik old school Sentul gede (mepet pit wall), Bang Tobun ini udah rolling speed di kecepatan yang cukup tinggi saat di apex tikungan terakhir.
    Makanya pas dia sampai di ujung straight (sebelom T1), speed yg diraih lebih tinggi dibanding tester media/vlogger hari Rabu yg lalu.

    Memang seharusnya begitu, sama seperti yang Fariz lakukan (cek YT OtomotifTV) di atas ZX25R di Sentul kemarin. Top speed mirip2 dengan melakukan ‘trik’ yang sama.

    Editor
  10. Kalo pengen lebih tinggi lagi pake aja trik ala balap 2 tak, gantung rpm setinggi2nya sejak apex, akselerasi keluar tikungan cuma bergantung dari cara lepas kopling, niscaya topspeed tinggi. Cuma ini berlaku di motor cc kecil doang. Gw pernah coba pake R6 hasilnya ga jauh beda yg ada kampas kopling cepet abis, kalo di motor cc kecil/power kecil ngaruh banget. NSR contohnya, bisa beda sampe 15km/h di ujung straight Sentul gede, FU karbu dan CBR150 karbu dulu bisa beda Β±10km/h.

    Guest
  11. Buat sampah2 yang bilang selisih 20km/h itu beti alias beda tipis, kita jabarin yuk.

    Selisih 20 Kilometer per jam, bacanya adalah dalam 1 jam, selisih jarak antara CBR dengan Ninja adalah 20 kilometer.
    Cuk….20 kilometer itu jauh loh, selisih 1 kilometer aja udah jauh. Paham ga?

    Okelah kita bongkar lagi nih, tadi kan 20 kilometer per jam. kita ubah ke satuan meter per detik
    1 kilometer = 1000m
    20 kilometer = 20000m

    1 jam = 60 menit
    1 menit = 60 detik
    60 menit = 3600 detik

    20 kilometer / jam
    20000 meter / 3600 detik
    5.56 meter / detik

    Jadi, dalam 1 detik, Ninja bisa ninggalin CBR sejauh 5.56 meter.
    Gimana kalo 10 detik? Ya Ninja bisa ninggalin CBR sejauh 50.56 meter

    Cuk, jarak 50 meter itu jauh. Kalo lu adu drag, selisih 5 meter aja besar kemungkinan kalo lu make CBR ya bakalan minder duluan karena 1 detik aja udah melesat jauh. Apalagi 50 meter? Beehhh….itu yang sering disebut ditinggal sekebon.

    Guest
  12. ….. Gw malah demen baca baca koment ….. kadang logika nya ngk dipakai …cuma ng gedein ego biar ngk kliatan kalah ….intermezo lanjutkan kisanak ….

    Guest
  13. Kalau melihat sejarah 250cc 4 silinder dan 2 silinder sepertinya Y yang akan terjun terlebih dahulu bersaing dengan ZX25R setelah itu 2 tahun kemudian baru H turun. Karena pesaing utama H adalah Y bukan K.

    Guest
  14. Biasa enak baca koment di wak haji..komentnya berbobot bikin yg baca tambah ilmu..ini tumben pada cakar cakaran mirip di warungnya lek iwan..

    Guest
    • Biasa, kalo ada Mentega pasti ribut. Khusus artikel yg bahas ZX25R pasti bakal selalu ribut karena cuma di artikel ini si Mentega bisa ngetek Kawasaki dan bakal dia belain sepenuh jiwa kalo ada yg kontra sama pendapat dangkalnya biar misi awal dia yaitu ngatain CBR250RR terlaksana wkwkwk

      Sayangnya malah blunder sendiri

      Guest
  15. Buat orang awam dpt trik ky gt nambah ilmu bro krn pengalaman orang beda2…
    Yg deket sentul mah tiap minggu bisa ngebut di sentul,kalo orang daerah kan tau trik ky gt buat main di sirkuit udah nambah ilmu bngt…

    Guest
  16. Pasti dengan gaya butter hummer ditikungan bisa 125km/jam buihhhh. Ambil tikungan terluar racing line masuk kedalam tajam tancap gas keluar lagi dititik terluar trek. Haha komen pebali

    Guest
  17. Tanggung keluarin ZX-25 non fairing biar ada pilihan, terutama untuk yg setengah tuwo kurang pede bawa yg fairing, dan bisa terekspose header 4 cylinder nya, thx

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.