TMCBLOG.com – Saat sedang berada di posisi ke 10, tiba-tiba ada lampu sinyal menyala di dashboard Yamaha M1 yang ditunggangi Valentino Rossi dan seketika itu juga mesin stall dan menyebabkan Valentino Rossi harus meminggirkan Yamaha M1 ke samping kanan track dan finish tanpa podium pada race MotoGP Jerez 2020 kemarin. “Motor itu memiliki peringatan merah [di dashboard] dan berhenti. Sekarang mereka sedang memeriksa apa yang terjadi, tetapi kami memiliki masalah teknis, Kami harus menemukan solusi yang lebih baik untuk akhir pekan mendatang untuk membuat ban bekerja lebih baik untuk saya,” begitu Valentino Rossi memulai kata-kata.

“Semua orang menggunakan ban bagian belakang soft. Jika yang lain soft dan Kita menggunakan Medium atau Hard maka kita akan memiliki kerugian besar. Karena karet selain soft kurang gripnya. Jadi untuk memiliki kans, Kita harus mencoba bekerja dengan ban belakang soft. “

“Untuk ban depan (soft), saya tidak ingin mengatakan itu adalah sebuah pertaruhan. Saat kami mencoba yang hard dan yang soft ternyata perbedaannya sangat kecil. Jadi saya dan Maverick mencoba menggunakan yang soft. Mungkin dengan susah payah kami bisa menjadi sedikit lebih cepat, tapi itu bukan masalah besar.

“Masalah saya datang dari (ban) belakang. Ban depan tidak membuat banyak perbedaan.  Tapi untuk minggu depan, kami harus banyak yang diubah. Masalah ini telah terjadi sering kali selama akhir pekan dan selama balapan. Saat ini, kita tidak dapat memperbaikinya.”

Jadi pada dasarnya di Jerez kemarin Vale memiliki dua masalah besar. Masalah engine stall dan masalah ban belakang. Selain menjelaskan masalahnya sendiri, Vale mencoba menilai peta kekuatan berdasarkan race pertama kemarin:

“Saya pikir saat ini tiga kualifier pertama Jerez sedang membaik, Fabio, Maverick, dan Márquez. Kecepatan mereka saat ini berada pada level yang berbeda (dengan pembalap lain). Kita bisa melihat itu di tes dan di akhir pekan. Quartararo dan Viñales berada dalam kondisi yang luar biasa. Sekarang kita harus menunggu dan melihat berapa lama yang dibutuhkan Márquez untuk benar-benar bugar lagi. Karena kejuaraan ini dipersingkat, kami memiliki dua belas balapan lagi dalam 17 pekan.”

Dua rekan pembalap Yamaha (saya) dapat memiliki peluang bagus untuk memenangkan gelar. Tetapi saya tidak ingin melupakan Dovizioso. Karena dia sekarang berada di urutan ketiga dan kami mengalami rasio kekuatan yang berbeda di semua sirkuit. Dan akan segera ada beberapa sirkuit di mana Ducati akan sangat kuat.”  Begitu kata Rossi mengacu pada track Red Bull Ring Austria seperti yang diungkap Speedweek.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

60 COMMENTS

    • nah kira-kira apa yang bakal HRC lakukan setelah Marc K.O. begini (?)

      Pastinya berharap speedy recovery.
      Tapi kalo worst scenario terjadi, planga-plongo beneran.

      Boro-boro mikirin triple crown, buat juara manufacture aja good-bye.
      Berkaca di 2019 One-Man-Show nya Marc dapetin tropi jurdun plus triple crown

      Guest
    • Dapat isu2, kalau MotoGiPi akan di stop juga, CoVID-Songolas di Spanyol lagi merebak dan meningkat lagi. Xixixixixix, gak jadi seneng deh

      Guest
    • Yamaha bisa juara asal Marq ga ikut balapan.

      Marq berada pd level yg berbeda dibanding rider2 yg lain.

      Yg mencengangkan lap time Marq bisa lebih cepat hampir 1 detik dibanding Quartararo yg lagi mimpin balapan.

      Satu per satu rider2 di depannya ia libas dgn mudahnya.

      hmmm…

      bener2 luar biasa ini bocah

      Guest
      • @Black: itu kan krn push ban habis2an.. Makanya sampe terpelanting.. Yg udh di dpn macem Fabio tinggal jaga ritme dgn posisi 2 aja. Ngapain trus push2an sedangkan Vinales catatan wktnya tdk kencang krn salah pilih ban? Yg ada malah berpotensi terpelanting jg atau ndlosor. Rugi bandar cakkk..

        Guest
      • Klw MM pensiun berarti HRC gak akan menang di balapan, karena HRC bukan apa2 tanpa MM

        Hahahahaha di atas sales langsung kojel2

        Guest
      • Marc marquess udh sperti lagi time attack qualifikasi. Tapi bukan satu Hot lap. Melainkan sepanjang balapan.

        Guest
    • motogp tanpa markes bakalan anjlok ratingnya.. gimana gak anjlok cuman lihat motogp versi 250cc, letoy…
      pasti dorna punya banyak jurus buat nungguin markes bugar lagi
      fby auto kejang2.. hhhh

      Guest
    • Kalau gg jurdun (hibah), kebangetan..
      Sudah seri dikit.. absen pebalal dominan tahun lalu..

      Marq RCVcedera..
      Rins GSX cedera…
      Dovi Desmo belum fit ex cedera..

      Guest
    • Mental mm93 di bikin kejang sama fq20 udh keliatan dari balapannya mm93 terlalu ngepush akhirnya crash pdahal fq20 udh paling depan

      Guest
    • @Moto GP, lah yang juara diatas rcv sebelum era markus, nggak kamu hitung? Yang sering juara seri dengan rcv pas era markus, seperti cal, juga nggak kamu itung?

      Perbaiki kalimat komenmu…

      Guest
  1. Salah motor, salah ban, salah electronic, salah wearpack, salah pembalap lain terlalu kencang, udah gitu aja trus

    Guest
  2. Kalu yamaha di podium,

    Yg lain dlosor, artinya takdir.

    Kalu honda podium,

    yg lain dlosor, artinya hibah.

    Wah rumus baru ini dari , dari group baru.

    rumus yg berseberangan yg diciptakan group fb smart saat ymh jaya dibawah hohe & VR.

    Guest
  3. Ayo kapan lagi Ya ma ha… kesempatan kali ini harus dimanfaatkan dengan baik… walaupun katanya pandemi covid 19 memberikan “kesempatan dan manfaat” buat rival…

    Guest
  4. Kayaknya klo fabio dan mv kerjasama bisa salah satu jurdun. Eh kalau salah satu lawan terkuat mendekati hrs team order. Josss

    Guest
  5. Mau nanya bro circuitnya Ducati selain Austria, circuit mana lagi? Kenapa motor Ducati kuat di circuit tersebut?

    Guest
  6. Apa emang bener berita yang lalu lau bahwa tahun ini michelin bagus untk 4i?
    Terlalu ngegrip?
    Kita buktikan di race race selanjutnya …

    Guest
  7. Setelah jaman awal 4tak Rossi jadi anak emas Michelin,tapi sekarang kok diperlakukan begini

    Ga ada akhlak kao “misyelang”(kalo kata Joni lono)!!

    Guest
  8. Korban ban belakang michelin baru yg terlalu ngegrip marquez maksa sliding2 ga bisa ban depan nya jd korban hilang traksinya, korban mekanik baru rossi enggine stall, biar jd pembelajaran david munoz, rin cedera kehilangan poin banyak, dovi menang di sirkuit yg lurusnya panjang kaya austria, tp tahun ini sirkuit yg dipakai kbanyakan flowing corner makanan m1 jd kesempatan fabio untuk jurdun sangat besar apalagi misano digelar 2 kali trek dimana fabio sangat kuat…

    Guest
  9. Gue fans Marq, bukan Honda. Pada akhirnya yg dikawatirkan selama ini terjadi, marq menemui hari apesnya. Dia kalah oleh cedera. Jujur gue realistis saja, marq akan kehilangan gelar musim ini.
    Skrang kita lihat apa yg akan dilakukan oleh HRC ketika jagoannya harus KO. Kita lihat seperti apa Honda sebenarnya tanpa Marq.
    Untuk quartararo sya ucapkan selamat, anda adalah the next Lorenzo versi lebih baik.
    Untuk juara musim ini secara teknik gue jagokan Vinales, tapi secara subjektif gue pengen Dovi yang juara.
    Untuk marq get well soon, lupakan musim ini, tatap hari esok yang lebih baik. Banyak belajar dari kesalahan.
    Untuk Rossi, you are still the legend, but ist time to say goodbye to MotoGP.

    Guest
    • Setuju bung, VR memang sudah selesai.. khawatirnya MM juga selesai, atau bisa kembali namun tidak seperti sebelumnya.. dovi mentalnya kuat dan mainnya taktis, kayaknya musim ini bisa juara selama tidak direcoki sama miler.. klo pembalap2 YMH kayaknya masih meneruskan tradisi mereka yaitu terpecah belah..

      Guest
    • Nah ini saya setuju nih,kita penikmat otomotif dan balap. Harus realistis dan jangan terlalu fanatik sesuatu.

      Guest
    • Syukurlah … Kalo semua fans Marc halu n bani andai seperti Puig, bakal muncul FB MM93 fanatik gantiin FB Rossi yg pensiun.

      Guest
  10. Ianone udah dilupakankah? Kenapa tidak ada beritanya? Katanya dibulan ini pengumuman kasus Ianone, pengumuman seri Argentina dan Sepang beserta Thai.

    Pengumuman Valen dan Dovi masih lama ya. Penasaran.

    Guest
  11. Kepikiran , sepertinya 46 masih sangat dibutuhkan mgp. segera pensiun tapi sebaiknya ttp di gelaran sebagai ambassador dan komentator. komen2nya menarik dari sisi teknis dan presentasi krn bisa menarik penonton baru

    Guest
  12. Dimata VR46, pembalap motoGP terbaik saat ini adalah MM93. Itu;lah kenapa MM93 menjadi musuh besar VR46 dan para fans beratnya.
    Dalam kondisi normal, sangat berat untuk menandingi MM93.

    Saat ini adalah kondisi abnormal, dimana MM93 mengalami cedera cukup serius dan jumlah race balapan sedikit dan mepet waktunya.
    Dan di 2020 ini sirkuit-sirkuit yg 90-100% dimenangkan MM93 tidak masuk dalam kalender motoGP.

    Guest
  13. Semangat tidak pernah pudar…

    mungkin Rossi bisa mencoba pindah tim tanpa membawa semua crewnya …

    perlu suasan baru…tawaran PSYRT adalah win win solution ..

    Guest
  14. Bisa banget kok simbah juara dunia motogp 2020… Tapi di game. Bikin difficultynya 30%, electronic assisted, handling assisted, auto+join brake.

    Guest
  15. Secara logis masih bisa Rossi Juara Dunia wong baru mulai juga Musim ini, tenang kami Pendukung setia Rossi akan mendoakan Marquz gak bisa juara Dunia lagi amin wkwk dan Rossi akan juara dunia ke 10 tahun 2020 ini

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.