TMCBLOG.com – Selain gelaran MotoGP Seri Brno, Kita juga akan dapat melihat gelaran Balap Sepeda motor bergengsi lainnya Yakni WorldSuperbike yang akan mengambil tempat Balap Di Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve – Portimao Portugal. Ducati dan Scott redding Hadir dengan status Pimpinan Championship sementara. Namun Secara sejarah siapakah yang berjaya di Portimao di masa yang lalu ?

Kawasaki adalah pabrikan paling bergengsi di Autodromo Internacional do Algarve. Pabrikan Jepang ini telah mengklaim sepuluh kemenangan dan lima posisi Pole. Kemenangan terakhir Kawasaki adalah pada tahun 2019 ketika Jonathan Rea memenangkan Race 1 dan Tissot Superpole Race. Itu juga Rea yang mengklaim posisi pole terakhir mereka di 2019. Sejak 2012, Kawasaki juga memegang rekor kecepatan tertinggi dengan Tom Sykes yang mencapai 311,2 km / jam. Sampai jelang akhir pekan ini Kawasaki telah naik podium 15 kali Di Portimao

Dengan lima kemenangan balapan dan dua posisi Pole, Ducati adalah pabrikan tersukses kedua di sirkuit Portimao. Kemenangan terakhir mereka adalah pada 2019 dengan Alvaro Bautista memenangkan Race 2. Pembalap Italia, Davide Giugliano mengklaim posisi Pole terakhir Ducati pada 2015. Ducati memulai start dari baris depan sebanyak 8 kali di sini dan terakhir mereka lakukan pada 2018.

Yamaha memperoleh dua kemenangan balapan dan dua posisi pole di Sirkuit Algrave. Kemenangan terakhir mereka adalah pada tahun 2011 ketika Marco Melandri memenangkan Race 2. Cal Crutchlow mengklaim pole terakhir Yamaha pada tahun 2010. Pada 2019, hasil terbaiknya adalah finish ketiga dengan Michael van der Mark di Race 1 dan Alex Lowes di Tissot Superpole Race.

Satu satunya kemenangan Honda di Algrave adalah ketika Jonathan Rea mengklaim kemenangan unik di Portimao pada Race kedua tahun 2014. Dia juga yang mendapatkan posisi pole terakhir Honda pada tahun 2011. Pabrikan Jepang ini telah 10 kali naik podium Portimao. Pada 2019, hasil terbaik Honda berada di urutan ke-15 dengan pebalap Jepang Takumi Takahashi. Dengan line up baru pada tahun 2020 pada CBR1000RR-R Fireblade SP baru, Honda akan mengincar akhir pekan yang kuat.

BMW memiliki satu kemenangan di Portimao bersama Marco Melandri pada 2013 di Race 1. Pada 2019, hasil terbaik pabrikan Jerman adalah finish pada posisi ketujuh Tom Sykes di Tissot Superpole Race. Mereka mulai start dari barisan terdepan di Balapan dengan Tom Sykes yang menyelesaikan kualifikasi di posisi kedua dengan BMW S1000 RR  . . . 3 race Portimao 2020 ini menurutmu siapa yang akan berkuasa sob ?

Taufik of BuitenZorg | based on Dorna info

12 COMMENTS

  1. Semoga Kawasaki bisa kembali ke performa terbaiknya, scra kalo ditimbang2 scra teknis memang Ducati diuntungkan regulasi…

    Guest
  2. Gw penasaran sama zx10rr my 2021 turunan zxrr, pan biasanya launching produk baru sekitar september ato oktober yak, berarti bentar lagi. Dulu Kawasaki pernah bikin ZX10R turunan motogp taun 2003 ato 2004 gw lupa, saking ambisnya bikin race bike for steet ride sampe itu motor seringan dan sekecil supersport, tapi saking ringan dan rigidnya malah susah dipake harian di jalanan sama rider non pembalap. Di wsbk pun kalah torsi karena ngebet ngejar rpm atas. Ya transfer teknologi gp ke superbike kala itu masih jomplang, apalagi Kawasaki sendiri saat itu masih cupu, belum kenal pneumatic, belum kenal teknisi Suter, tes aerodinamika aja pake tanah liat.

    Guest
    • apakah kemungkinan “Buah jatuh tah jauh dari pohonnya” alias mukanya samaan dengan Ninja250, Ninja400, ZX636, maupun ZX25R?

      kok ikut penasaran ya sama ZX10RR Spec ZX-RR ini. hehrhehe

      bercanda

      Guest
  3. Irit ya isu-isu seputar WSBK… Jadwal msh blm fix kah? Klo thn lalu Rea baru bs pimpin klasemen di paruh musim kedua, tp dng isu Bautista blm terlalu mengenal track & diterapkannya limiter di V4R. Klo skrng peluang Rea gmn ya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.