TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Honda telah Merilis Sebuah Video teaser dari varian baru CBR600RR Model 2021. Namun Rumor Kuatnya adalah, Motor ini tidak akan jadi Produk Global Karena belum memenuhi regulasi euro di beberapa belahan dunia seperti eropa yang sudah mewajibkan regulasi yang cukup ketat mengenai emisi ini.

Seperti Kita ketaui juga bahwa Honda CBR600RR sebelum ini secara meluas menghilang dari eropa ketika peraturan emisi Euro4 diberlakukan pada tahun 2017, dan sementara model 2021 yang bisa kita lihat di teaser diperkirakan masih kurang cukup memenuhi kriteria emisi peraturan Euro5 yang dikenal lebih ketat dibandingkan europ 4. Dan Euro5 adalah Reulasi emisi harus dipatuhi oleh motor baru saat ini jika mau dijual di dataran eropa.

Model baru ini pada dasarnya adalah perbaikan dari versi terakhir. Mesin 599cc empat silinder segaris masih memiliki desain dasar yang sama. Mesin ini dimounting pada Frame serta lengan ayun yang terlihat identik dengan yang CBR600RR yang diperkenalkan semenjak tahun 2007. Knalpot Undertail yang dipertahankan untuk model 2021 adalah salah satu yang menunjukkan kedekatannya dengan model sebelumnya. Belum lagi roda, suspensi, dan rem juga tetap mirip.

Jadi apa yang berubah dari CBR600RR 2021 ini? Bodywork Bagian depan adalah update yang paling mencolok, dengan CBR600RR memperoleh Aerodynamic Winglet di sisi kiri dan kanan fairing. Sementara itu Bagian depan termasuk Headlamp dan Lubang RAM AIR mengambil inspirasi dari CBR1000RR-R Fireblade baru, plus juga skema Grafis dan Liverynya.

Elektronik akan menjadi fokus lain untuk model baru ini. Diperkirakan CBR600RR ini akan memperoleh paket instrumen TFT. Setelah melihat tayangan video teaser Honda terlihat beberapa tanda hadirnya Riding Mode di CBR600RR ini yang memiliki relasi erat dengan kehadiran Sitem Ride By Wire yang Honda sebut dengan nama Throttle By Wire.

Beberapa sumber di jepang Mengatakan bahwa kemungkinan besar Honda CBR600RR MY2021 hanya sampai Emisi Euro4 yang artinya masih jauh panggang dari api jika mengharapkan motor ini hadir di eropa karena untuk menaikan Daei Euro4 ke Euro5 butuh biaya yang tidak sedikit. Kenapa Honda tidak membuat Versi Euro5?

Salah satu alasan yang paling logis adalah karena varian ini bukan Volume maker. Via Bike Social penjualan Supersport bisa diilustrasikan : Selama kuartal pertama tahun 2020, sebelum lockdown, hanya 31 Yamaha R6 dan 64 Unit kawasaki ZX6R baru yang terdaftar di Inggris. Sepanjang 2019 hanya total 110 R6 dan 101 ZX6R terjual di sepanjang tahun 2019.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

52 COMMENTS

  1. Jepang emang euro 4? Gue kira udah 5 tahun ini kaya yurop. Yg ngenes indo masih euro 3. Jakarta langitnya abu2 kabut polusi!!!

    Guest
    • Apa yg lu arepin dari langit jkt? Gw aja bersyukur banget sekarang hidup di desa setelah puluhan tahun gw isi paru2 gw dgn polusi ibukota beberapa negara. Masalah pengalaman gw syukuri, tapi masalah paru2 gw paling sesali terutama jaman awal2 gw ngerintis karir.

      Guest
    • Udah ga ada harapan,Itu kota kan jg bakal tenggelam karena daratannya makin menurun tiap tahun,makanya buru2 pindah ibukota πŸ˜†

      Guest
  2. Tapi kenapa cbr 600 euro 4 msh boleh dipake di wss?

    Kan erofa sudah euro 5?

    Walu cuma 1 team aja yg pake Dynavolt Honda Team.

    Guest
  3. Semalem ketemu yg rwb keren abis..
    Btw harga 600cc ke 1000cc di sini ga beda jauh, makanya dripda nanggung kbnyakan org lebih milih naik ke 1000cc sekalian.
    Juga yg bkin penjualan 600cc seret itu ketersediaan barang yg rata2 ga ready stock alias kudu inden.

    Guest
    • Zx6r dan R6 itu laris manis broπŸ˜‚, jangan mau dibodohi… Itu alibi dari Honda krna cbr600 itu tidak laku makannya bilang begitu πŸ˜‚

      Guest
    • Ya begitu lah tipikal nya, kalau kalah bilang itu sirkuit i4 πŸ˜‚, kalau suntik mati bilang karna regulasi euro πŸ˜‚, kalau masih euro 4 bilang karna volume maker πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, ada ada saja alasan nya demi menjaga image kali ya ahahaha

      Guest
      • Satu lagi, plat lengan patah itu gara – gara jendela πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, logikanya dipake lah jangan telen berita secara mentah mentah emang jendela itu beratnya nyampe 100 kilogram kali ya? Haahah

        Guest
        • Ya ini jelas gara gara maksa balap di andalucia terus fitnes dirumah sambil tik tok πŸ˜‚

          Guest
        • saking bencinya bikin komen sampe berjilid2.
          emang itu si bocah apa ada masalah sama marques.
          jangan2 dia slalu kalah taruhan,jagoannya sering di pecundangi marques

          Guest
  4. Dikit bgt!!
    Kalo F3 berapa unit yah?kok keknya adem ayem
    atau sama aja,karena tulang punggung MV Agusta ada di brutale dan Dragster

    Guest
  5. Euro 4 berarti seluruh dunia kecuali Eropa dan India (BS6 = Euro 6, kalah Eropa wkwkwk) aja, lumayan daripada gak bisa di jual sama sekali.
    Supersport 600 emang kayaknya udah sepi peminat, mending beli superbike sekalian karena di luar sana beda harganya gak terlalu jomplang kayak di negri tercinta kita ini. Under 1000cc pada pilih naked/touring daripada pure sport.

    Guest
  6. Fix mesin masih zaman 2007 power 115PS.

    Hanya memaksimalkan kinerja ruang bakar mesin dengan control unit yg baru agar lolos Euro 4 tetapi bakalan tiarap di Euro 5 :v

    Jadi cuman R6 sama ZX6R yg lolos Euro 5 :v

    Musuh bebuyutan ternyata tiarap karena Euro 🀣🀣🀣🀣

    Guest
  7. Dan di warung tetangga komentar nya lucu” Data spesifikasi mesin aja belom keluar udah koar-koar ni motor ngasepin R6 jauh, beruntung di sini masih debat on topik 🀭

    Guest
    • Pokokny debat nomor satu.

      Padahal power dari tahun 2007 kalah telak dari R6. Cuman menang handling aja dulu CBR.

      Guest
  8. Mau sampe Euro keberapa sih standar emisi? Sampe tinggal uap air doang gitu pas keluar knalpot? Euro 20? Pake bahan bakar hidrogen?

    Guest
    • Wkwkwk udah mulai bikin paguyuban pembenci Ganti Cangkir neh, tersudutkan, kemudian dikatain bloon eh malah ngatain tersudutkan balik. LucuπŸ˜‚ dulu pas gw suka skakmat Mentegga pada nempel ke gw, sekarang gw suka sentil epbeha gw langsung dimusuhi. Indahnya dunia pensboy wkwkwk

      Guest
  9. Buat turun di ajang isle of man patut ditunggu nih, pasalnya Honda punya kenangan manis dengan motor ini dikelas super sport 600 nya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.