TMCBLOG.com – Sobat Sekalian, Alokasi mesin menjadi Cukup menarik dilihat pada Musim 2020 ini karena memang jumlah mesinnya sangat terbatas dan boleh dibilang jauh lebih sedikit pada Musim 2020 ini sehingga menuntut strategi yang kuat dari masing masing pabrikan. Dengan total rencana 14 Seri, Untuk team Dengan Konsensi seperti Aprilia dan KTM memperoleh 7 Mesin per pembalap. Sementara Untuk Pembalap pembalap dari pabrikan Non-Konsesi seperti Honda, yamaha, Suzuki dan Ducati hanya memperoleh mesin yang terbatas, Hanya 5 Unit per Pembalap per musim.

Jika ada pembalap harus menggunaan mesin diluar alokasi maka akan ada penaltinya yakni start dari pitlane. Dari misalnya 14 Seri jika diberikan hanya 5 mesin maka tiap mesin rata rata digunakan setiap 3 seri, Dan memang dari alokasi mesin yang bisa dilihat di Vlog sobat bisa lihat bahwa pola rolling penggunaan mesin di tiap tiap pabrikan dan team memang beda beda.

Ada yang konsentrasi pada dua mesin dan melakukannnya selama  misalnya tiga seri seperti misalnya KTM, ada juga yang menggunakan banyak mesin tiap seri berganti gantian dengan ebrbagai alasan seperti misalnya yang dilakukan oleh pembalap Yamaha factory.

Dari Vlog juga sobat Bisa lihat bahwa beberapa pembalap masih menggunakan dua mesin seperti yang dilakukan Oleh Cal crutchlow, alex Marquez, dan Pol espargaro. Diluar itu sudah ada juga yang menggunakna mesin ke tiga seperti Joan Mir dan Danilo petrucci. Sementara itu juga sudah ada yang menggunakan 5 mesin semua seperti Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Sementara itu tmcblog catat sampai MotoGP Brno 2020 sudah ada empat Mesin yang dilepas dari Alokasi Yakni 2 mesin Yamaha M1 model 2020 milik Vinales dan Rossi, Satu mesin Yamaha M1 model 2019 milik Morbidelli dan satu lagi Mesin Ducati Desmosedici GP20 Milik Pecco Bagnaia Yang di GP Andalucia sempat Rusak parah.

Di Vlog sobat bisa juga lihat bagaimana Walaupun Orangnya absen, namun mesin V4 Honda RC213V Alokasi untuk Marc Marquez tetap tercatat dipakai. Yap Karena  secara umum tercatat kehadiran Stefan Bradl adalah sebagai rider penganti dari Marc sehingga secara umum Bradl Itu pakai motor yang di siapkan Buat marc Marquez.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

18 COMMENTS

    • motor for alien use only memang susah klo bukan di pakai bukan alien yg pegang .seperti nakagami pun berusaha meniru set up marc blm cukup..sebaiknya berdoa saja mm gak bandel lagi iseng iseng ngetes kekuatan plat titanium buat angkat barbel ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.