TMCBLOG.com – Jika di MotoGP, Yamaha sedang disorot karena beberapa pembalapnya sudah mulai mencoba smeua alokasi mesin yang disiapkan untuk mereka, Maka di WSBK Pabrikan Honda yang kena Sorot. Dorna selaku Promotor Superbike merilis daftar penggunaan mesin yang diperbarui setelah tiga putaran: Phillip Island, Jerez dan Portimao. Fakta menarik muncul dari daftar tersebut: Honda HRC telah melepas tiga mesin Fireblade, dua untuk Alvaro Bautista dan satu untuk Leon Haslam.

Ingatlah bahwa bahkan di Superbike, seperti di MotoGP, mesinnya juga disegel namun Tetapi regulasinya berbeda: di Kelas primer WorldSBK mesin disegel pada malam jelang GP pertama dan tidak ada detail mekanis internal yang dapat diubah setelah itu. Namun aturan WorldSBK lebih permisif: proses update penyegelan ( kembali) dibawah pengawasan technical Director juga dapat dilakukan selama musim berjalan.

Ini juga terjadi karena di WorldSBK Regulasi konsesi nya berupa peningkatan performa tiap tiga seri menggunakan Update part untuk pabrikan pabrikan yang berada di posisi bawah Klasemen untuk menyeimbangkan performa antara satu merek dan merek lainnya.

Di WorldSBK, jumlah mesin yang dapat digunakan per pembalap sepanjang musim sama dengan setengah dari Jumlah seri ( rasionya 1:2) . Saat ini dalam daftar Dorna ada 9 Seri dalam Musim 2020 ini itu artinya Maksimal Jumlah mesin Mesin per pembalap adalah 5 mesin. Namun ada kemungkinan Balapan Seri Argentina dan Misano gagal. Dan jika dua ini gagal, Maka Jumlah Balapan Turun jadi 7 atau hanya ada alokasi 4 mesin per pembalap

Ini artinya? Red allert kah Buat beberapa Team Pabrikan Seperti Misalnya HRC Honda . . Cek deh tabel berikut

Dari daftar di atas kedua pembalap HRC team telah menggunakan empat mesin. Yang ditunjukkan dengan warna merah artinya mesin tidak lagi dapat digunakan. Jadi Jika Argentina dan Miasno Juga Batal ? Maka alokasi menjadi Maksimum 4 dan ini imbasnya Bautista hanya akan memiliki dua mesin lagi yang bisa digunakan, dan harus cukup untuk sisa kejuaraan: putaran ganda di Aragon, Montmelò dan Magny Cours.

Di luar Honda, ada juga Kode Merah mesin di pembalap lain seperti  satu mersin yamaha R1 untuk Michael van der Mark ( PATA Yamaha ) dan satu lagi mesin R1 lainnya alokasi untuk Loris Baz (Ten Kate). Pembalap di Tim-tim lainnya : Aruba Ducati telah menggunakan tiga, semuanya masih digunakan dan super irit Kawasaki dimana baik Rea dan Lowes baru menggunakan dua mesin di 3 seri belakangan ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

  1. Durability sama-sama mengkhawatirkan, bedanya kalo Yamaha di motogp mimpin klasemen, Hodna di wsbk di ayam2in pabrikan lain.

    Guest
  2. HRC harus ganti engineer sasis mereka karena telah membuat motor cepat tapi sulit dipakai, YFR harus ganti engineer mesin mereka karena telah membuat sasis bagus tapi mesinnya hobi meledak.

    Guest
  3. Kabarnya pun mesin rrr mau ditambahin rpm-nya agar lebih kompetitif jika satu seri kedepan masih terseok-seok.
    Pabrikan lain yang juga mendapatkannya adalah BMW.

    Guest
  4. Lah di BSB itu CBR pimpin klasemen?

    Jadi apa yg salah?

    Apa emang kawak rea aja yg teamnya hebat?

    Team kawasaki yg lain ngak kedengaran,

    Jadi emang bukan kawaknya yg bagus, tapi team reanya yg bagus.

    Guest
    • lah kan saya tanya BSB. Bukan cbr dikalahkan oleh selain kawak di wsbk.

      Logikanya kalu cbr dikalahkan kawak, yamaha dan ducati di wsbk,
      Kemungkinan besar kondisisinya sama utk BSB kalu dasarnya motor lain macam kawak, ymh , ducati emamg lebih bagus dari cbr.

      Guest
    • Lucu komentarnya.
      BSB kok dibandingken sama WSBK.
      BSB itu kejuaraaan lokal, sama halnya dengan All Japan Championship (AJC), Spanish Superbike Championship (SSC), dll.

      Dari segi gengsi masih sedikit dibawah AMA Superbike Championship. Disana R1 merajalela bertahun-tahun. Tapi liat nasib R1 di wsbk, ditabokkin ZX10 tahunan bolak-balik sampe KO.

      Duc V4 juga gitu. Awal nongol mendominasi di BSB. Di Wsbk? Bisa liat sendiri prestasinya.

      Guest
    • BSB dan WSBK beda dunia om.
      Nggak bisa dibandingkan.
      Dari segi rating pebalap juga nggak bisa dibandingkan.
      BSB itu kejuaraan lokalan. Seperti hanya AJC (Japan), SSC (Spanyol), AMA Superbike (Amrik).

      Sedangkan WSBK itu kejuaraan dunia. Motornya kilikan pabrikan langsung. Contoh deh honda ada HRC. Pabrikan lain pun begitu.

      Mau saya kasih contoh paling gampang om?
      Coba liat swing-arm RRR / ZX10 versi BSB, masih plek standar dealer.

      Nah coba bandingkan dengan versi WSBK. Bentuknya udah beda. Menganut bentuk terbalik kayak motor motogp.
      Dari situ aja udah beda buanget, apalagi jeroannya.

      Guest
      • BSB tu mirip spt ASB1000cc ARRC krn BSB Dan ASB sama2 menganut sistem regulasi FIM superstock 1000cc yg dimana mesinnya sebagian besar mempertahankan komponen standar pabrik. Klo wsbk Kan mesin di develop setinggi2ny oleh tiap Pabrikan. Jadi mesin di wsbk dikategorikan mesin dengan full oprek oleh tiap Pabrikan.

        Guest
      • Kagak ada tim yang pake zx yang tarung di bsb sekarang masih pake swing arm standaran, lu perhatiin aja sendiri.

        Kalo fireblade memang mirip (atau bahkan masih pakai) standaran, ini diamin juga oleh pembalap nya kalau fireblade yg dipakai di bsb masih ada bawa komponen standar karena motornya masih baru dan pengembangan masih progres

        Guest
  5. netizen gubluk.. mesin di pake bukan krna kgk awet.. kan di awal musim mereka riset mesin.. wajar lah di awal kedatangannya bbr kali gnti mesin, krna banyaknya part yg mereka coba. kan ga mungkin juga coba semua part di 1 mesin. hasilnya nanti tidak akurat

    Guest
  6. ….kadang komennya dah kliatan sebelum dijawab …..ngebandingin spek yg ngk sebanding …… ya berulang tiap tahun

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.