TMCBLOG.com – Cukup menarik bahwa salah satu diler Yamaha yang cukup besar di Kota Bogor yakni Yamaha Mekar Motor menghadirkan motor test Yamaha WR155R untuk dicoba siapa saja yang mau merasakan feel motor Dual Purpose baru dari Yamaha ini namun dengan penampakan yang non-standar. Yap non standar karena secara umum WR155R yang hadir sebagai motor test di Mekar Motor ini berwujud Supemotard atau Supermoto. Waaahh, kira-kira berapa biayanya bikin WR155R jadi supermoto ya?

 

Menurut beberapa testimoni sobat TMCBlog yang sudah memiliki Yamaha WR155R, motor dual purpose ini masih menyimpan karakter street yang cukup kental sehingga memang logis jika dihadirkan dalam bentuk supermoto. Yamaha sendiri biasanya di negara lain menghadirkan versi supermoto dari WR dengan akhiran X . . Seperti contohnya duo WR125 dan WR125X di Eropa.

Nah karena untuk di Indonesia belum ada versi supermotonya dari WR155, bagaimana cara membuat WR155R menjadi bergaya supermoto dan berapa biayanya? Sebenarnya untuk mengubahnya hanya membutuhkan perubahan atau kustomisasi di bagian roda saja, mengubah roda dari ukuran 21-19 inchi menjadi ukuran dobel 17 inci namun dengan tapak yang lebih lebar.

Agar memperoleh WR155R supermoto yang semok, saran TMCBlog minimal velg menggunakan ukuran depan 2.50 x 17 dan belakang 3.00 x 17. Namun jika mau lebih juga silahkan bergantung juga dengan budget karena biasanya ukuran velg/rim yang lebih lebar maka harganya akan lebih mahal.

Mengenai velg bisa diperoleh dari harga yang terjangkau mulai 1,5 – 1,7 Jutaan dengan merek Sprint XD, yang sebenarnya sudah cukup kalau dipakai untuk keperluan harian dan bukan kompetisi. Catat bahwa itu biasanya sudah tinggal pasang, termasuk tromol dan jari jari.

Mau lebih bagus lagi bisa pilih merk TK Racing seperti yang hadir di contoh yang dipakai oleh Mekar Motor. Untuk velg/rim aluminium TK Bright sendiri ukuran kombinasi 2.50 – 3.00 bisa tembus 1,7 Jutaan sementara ukuran kombinasi 2.50 – 3.50 tembus sekitar 2,1 juta Rupiah dengan catatan itu hanya rim aluminium saja.

Kalau sobat sekalian ingin memiliki dua set roda (set roda bawaan masih disimpan) berarti harus beli juga tromol depan dan belakang original yang harganya bisa cek di daftar Part Yamaha atau kalau dijual bebas itu bisa tembus sekitar 1,2 jutaan Rupiah satu set depan dan belakang. Mengenai jari-jari mungkin bisa tembus seharga 200-300 ribu dengan biaya jasa pasang jari-jari sekitar 100 ribu Rupiah kalau di Bogor.

Perlu dicatat bahwa itu belum termasuk harga bannya. Untuk merk lokal sobat bisa pilih FDR Maxstreme yang didesain khusus buat supermoto yang satu set ukuran depan 110/17 dan belakang 140/17 bisa tembus 700 ribuan Rupiah. Kalau mau lebih mahal banyak, bisa pakai seperti yang ada di Vlog dan foto pada artikel ini pakai Pirelli Diablo Rosso Sport.  perkiraan TMCBlog jika sobat sekalian mau pakai versi paket hemat mungkin butuh biaya 2-3 Jutaan udah punya dua set roda Off road dan Supermoto, sementara kalau mau lebih sip mungkin bisa tembus 5-6 Jutaan rupiah. Semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

17 COMMENTS

  1. jadi cebol kalo jadi supermoto
    btw kapan yak aksesoris wr keluar, engine guard dkk…….ada bocoran gak wak..?

    Guest
  2. Sekalian kupas perbedaan part2 mesinnya dong wak antara wr ini sama r15/vixion r/mt15/xsr155, kenapa bisa beda output tenaga & torsinya. Pasti banyak yang pengen tenaganya naik minimal setara R15 setelah ganti kaki2 ke supermoto.

    Guest
  3. pake velg jari2 tiger ukuran 18 asik jg tuh gak keliatan terlalu cebol
    turunkan suspensi dikit biar kekar dikiit

    Guest
  4. Vixion kalo pake sasis ini keknya bakal lebih fresh,soalnya udah rada bosen dgn penampilan Vixion deltabox

    Guest
  5. Ya gitu, biar bisa menapak juga di jalanan aspal, dimana jalur off road semakin langka😁
    Modif nya juga simple banget gitu koq, masih pake hub ori nya, tinggal pelg ama jari jari dan ban

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.