TMCBLOG.com – Honda baru saja memperkenalkan Part Part asesoris Original/ Asli Honda dengan Bahan Carbon untuk Superbike mereka Honda CBR1000RR-R fireblade/ SP. bagian Bagian part yang disiapkan antara lain adalah penutup Air Box Filter, Under cowl Spatbor depan, dan Rear Hugger.

Bicara Soal Karbon, artinya Material ini memberikan karakter lebih kuat namun lebih ringan. Penutup Box Filter sendiri yang berharga 115.500 Yen sudah termasuk emblem Embos tangki sayap Honda berbobot 230 gram. Spatbor depan Carbon berharga 93.500 yen diklaim 38 gram lebih ringan dari standar.

Undercowl Carbon yang dihargai 220.000 Yen diklaim bisa menghemat Bobot sebanyak 25% dari Bobot part standarnya. Sementara Rear Hugger carbon yang dihargai 73.700 memiliki bobot yang 10% lebih rendah dari part Standarnya.

Prepreg3K | Pict : fibreglast.com

Honda mengerjakan seluruh part part buat superbike ini dengan cukup serius, mereka menggunakan cara pengerjaan dan Bahan Yang sama Yakni Carbon Jenis Prepreg 3K yakni Bahan yang sama Yang dipakai untuk part Body Honda RC213V MotoGP. Prepreg adalah istilah umum untuk penguat Fabric Serat Karbon yang telah diresapi sebelumnya dengan sistem resin. Sistem resin biasanya berupa epoksi dan sudah mencakup bahan pengawet yang tepat.

Hasilnya, Prepreg 3K siap untuk diletakkan ke dalam cetakan tanpa tambahan resin atau langkah-langkah yang diperlukan seperti lay-up tangan biasa. . . Tinggal cetak saja sob, gak perlu takut keasalahan persiapan dalam mengaplikasikan Resinya. . . wahhhh info menarik nih yang mau usaha/ bisnis part carbon tanpa banyak memperlajari persiapan campuran resin yang tepat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

  1. Di wsbk msh jd medioker, tp di british superbike dan japan superbike…rr-r ini udh mncicipi kemenangan. Not bad lah

    Guest
  2. Kirain versi legerra,yg sasis velg segala macam jadi carbon

    Eh kalo Jepang jadi Super karui deng,wkwkwk 😋

    Guest
  3. Biarpun di WSBK belum bertaji karena regulasi yg mencekik, tapi di balapan superstock murni.. motor ini adalah jawara.

    Guest
    • Limiter tinggi karena memang kualitas metalurgi yg jempolan. Dan powernya mmg kecekik krn karakter atas yg dibatasi. Beda dgn yamehek.. yg gampang meleduk itu 😂

      Guest
    • Tergantung powerbandny dimana dong bro, fireblade ini tarikan bawah menengahny agak kosong menurut jurnalis luar + ratio giginya (144 mph di gigi 2) gatau sih di wsbk close rationy seperti apa, tp agak mubazir aja

      Guest
  4. Kapan yah karbon fiber harganya bisa semurah body plastik abs. Walaupun sudah diciptakan puluhan tahun lalu, proses pembuatannya yang rumit yang bikin mahal harganya, dan padahal bahan dasarnya juga banyak tersedia.

    Guest
    • Proses pembuatan dan volume produksinya sih yg bikin mahal
      Proses pembuatan lama, volume produksi rendah
      Memang cocok untuk costum, tpi buat masspro gak menguntungkan makanya harganya mahal

      Guest
    • Kalo nanti proses pembuatannya bisa lebih efisien, bahan bakunya bisa diproduksi dengan harga murah dan bisa di produksi massal secara fabrikasi pasti bisa kok

      Guest
    • karbon udah banyak yang jual. Cara bikin part, udah banyak tutorialnya di youtube. Btw. Harga karbon nya yang masih mahal.

      Guest
  5. kalo ori cakep banget ya karbon.

    ga kaya buatan lokal/ negara tetangga yang klaimnya karbon tapi entah cara bikinnya gimana.

    Guest
  6. wahhhh info menarik nih yang mau usaha/ bisnis part carbon tanpa banyak memperlajari persiapan campuran resin yang tepat.

    Aku sih yes

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.