TMCBLOG.com – Rabu Kemarin 19 Agustus 2020 akhirnnya TMCBLOG bisa juga Nyobain Site yang sebelum ini kita anggap sebagai sebagai ‘ sirkuit rahasia ‘ milik AHM . . yes Sirkuit itu adalah sirkuit Safety Riding park AHM di Daerah Delta mas . . Secara Umum Sirkuitnya bukan merupakan sirkuit race karena tidak terdapat banyak spot spot Safetyd alam sebuah balapan seperti Gravel dan Run-Off. Ini lebih merupakan sebuah sirkuit test dan sirkuit latihan. namun begitu, Buat Motor Kayak CBR250RR-SP QS ini sirkuit benar benar bisa mengeksplore banyak banget . .

Ada dua course yang digunakan Oleh tmcblog dalam test Honda CBR250RR SP QS ini. Course pertama yang fokus pada handling motor ini saat menikung dan beberapa kali percobaan downshift stop and Go, sementara Course dua lebih ngeri lagi karena berkarakter mengumbar performance yang tinggi

Sirkuit ini bisa mengeksplorasi semua karakter dari Motor 250 cc Mulai dari handling tikungan, speed corner, tight/ slow Corner bahkan dengan Straightnya yang menurut tmcblog lebih dari 1 km bisa mengeksplore sampai Gear 6 red-Line Motor Yang memiliki power maksimum 41 ps di Crankshaft ini sob. tmcblog bisa tembus 175 km/jam saja sih, namun Klaim AHM dengan Test Rider internal mereka bisa tembus 189 km/jam . . Logisss, Ini straightnya lebih panjang dari straight Sirkuit sentul sob . . . Lah jadi terus bicarain Fasilitasnya nihh . . Gimana Motornya sendiri, Honda CBR250RR SP QS ?

Seperti kita ketahui Top_end Power dari HondaCBR250RR dikail lebih tinggi dengan perubahan sedikit di rasio gear 1. Dan menurut tmcblog jelas banget terasa . . Ini motor jauh lebih mudah untuk memperoleh Top Speed. tmcblog yang bukan speed lover ini saja bisa tembus 175 km/jam on Speedo dengan mudah. Dan Memang Quickshifternya itu asli beneran sob.

Secara umum Quickshifter di CBR250RR-R SP feelnya mirip banget dengan apa yang hadir di ZX25R dimana Kita bisa menaikkan gear tanpa Kopling dan dibantu Auto Blipper saat melakukan Downshift tanpa menekan Tuas Kopling. Saat downshift bahkan dari 4 ke 3 ke 2 dan ke 1 dimana Motor meraung cepat tmcblog tidak merasakan adanya skiding roda belakangnya hadir yang dapat mengganggu handling. Sedikit perbedaan feel dengan ZX-25R adalah ketika naik dari gear 1 ke gear 2 tanpa kopling di mana hentakan torsi Honda CBR250RR SP QS saat Up-shift masih terasa, selebihnya sih mulus dan seamless, pokoknya bikin nagih deh

TMCBLOG perkirakan ini motor akan sangat memperuncing akselerasi dan karena banyak memotong waktu, namun sayang banget alat test akselerasi tmcblog lagi low batt, next time kita coba sob. Satu lagi yang juga terasa adalah ini motor tidak terlalu bottoming saat melakukan Hard Brake, yap ada penambahan Kekerasan dari Per Suspensi depan dengan cara menambah panjang Per sehingga kekerasannya naik sekitar 10%. Namun Cerdasnya AHM, mereka tidak mengubah Feel ergonomi riding, dimensinya semua sama walaupun sok depan 5 mm lebih tinggi. yap soknya rada di tongolin dan ini bisa dilihat di bagian T atas.

Suspensi belakang juga tmcblog rasakan lebih stiff dibandingkan Versi sebelumnya, Sikuit SRP AHM yang mulus dan minus Bumpy jadi terasa menyenangkan saat menikung dengan suspensi yang sudah di-tweak ini . . . Secraa umum apa yang telah tmcblog coba kemarin di Honda CBR250RR SP QS sudah sangat membuktikan bahwa Motor ini memang Sport 250 cc twin paling powerful di Indonesia dan Quickshifternya memang asli bikin performa akselerasi meningkat plus juga kenyamanan saat downshift. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

61 COMMENTS

  1. Kalo belom ketauan timelapnya sentul ga bisa koar2. Ane sebagai FBH tulen cukup kecewa ga brani head to head sama zx25r

    • Ya pekok aja yg bandingin,. Udah jelas kalah mau pembuktian apa lagi. dr power, peak power jelas beda mesin 2 silinder dan 4 silinder. Aneh aja kok bandingin sama kelas atas nya, padahal ada lawan yg sekelas. Terlalu superior kah CBR?

  2. Dengan selisih 18,700,000 zx25r standard terlihat lebih menggoda apalagi parts QS bisa dibeli dan terpasang dengan mudah

  3. Buat konsumen yg sudah bisa beli 77,300,000 di masa pandemi ini pasti bisa juga beli yg 96jt dan 112,8 jt karena selisih segitu beti buat mereka

  4. Sayangnya klo memang superior 2 silinder knp g dbkin muka bedalah kyk Kakaknya kek. Masak muka sama kan bisa didecal sm yg py cbr lama biar mirip yg baru. Just Opini ya

  5. kayaknya sih yang bilang beda dikit memang karena mereka banyak duit, 20jt ya ga berasa. beda sama orang yang masih harus peras keringat buat cari duit.
    dan tentunya orang yang masih peras keringat itu “mendingan” beli motor yang harganya ga lebih dari 50jt, kecuali maksain buat gaya/gengsi/impian.

  6. “Harga gak boong”, Ono Rego Ono Rupo, mungkin kuwi maksute ngompare dodolan montor. Sing patang silinder mbek silindere loro.

  7. meanwhile bagi pemilik R25 tidak perlu berkecil hati karena selisih harganya bisa buat upgrade blok R3 dengan torsi lebih nampol. dan tentunya tanpa harus ganti crankshaft, balancer, etc. karena base mesinnya sama (partnya beda dikit)

    • Ngeri sih, r25 skrng banyak yg siluman dikira r25 tapi pas narik jauh sekebon. Jeroan bore up 320cc, bloknya 7jutaan.kalau sma tuning sma porting polish kena 10-12 jta?

    • Nick dajjal emang oon.
      G ada yg nyebut r25 ngalahin cibier sembahan nya, eh dia sumbu pendek komen nambah2 cc.
      Eh tong nick dajjal, mata lu abis ditabok sayap ayam ya, g liat ceboker 500cc vs 320cc nya r3?
      Ekekeke

    • Dlu sih 2018 ganti head, blok piston, sama isi2nya kumplit dengan punya R3 habis 21jtan sama pemasangannya. diluar ECU. full standar ga diporting2. gtau skg brp duit.
      cuma fell riding tetep enak cbr 250 rr ya.

  8. dgn duit 80juta, gimana diadu saja CBR250RR kebanggaan lu diadu dgn ER6N bekas saja ? harganya sama dan jumlah pistonnya juga sama.

    • Itu dia uniknya Indonesia, mas.

      Yg kaya ya kaya banget, yg miskin juga banyak. Ada lagi yg kemampuan finansial biasa aja, tapi tetep aja perilakunya konsumtif. ?

      smartphone mahal logo buah-buahan aja selalu bisa diserap pasar Indonesia.

      Kaum mending kayak saya pribadi memantau aja deh wkkwkwk

      Ya biarlah yg terjadi tetep terjadi. Orang yg perilakunya konsumtif gitu ikut bantu pengusaha ritel, pengusaha perkreditan, dll. Roda berputar ekonomi jalan. Ehehe

  9. Itu sirkuit punya dinas pekerjaan umum kang…..bukan sirkuit pribadi, bebas mau ngapain juga yang penting sesuai peraturan lalulintas

    • Rolling start mungkin om, gatau wak haji dapet top speed segitu hasil rolling start atau akselerasi dari nol, belom nonton videonya ?

      • Rolling start itu start dalam keadaan tidak diam itu kah?
        Bukankah Wak Haji juga bisa dibilang dapat rolling start / start melayang di lap 2 dan lap 3..
        Karena test ride nya kan bukan 1 lap doang..

        CMIIW..

        Saya bingung memahami kata2 bro Stevan di atas.. ?

    • Ada orang yang kebeli sesuatu yang mahal karena duitnya sisa banyak, ada orang yang ‘maksa’ beli sesuatu yang mahal dengan bersusah payah mengumpulkan uangnya dulu, ada jg yang ‘ngebet’ dengan cara kredit

  10. Mang kobay di vlognya pake rolling start (start melayang) di jalan straight sempit dapat 182 km/h wak.

    Tinggal nunggu vlognya iwb.

    Kayaknya karakter qs nyentak di gigi 1 ke gigi 2 karena torsi 25 nm.

  11. …. di suasana orang nahan duit …….tetep rada susah jualan kaya ghini …….nanggung realistis krn banyak janda janda yg cuantik atau upgrade dgn tax tetep kita dah dpt mirip mirip ……mungkin buat anak anak sultan buat mainan tp bagi yg punya duit sendiri pasti WnS nunggu yg lbh baek …..

  12. menurut saya, kalau lagi pandemi gini, ud berani nebus motor diatas 70jt, berarti duit 20jt itu ga banyak dan mereka prefer ke motor yang kelasnya ada diatasnya.

    beda ceritanya kalau orangnya konsumtif, pendapatan mepet, ga mikirin saving pendapatan lagi pandemi gini, tapi maksa punya motor 70jtan, sampe bela2in kredit, itu baru orang yang bilang 20jt duit banyak.

    • mungkin sama seperti ini,
      saat ini punya budget 30an juta.

      saya pengen beli ADV, tapi setelah tahu harganya di jatim 38juta, kok kerasa terlalu mahal. akhirnya mikirĀ² lgi kayaknya mending ambil nmax yang 34jutaan..

      bedanya emang kurleb 4 jutaan.
      tapi itu terasa banyak karena nambahin 8 juta itu lebih berat dari pada nyari setengahnya.

      ini diluar selera (kenapa milih ADv awalnya). ini lebih pengen njelasin beda 4juta (atau dalam kasus diatas beda 20juta) itu secara ekonomis berpengaruh menentukan pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here