TMCBLOG.com – Di artikel sebelum ini sudah kita paparkan bahwa menurut Wilco Zeelenberg, Di 2021 nanti Jika valentino Rossi masuk ke Squad Petronas Yamaha, maka status nya adalah Pembalap yang dikontrak Yamaha Racing ( factory) namun ditempatkan di team Satelit. Metoda yang sebenarnya sudah banyak dilakukan Oleh pabrikan lain seperti Honda dan KTM. Dan ada perkiraan bahwa pengumuman ini akan dilangsungkan di Salah satu diantara dua Seri Misano ini. Namun begitu Kantor berita Motorsport Speedweek telah memperlajari bahwa ada analisa Rossi malah bakal ambil Posisi pensiun di 2021 nanti . . wah Bagaimana dasar analisanya ya ?

Menurut analisa Speedweek, Ada minimal ada enam alasan mengenai alasan yang bisa dijadikan dasar. Satu, Rossi pada dasarnya telah mengejar gelar dunia ke-sepuluh dengan sia-sia sejak 2009. Dua, dia belum memenangkan kejuaraan seri semenjak Assen sejak 25 Juni 2017. Tiga Yamaha juga tidak cukup bertenaga untuknya di tahun 2020. Empat, Vale belum bisa mengatasi ban Michelin baru. Lima sejak 2017 di Yamaha telah terjadi pembongkaran Lineup  berkali-kali oleh para pebalap muda, Mulai dari Zarco ke Folger hingga Quartararo dan Vinales. Dan terakhir Pergantian kepala kru ke Davide Munoz tidak membawa perbaikan apapun.

Selain itu, menurut Speedweek, Yamaha telah membuat kemajuan dalam mengail lebih banyak Power dari mesin CP4 Yamaha M1. Tapi setelah tiga kerusakan mesin dilaporkan di Jerez, Tidak ada yang tahu apakah lima mesin per pembalap akan cukup untuk musim ini. Sehingga Untuk amannya, ada rumor bahwa kecepatan kitiran maksimum mesin pasca Jerez telah dikurangi sekitar 500 rpm. Sejak saat itu, Yamaha kembali sulit untuk kompetitif dalam hal Top Speed.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada analisa bahwa Rossi berpotensi mengumumkan pengunduran dirinya dalam waktu dekat. Meski dia selalu menekankan: “Begitu saya bisa berjuang untuk tempat podium, saya akan terus maju.” Andrea Dovizioso bisa mendarat di Petronas-Yamaha pada 2021 dan mengambil alih posisi yang telah diamankan Khusus untuk Rossi. Dovi sendiri sudah punya pengalaman dengan M1-YZR-Yamaha pada tahun 2012 – di tim Tech3 milik Hervé Poncharal bersanding kala itu dengan Cal Crutchlow.

Walaupun Pensiun, ditengarai Rossi (41) tidak akan kekurangan pekerjaan bahkan setelah karir sepeda motornya. Dia menjalankan tim Sky VR46 di Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2, dia mengelola VR46 Riders Academy, dia menjalankan perusahaan merchandising VR46 Apparel, dan dia juga ingin bersaing dalam balapan mobil sport dan beberapa reli.

Satu lagi, jurnalis MotoGP asal prancis Remy Tissier menuliskan postingan twiter bernada teaser bahwa akan ada pembalap Italia yang juara dunia dan akan mengumumkan pensiunnya dekat dekat ini … So ada potensi silly season yang cukup menarik Lorenzo ke Ducati, Dovizioso ke PYSRT dan Rossi Pensiun. Namun jelas semua ini belum FIX

Taufik of BuitenZorg | based on Speedweek

97 COMMENTS

  1. ay yakin sudah di atur dari dulu!
    ingat…. setiap prediksi perkiraan dari artikel yg di tulis oleh blog ini…semuanya tak ada yg meleset! coba cek di artikel2 dari jaman baheula…, semuanya pasti terjadi😁

    Guest
    • Semua tak ada yg meleset wkwkwk lu terlalu mengkultuskan blogger bro. Ya wajar sih fans Marquez biasanya paling suka berita Rossi pensiun wkwkwk

      Guest
  2. rosi pensiun trs bkin tim satelit sma sujuki, lalu jd test rider, hbs itu comeback lalu jdi pembalap disana.. dan rosi meraih gelar jurdun ke10 dgn sujuki.. aamiinnn

    Guest
  3. Ga yakin ane
    Walaupun analisanya masuk, passion kakek cukup tinggi
    Walaupun menurut orang lain g seberapa penting, tapi kakek pasti pengen mbalap lagi di Indonesia (Mandalika)
    Karena fansnya juga banyak banget disini
    Dan tugas Drona ngomporin biar dia mbalap di Indonesia setidaknya 1-2 kali biar ambyar Tribun penonton
    Tapi kalau kondisi dh di perbolehkan ada penonton y, kl g y sami mawon

    Guest
    • Melihat pembangunan sirkuit mandalika yang masih berupa pengaspalan ( kayaknya sih terakhir masih urukan jalur sirkuit ) rasanya masih terlalu dini untuk berani tampil di 2021

      Karena banyak hal secara infrastruktur masih perlu evaluasi kan ? Belum lagi akses menuju lokasi, Tapi kalaupun sudah terselenggara akan menjadi sejarah

      Untuk kasus VR rasanya memang keputusan yang bijak karena ya udah punya tim toh ? Kalaupun mau ke MotoGP bisa ambil Suzuki sebagai pabrikan krn Yamaha yah masih stagnan ( tp jd kayak penghianat ya) wkwk

      Toh semua juga balik ke uang kan ?
      Ngurusin tim jadi manager, ngurusin apparel, main rally, kalo pngen motoran ya tinggal ke ranch toh ? Apa main ke Mugello

      Tp percaya deh
      Bagi seorang juara yang terbiasa seperti pembalap apalagi Rossi tidak mudah melakukan itu karena di awal2 hidupnya seperti ada yang kurang

      Guest
    • Berbasis seperti artikel : [analisa]. aku pikir sebuah keniscayaan come true.
      Ambisi dan tuntutan teknis yg serba presisi di dunia balap prototipe seperti ini sesuatu yg gak bisa dihindarkan kedepannya.
      Adalah tuntutan mengejar 0,….sekian detik dengan effort yg serba njlimet di sisi teknisnya apabila disejajarkan dengan ambisi (yg merasa masih mampu) padahal umur terus berjalan (=dibaca ambisi besar) merupakan suatu hal yang semakin bertolak belakang.

      Kadangkala, masih saja dibenturkan dengan (variabels) baper bahwa icon legend tak bisa dipisahkan,… Tapi dalam sebuah Championship icon baru PASTILAH akan datang dengan sendirinya.

      Menurut (analisa)ku, akan lebih bijak jika/andai legowo ‘melepaskan’ dan masuk ke ranah baru misal menekuni tuk menangani sky-tim = nah disinilah nanti akan terlihat lebih elegan dengan derajat ‘doctor’nya diranah manajerial menangani sebuah tim.

      Adapun Dovi dan lorenzo aku pikir, dikepala para pengambil eksekusi adalah pilihan terakhir apabila tak menemukan bibit-bibit baru dalam Silly season ini.
      Cmiiw

      Guest
    • kalau pandemi masih berlanjut di 2021, kemungkinan besar MotoGP tidak akan diadakan di Mandalika, karena Indonesia termasuk negara yg banyak di blacklist oleh negara2 uni eropa

      Guest
  4. hmmmm,,
    -Mesin bermasalah dan rusak
    -Jatah mesin kurang
    -Kitiran RPM diturunin
    -Top Speed turun
    -Rossi ngambek (sbnrnya ga hanya Rossi tp semua rider Yamaha juga ngambek)
    -Rossi pensiun

    Guest
  5. Baru-baru ini pun ada acara podcast yg interview Stoner, salah satunya pendapatnya ttg Rossi pensiun.
    Menurut Stoner, Rossi itu seorang juara, dalam dirinya ga mungkin bisa menerima balapan yg hanya bisa finish posisi top 10, meskipun Rossi selalu bilang dia akan bertahan selagi masih menikmati balapan tapi itu dusta kata Stoner.
    Seorang juara seperti Rossi tidak bisa menerima posisi itu dlm hatinya.
    So melihat potensi evolusi Yamaha sekarang yg semakin di depan ‘safety car’, Stoner kayanya juga meramalkan Rossi pensiun dlm waktu dekat.
    You already given everything mbah..time to move aside for young guns.

    Guest
    • ya juga sih
      seorang pembalap top (siapa pun itu)
      klo udah merasakan jumlah kemenangan dlm satu musimnya cuma NOL,
      plus klo jumlah podiumnya dlm satu musim bisa diitung pake jari SATU tangan, padahal telah mengikuti SEMUA seri balap dlm satu musim tanpa DNS pake motor “nyaman” di tim pabrikan 3 besar,
      kemudian “terusir” ke tim satelit, maka (jauh dlm hatinya) pasti nyesek dan tidak akan terima, walau kemudian tampil jaim dengan ngeles pake kata “masih menikmati balapan”. Masa dia terima aja gitu hanya jadi pembalap “pelengkap” grid ???
      Aslinya mah cuma tidak bisa hidup tanpa asupan adrenalin (sebuah hal yg normal), karena sudah terbiasa hidup dengan kompetisi.
      Contoh: Schumi, Alonso, Massa (di F1) pun dulu udah merasakan masa2 seperti ini (masa-masa labil penolakan terhadap kenyataan diri). diperlukan cuma kesadaran diri bahwa “prime time”-nya sudah lewat .
      lagipula sebuah “peringatan” sudah dia rasakan di race 1 Austria kemarin.
      Apa dia kaga ada rencana untuk segera bikin keturunan ??, macam Schumi yg berhasil “melahirkan” seorang calon pembalap F1 hebat berikutnya (Mick)
      tapi….terserah dirinya ajalah, kita kan cuma penonton

      Guest
      • Dulu Rossi bilang ga mau nikah dlu kalo blom dpt angka 10 jurdun, kalo gini ga bakal nikah yak hehehe..tp disono bkin anak kn ga perlu nikah..setuju hrusnya Rossi udh mkirin mewariskan DNA balapnya.

        Guest
  6. Sangat mengejutkan gosip ini. Dulu katanya Vale pensiun, trus gosip lagi masih mau lanjut. Trus pensiun sekarang gosipnya. Jadi mikir, ini emang semua karna gosip apa emang Vale suka berubah pikiran ya. Berarti sama kaya orang biasa suka berubah-ubah, bedanya dia terkenal. Oia roker juga manusia, bintang MotoGP juga manusia.

    Gw sih bukan fans Vale, tapi gw sering baca di medsos fans Vale bilang pada ga mau nonton MotoGP kalo Vale pensiun. Makanya gw mikir apakah Mandalika bakal rame atau jadi dibangun. Gtu sih. Gw lebih ke fans MotoGP bukan fans banget sama rider tertentu lebih suka nontonnya. Makanya kalo pembalap idola gw dikata-katain fans lain gw ga mencak-mencak karna itu menurut gw opini orang saja.

    Guest
    • Dan pada akhirnya semua akan punah,, pa Tino pensiun terus fansnya jga pensiun itusih hal normal, Tah pada akhirnya akan regenerasi jga,

      Cuma mau bilang goodbye F*R

      Guest
    • Mandalika ya bakal tetep rame, yg nonton sampe sana pasti orang berduit yg pengen nonton balap prototype pake mata telanjang. Biasanya yg suka koar2 di medsos sekedar nonton balap lokal aja belum pernah apalagi motogp yg tiketnya disinyalir mendekati angka ‘jutaan’, belum transport dan akomodasi bagi luar Lombok yg bakal seharga matic seken. Ga akan ngaruh. Kalo di Italia mungkin iya, karena nonton motogp sama aja kaya nonton konser dan siapa aja bisa menjangkau sirkuit karena tinggal naik kereta.

      Guest
  7. Semoga masih balapan di 2021,mandalika biar greget. Meski saya bukan fansboy salah satu pembalap. Pasti rasanya kurang tanpa rossi di grid.

    Guest
  8. Kalo seandainya Vale pensiun, bukan hanyan Dovi yang menginginkan seat di Petronas tetapi Lorenzo juga. Apalagi Lorenzo pernah jurdun dengan Yamaha. Nah banyak yang memnginginkan Petronas.

    Guest
    • Pengumuman ini secepatnya lah, karna bikin penasaran banget. Ditunda mulu pengumumannya. Rasa penasaran gw semakin besar, karna gw Indonesia banget, kepo banget!

      Fans Vale kan fanatik banget kebanyakan. Apakah mereka tetap ke Mandalika ya kalo Vale pensiun… Baca di sosmed kebanyakan kata mereka ga mau nonton MotoGP lagi.

      Guest
  9. Gak kebayang Dovi adaptasi lg ke ymh kalo bneran pindah. Dari pake motor top speed tertinggi jadi terlemah. Tapi sebaliknya jg jd pake motor handling ternyaman.

    Guest
  10. Gorengan berminyak lagi!!!
    Setelah berita tarik ulur kontrak Rossi digoreng sampe gosong sekarang ganti ke rumor pensiun

    Guest
    • Trus nanti kalo Vale menang di Misano, ada lagi gosip. Vale lanjut karna masih kompetitip dengan pembuktian menang di Misano. Gosip, semakin digoreng malin sip.

      Guest
  11. salah satu indikasi akan pensiun rossi adalah belum diumumkannya perpanjangan kontrak meskipun rencananya di misano plus… ini dia, setelah hampir “meninggal” di austria, si mbah mikir lagi, sepertinya ada petunjuk tak terduga kalau sebaiknya dia harus pensiun.
    sekarang tinggal dorna yang mencari sosok ikon setelah rossi, karena MM tidak segemerlap rossi yang membuat motogp sangat sangat digemari di dunia.
    MM juga belum tau kapan akan balap, malah ada kemungkinan doi juga pensiun kalau sampai tahun depan belum sembuh juga.
    Dovi di Yamaha akan tetap kuat, namun sy fikir lebih baik JL yang di Ymh. tinggal mau ga dia gajinya setara dengan Dovi

    Guest
    • Justru 2015 masih sangat kompetitif kalau JL ngak di tolong MM si Rossi mah udah Jurdun. Karena 2015 masih kompetitif ngak mungkin pensiun di 2015

      Guest
  12. Menarik sih kalo Lorenzo comeback ke Ducati, walaupun menurut gw Lorenzo malah lebih cocok isi slot Petronas kalo Rossi jadi berani pensiun. Bukan apa2 sih, siapa yg meragukan motor Ducati? Bahkan seorang rider alakadarnya aja bisa runnerup berturut2, nah tugas Lorenzo sekarang adalah balapan pake M1, biar yg suka ngeluhin M1 sadar diri itu motor ga seburuk keluhan mereka.

    Guest
    • Berarti motor terbaik di MotoGP Ducati ya om? Gw kan ga ngerti motor. Gw kira terbaik Honda di MotoGP karna jurdun terus. Tapi Ducati ga laku di Indonesia, karna mayoritas masyarakat Indonesia ga mampu beli Ducati. Kalo artis, om Ari Wibowo yang suka make Ducati.

      Guest
      • Untuk 3 tahun kebelakang sampai saat ini masih Ducati, KTM mungkin terlihat yg terbaik 2020 sampe rookie dan pembalap satelit bisa menang, tapi itu ga lepas dari faktor acakadutnya musim 2020 yg bikin persiapan pabrikan2 kuat ga maksimal. Honda dulu jg pernah jadi motor terbaik tapi era 990cc.

        Guest
      • Kalo kendaraan bermotor gak dikenain pajak barang mewah sangat tinggi ya harga ducati sangat murah bagi orang indo.
        Bayangkan saja motor/mobil yg pajaknya hampir 300% masih banyak yg beli.
        Kalo gak ada pajek barang mewah ya ducati, ktm, bmw, hasq penjualannya sangat pesat akhirnya mopang jarang yg ngelirik akhirnya banyak PHK

        Guest
        • Pabrikan Eropa atau Amerika banyak yang harus berevolusi/ menyesuaikan diri dengan menyasar pangsa pasar tertentu, demi bertahan hidup dari serbuan pabrikan dari Jepang dan nantinya dari negara2 Asia lainnya.

          Pabrikan dari Eropa dan atau merk/ brand dari Eropa untuk produk lain-pun yang mereka jual adalah kualitas, gengsi, kebanggaan, limited produk, dsb.

          Mereka akan kalah bersaing jika perang harga di segmen umum.

          Ibaratnya, gaji tukang sampah, kuli, petugas kebersihan di Eropa itu rata-rata bisa mencapai sekitaran 30 – 70 juta per bulan (jika dirupiahkan).
          Bayangkan saja jika karyawan Anda gajinya sebesar itu, maka Anda harus menjual produk yang dihasilkan seharga berapa ???

          Makanya mereka jualannya lebih menitikberatkan pada quality, pride, gengsi, glamour, dan sejenisnya, dimana harga bukan yang utama.

          Guest
    • kalau bung Ganti Cangkir bilang “Bahkan seorang rider alakadarnya aja bisa runnerup berturut2” itu artinya dia ga menganggap Dovi sbg Juara Dunia kelas 125cc…itu artinya sama aja dia hanya anggap Rossi Juara Dunia baru 8x (bukan 9x yg berusaha dapet gelar ke 10x) dan Marques Juara Dunia (sementara) baru 7x, karena bung Ganti Cangkir ga mau menganggap gelar Juara Dunia kelas 125cc…padahal kalau bung Ganti Cangkir diadu di track pakai motor kelas manapun saya yakin dia bakal di overlap Dovi (pembalap alakadarnya) berkali-kali

      Guest
      • Ya gw sih bisa maklum kadang kalo sumbu pendek itu suka nyimpulin semampunya, gw tegasin lagi gw udah males nanggepin model pikiran pendek gini, ntar giliran gw pake bahasa yg terlalu nusuk padahal on point dikatain ngrendahin komentator lain.

        Guest
  13. Rossi sudah ngak semuda dulu. Yang muda saja FBQ20 butuh motor yg kompetitif. Rossi dari dulu ngak butuh motor terkencang yg doi butuh motor yg cornering dan pengeremannya bagus tapi itu juga yamaha ngak bisa memberikan tahun ini.

    Guest
  14. Rossi pada dasarnya telah mengejar gelar dunia ke-sepuluh dengan sia-sia sejak 2009

    ~~~

    Kalo punya anak udah masuk SMP tuh,apalagi kalo ikut sekolah akselerasi wah!!!
    mungkin jg udah mulai ikut balapan junior yg tarafnya lebih tinggi(kalo anak Rossi)

    Guest
    • Atau dua-duanya. Pembalap ini cepat banget balik lagi setelah pensiun. Contoh Melandri putuskan pensiun ehhh tahun depannya balapan lagi di WSBK malah sama team yang kemampuannya di bawah team dia tahun lalu. Lorenzo pensiun malah mau balik lagi, beberapa bulan kemudian udah lamar kerja sama team di MotoGP.

      Jadi siapa tau loh ya kalo Vale pensiun trus tahun depannya atau beberapa tahun lagi balap lagi di MotoGP.

      Guest
      • Sering kok, soalnya dia kan udah terkenal tukang pancing keributan makanya sama editor kadang dikarungin biar kolom komentar tetep kondusif.

        Guest
    • Jaman dulu ada yg jadi fans berat Wayne Rainey, Mick Doohan, dll, juga tetep nonton balap motoGP setelah mereka pensiun.
      Dulu ada fans berat Maradona, Van Basten, Romario, Zidane, Shevchenko, dll, juga tetap nonton bola juga saat para bintang itu pensiun.

      Sedih ya sedih….. tapi baper-nya jangan hiperbola begitu.
      Kayak orang putus cinta ditinggal pacar, lalu dunia seakan kiamat. Padahal setelah itu ya biasa-biasa saja, kan…??

      Guest
  15. pensiun adalah keputusan bijak

    beri jalan utk org lain terutama yg muda muda

    bosan jg saya tiap liat berita motogp selalu yamaha masalahnya itu itu aja seperti ga ada yg dikerjain dgn motornya selama bertahun tahun

    Guest
  16. Beberapa waktu lalu sempet liat postingan facebooknya Crash.Net mengenai perihal kontrak rossi dan SRT
    Tapi tiba tiba-tiba di kolom komen bang jali bales “I don’t think so”
    Hmm… Kayaknya bisa jadi bener nih perkiraannya

    Guest
  17. Kalau MM93 pensiun dini gara-gara cedera…. maka hampir sama dengan Van Basten dong.
    Van Basten pensiun dini gara-gara cedera parah berkepanjangan di hajar bek-bek Italia yang terkenal keras pada jaman itu dengan sepak bola catenaccio-nya.
    Padahal Van Basten saat itu sudah menjadi pemain terbaik dunia 3 kali.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.