TMCBLOG.com – Untuk Model Year 2021, Kawasaki berencana Mengupdate varian Sport Touring Mereka dimana Kawasaki Versys 1000 SE akan Upgrade Suspensi depan Showa Skyhook. Ini artinya Kawasaki menghadirkan suspensi elektronik ‘skyhook’ Showa ke sepeda motor untuk pertama kalinya.

Versys 1000 SE Sebenarnya sudah memiliki Suspensi Semi aktif KECS (Kawasaki Electronic Controlled Suspension) yang dikembangkan oleh Showa. Sistem ini juga digunakan pada H2 SX SE + dan ZX-10R SE, Dimana akan menyesuaikan dengan kondisi jalan raya menggunakan sensor built-in untuk mengukur gerakan suspensi dan menyesuaikan redaman agar sesuai dengan bergelombangnya jalan.

Perpindahan ke ‘skyhook’ lebih merupakan perubahan dalam Sistem algoritma matematika daripada perombakan total bagian mekanis. Skyhook berkaitan dengan jenis algoritme suspensi semi-aktif tertentu, di mana targetnya adalah untuk menjaga sepeda motor dalam posisi stabil.

Seolah-olah motor tergantung pada kait imajiner dari langit daripada berjalan di sepanjang tanah ( arti Skyhook – gantungan langit ) . Biasanya sistem iniĀ  menggunakan sensor akselerasi untuk mengukur gerakan vertikal lalu menyesuaikan redaman untuk mengurangi gundukan di jalan dan menjaga perjalanan selancar mungkin.

Detail lengkapnya belum diumumkan Oleh kawasaki Jepang, tetapi dikatakan Model ini akan dirilis di Eropa pada pertengahan Oktober 2020. Dari segi warna, Versys 1000 SE 2021 akan hadir dalam dua skema Grafis dan warna – hijau dan hitam dengan trim abu-abu, atau abu-abu dan hitam dengan highlight merah.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

9 COMMENTS

  1. apakah relevan dgn jalanan Indonesia ? yg kontur jalannya labil, kadang mulus, kadang berlubang dangkal, kadang dalam, kadang ada pasir+batu,, apa ga terlalu bekerja keras nanti sensornya ?

    Guest
    • Kan justru motor ini habitatnya nggak selalu di jalan mulus,harusnya sih udah diriset dalam keadaan jalan bervariasi terus menerus buat nyari feedback suspensinya bisa selalu beradaptasi apa nggak,kalo cuma beberapa km error ya kena recall

      Guest
  2. kurang suka modelnya yang begini2.
    walau ini terbaik banget buat turing tapi ga sreg aja di ane

    apalagi yang ini itu shock nya kaya kecil banget buat body dan ban segede itu.
    kaya honda win di modif jadi ninja 250 tapi ga ganti shock terus ban di gedein ga jelas.

    tapi ya itu shock kalo di pake balap bakal makin mengurangi settingan dan skill rider kayanya

    Guest
  3. wow baru tau Versys mukanya udah begini. berarti tinggal ZX10RR dan H2R yang belum ya. biar kompak gitu. hahaha

    bercanda

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.