TMCBLOG.com – Saat para pembalap permanen MotoGP betolak ke LeMans, enam test rider pabrikan MotoGP tetap berada di Portimao untuk melanjutkan pencarian database setup guna persiapan data awal race weekend Grand Prix Finale MotoGP pada November 2020 nanti. Di hari kedua ini pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, adalah orang tercepat di sekitar Portimão pada hari terakhir pengujian, pembalap Italia tersebut menutup hari kedua pengetesan dengan mencatatkan waktu tercepat 1:40,435 di atas Desmosedici GP20.

Lap time Pirro ini hanya beberapa sepersepuluh detik lebih cepat dari lap tercepat pada hari Rabu oleh Aleix Espargaro (Aprilia Gresini). Bukan hanya itu tetapi Pirro juga unggul hampir 0,4 detik dari test rider pabrikan lain.

Stefan Bradl berada di urutan kedua pada timesheets untuk Honda dan pembalap Jerman itu mencatat waktu 1:40,833 sebagai lap tercepatnya, pembalap kedua dan terakhir dalam ordo laptime 1:40-an. Dia hanya melakukan pengetesan di pagi hari – kemudian menuju ke LeMans untuk tugas Grand Prix. Bradl secara khusus memuji aspal baru di venue Algarve – Portimao ini.

Guintoli, mengakui melakukan pengetesan yang positif dan sama optimisnya seperti saat sebelum test. Juara WorldSBK 2014 ini memiliki pengalaman membalap di Portimao yang jelas akan berguna bagi Suzuki. Pembala asal Prancis ini mencatatkan putaran terbaiknya hari itu dengan 1:41.153 dan pabrikan Hamamatsu menyelesaikan program pengujian mereka pada pukul 1 siang. Fokus utama mereka? Seperti kebanyakan: adaptasi terutama pada perubahan ketinggian.

Lorenzo Savadori menggunakan sebagian waktu pengetesanya untuk menguji parts 2021 untuk Aprilia. Dengan pengetahuan sebelumnya tentang Portimao, pembalap Italia itu percaya diri dalam membagi waktunya di antara tugas-tugas pengetesan parts 2021 dengan fokus pada sasis dan kemudian pemilihan ban untuk GP. Lap terbaiknya adalah 1:41.483.

Di Box KTM, Dani Pedrosa melakukan lap pada sesi pagi dan sore mengumpulkan sejumlah data yang berguna untuk pabrikan Austria. Putaran tercepatnya adalah set 1:41,627 di pagi hari, tetapi kecepatan bukanlah fokusnya – beradaptasi dengan trek yang berkontur naik – turun. Pedrosa juga keluar dengan RC16 hitam karbon pada hari Kamis . . Mungkinkah ini dia RC16 2021??

Terakhir – test rider Yamaha: Jorge Lorenzo. Dia menghabiskan waktunya dengan mesin Yamaha M1 2019, dan menorehkan laptime terbaik 1:43.163. Sebagian besar hari dihabiskan untuk melakukan riset gear-box dan menemukan rasio yang tepat, tetapi Lorenzo juga mengatakan dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali ke atas motor.

21 COMMENTS

    • Dia gak push Bambang….lu kira tes in tes resmi…udah di jelasin doi hanya mencoba menganalisa part apa saja yg cocok untuk jalur pengembangan si lemot m1

      Guest
  1. Membayangkan jika setelah race valencia 2 quartararo masih bersaing ketat dalam perebutan gelar maka langkah dia ke portimao sepertinya akan lebih berat. Quartararo salah satu dr sedikit pembalap yg ga mencoba trek ini kmrn. Yamaha pun dtg kesini seolah setengah hati. Hanya membawa M1 2019 & test rider ‘cadangan’. Ini mungkin bisa dimanfaatkan kompetitor buat menekan mental quartararo.

    Guest
    • imho, Suzuki yg paling enak sih. test rider mereka punya pengalaman disini jadi bisa feedback ke pembalapnya, dan Rins sebelum Gp seri jerez mulai udah latihan disini juga dan klo ga salah ingat Mir juga ikut selain itu juga ada aleix espargaro dan beberapa pembalap dari moto2,

      Guest
  2. Benchmark motor wsbk tercepat :

    Best lap:
    Jonathan Rea GBR Kawasaki 1m 40.372s (2019)
    Fastest race lap:
    Jonathan Rea GBR Kawasaki 1m 41.272s (2019)

    Guest
    • Perkiraan saya mestinya sih ditangan pebalap reguler, motor motogp bisa setidaknya 2 detikkan lebih cepat per lap.
      Karena biasanya pebalap test rider nggak nyari best lap, tapi riset settingan ngumpulin data sebanyak-banyaknya.

      Guest
    • Maklum udah lama ga pegang motor proto,dan gk yakin pula dia masih sering latihan pakai motor 1000cc
      Palingan nge gym doang buat jaga kebugaran

      Guest
      • Stoner waktu jadi test rider malah lebih lama gak pegang motor wkwk
        Lorenzo mah masih hitungan bulan, awal tahun dia masih bawa M1.

        Guest
  3. Kalo aliennya udah pada turun sih kayaknya flying lap bisa 1.39 koma kecil,atau bahkan 1.38 koma gede

    Jangan catet omongan gw! karna bisa saja salah 😂😂

    Guest
  4. Yamaha yg paling ga niat, pabrikan lain pake motor baru bahkan pabrikan konsesi riset 2021, mereka cuma bawain Lorenzo M1 2019 bekas Rossi yg diganti nomornya doang.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.