TMCBLOG.com – Via Gambar Gambar paten yang telah didaftarkan Honda di jerman terlihat bahwa sepertinya  Brand jepang ini sedang mengerjakan sistem yang akan memberikan bantuan kemudi serta akselerasi otomatis dan pengereman bagi pengendara Sepeda Motor. teknologi yang lebih canggih dari Adaptive cruise control  mungkin adalah Kosa kata yang bisa menjelaskan . . atau mungkin malah sistem Auto Pilot Buat Sepeda motor  . .?

Dokumen pada paten menunjukkan bahwa hadir sebuah motor servo yang dipasang di belakang headstock bawah yang dengan menggunakan rantai yang menghubungkannya ke Fork Suspensi depan Motor. Dalam kondisi normal, motor akan bertindak seperti peredam kemudi adaptif, membantu mencegah atau mengendalikan guncangan  yang tidak diinginkan, tetapi gmabar gambar dipaten juga menunjukkan bahwa ia dapat mengarahkan arah cruising dari Sepeda motor itu sendiri, terutama ketika melihat adanya perubahan jalur di jalan raya atau oerubahan dari Jalur yang sebelumnya di program pada Sat Nav.

Idenya adalah memiliki Adaptive cruise control yang menggunakan data dari radar, kamera atau keduanya untuk memantau lalu lintas di depan dan menggunaan sebuah komputer untuk mengoperasikan rem dan throttle serta menjaga jarak yang aman bahkan saat kecepatan lalu lintas berubah.

Namun dengan tambahan kontrol kemudi, motor juga dapat secara otomatis berpindah jalur dan bahkan mengikuti instruksi dari GPS misalnya sistem otomatis berbelok memasuki jalan lain yang diprogram sebelumnya dalam sebuah persimpangan yang dipilih tanpa bantuan dari pengendara.

Selain untuk mencegah tabrakan dan mengubah arah kemudi sesuai dengan rencana perjalanan yang etrtuang di GPS, Sistem Sevo yang menggerakan kemudi Stir secara otomatik ini Menurut Dokumen paten Juga bisa membantu memberikan bantuan handling saat terjadi Side wind misalnya. Paten Honda menunjukkan hadirya kamera di dasbor sepeda, menunjuk ke kepala pengendara, dan satu lagi di bagian belakang melihat ke belakang pengendara.

Idenya adalah untuk memantau posisi berkendara Rider dan menambahkan data tersebut ke dalam campuran – membantu sepeda memutuskan apakah rider waspada  . . wahhh rumit Juga nih, apakah nanti Honda akan menjadi Pionir ? yang menarik adalah kenapa Honda mematenkannnya di Jerman ? Ingin menunjukan Kompetitor Eropanya ( BMW ) yang disinyalri Juga punya kapabilitas Membuat teknologi Otonom ini di Motor mereka?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

30 COMMENTS

  1. Oh yg di uji coba di r1200gs itu ya,apalagi honda juga punya Honda riding assist yg dipasangin di nc750

    Menarik 🤔

    Guest
  2. BMW-Daimler-Audi, sudah ber kongsi dalam hal pengembangan kendaraan otonom sejak beberpa tahun lalu. Itulah mengapa honda mengembangkan riset ini di jerman, menurut saya. Kalo kita berdiri deket tukang sate pasti akan bau sate.

    Guest
    • iya, enak nanti kalo bisa suruh motornya jalan sendiri tanpa pengendara, minimal bisa disuruh parkir sendiri, atau suruh jemput kalo lagi kejebak macet

      Guest
      • Bang ojol langsung unjukrasa,terjadi PHK masal karena kalo perusahaannya bisa beli motor otonom buat apa bayarin driver,plus keadaan new normal yg meminimalisir kontak manusia makin menguntungkan 😅

        Dan ada kriminalitas baru yaitu bajing loncat yg membegal motor yg Jalan sendirian tanpa pengemudi 😂😂

        Guest
  3. sepertinya teknologi yg udah lama di mobil subaru dengan eyesight nya dan baru di terapkan di mobil. Cuma bedanya di Subaru ga pake auto pilot tapi cara kerjanya hampir sama yaitu menggunakan kamera pintar yg bisa mendeteksi keberadaan kendaraan didepan, pedestrian, pesepeda bahkan lane departure dan mengkoreksi lintas jalur kalo ada side wind ataupun keluar dari jalur lane departure (lane departure warning system)

    Guest
  4. Wih… ini mirip motobot nya yamaha… cm sistem onboard.. langsung ditempel di motor…

    Mereka japanese dah setinggi itu… kita indonesia bis apa ya??

    Guest
  5. Battle Hopper di Kamen Rider Black sudah punya fitur ini, bahkan lebih canggih, bisa dipanggil waktu Kotaro terdesak 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.