TMCBLOG.com – Akhirnnya Yamaha Secara terbuka Merilis secara resmi All new Yamaha MT-09 MY2021. tmcblog sebut All-New karena memang banyak sekali keterbaruan yang hadir di Super NakedBike Yamaha ini. Banyak yang bertanya, Koq headlamp depannya Berubah Drastis dari macam Belalang Sembah ke Model yang menggunakan Single LED-Projector ? Kalau menurut tmcblog, Yamaha sepertinya edang ‘merapikan’ Corporate Design dari Portofolio Produk MT series Mereka , ‘mewakili arah masa depan desain MT’ dimana kedepan MT series semua menggunakan headlamp batok tinggi dengan single LED projector, satu garis desain dengan yang dipakai di MT125, MT15, MT25 dan Kemungkinan ke depan MT10 dan MT07  . . Lampu depan baru ini mungkin bukan aspek tercantik dari 2021 MT-09 tetapi ini adalah unit LED yang ringan dan ringkas .

‘Menurunkan bobot dan menambah tenaga’ mungkin sesuatu yang klise, tetapi itu adalah resep yang tidak ada duanya saatkita mencoba meningkatkan kualitas Performa dari sebuah sepeda motor. Hal ini sebenarnya merupakan kombinasi yang sulit dicapai oleh produsen motor 2021, Karena dengan aturan emisi Euro 5 baru yang ketat yang memaksa konverter katalitik yang lebih besar dan mesin yang di detuned, Jelas Bobot akan nambah  . . . tetapi Yamaha telah memenuhi semua kebutuhan dengan desain ulang secara menyeluruh sosok Yamaha MT-09.

Mesin yang dipakai di New MT09 masih mesin CP3 yang artinya memiliki pola firing order Corssplane Crank, namun sudah berkembang sebagai respons terhadap aturan Euro 5. Ditambah 42cc yang dicapai dengan peningkatan bore – meningkatkan kapasitas mesin naik dari 847cc menjadi 889cc. Selain menambahkan 4PS untuk Power maksimum pada 119PS pada 10.000rpm dibandingkan dengan 115PS pada putaran yang sama untuk model lama, mesin yang lebih besar meningkatkan torsi dari 87.5Nm (64.5lbft) menjadi 93Nm ( 68.6lbft) dan lebih signifikan mencapai puncaknya Kitiran mesin 1.500rpm lebih rendah yakni pada 7000rpm.

Mesin tiga silinder MT09 MY2021 mendapat intake baru, sistem injeksi bahan bakar yang didesain ulang dan knalpot yang benar-benar baru, serta camshaft, piston, rod, dan crankcase baru. Secara keseluruhan, meski kapasitasnya meningkat, bobotnya bisa lebih ringan 1,7kg dari sebelumnya, dengan mayoritas penghematan (1,4kg) berasal dari knalpot. Sensor throttle baru yang dipasang di twistgrip mengoperasikan kupu-kupu ride-by-wire untuk memberikan rasa dan respons yang lebih baik dibandingkan dengan desain yang dioperasikan Kabel baja pada Model lama.

Dengan torsi yang lebih banyak, Yamaha telah mampu menaikkan rasio gigi 1 dan 2, membuat rasio keseluruhan menjadi lebih dekat. Jika motor lama sudah memiliki quickshifter untuk upshift, Maka MT09 yang baru menambahkan fungsi downshift, didukung oleh bantuan Assist & Slipper Clutch

Sasis All new MT09 MY2021 benar-benar baru. Ini adalah desain cast-alloy, seperti sebelumnya, tetapi dirancang agar lebih sporty dan lebih ringan dengan mengadopsi model ‘Deltabox’ alih-alih model ‘Diamond’ pada MT09 sebelumnya. Kekakuan lateral ditingkatkan 50% dibandingkan model sebelumnya, sedangkan campuran kekakuan longitudinal dan torsi ‘disempurnakan’ dengan desain baru. Sasis juga lebih kompak, membuat ukuran keseluruhan lebih kecil, dan garpu lebih pendek dengan kepala kemudi turun 30mm untuk memberi bobot lebih mengarah pada roda depan. Sasisnya lebih ringan 2,3kg dari sebelumnya, dengan subframe die-cast baru – menggantikan desain tabung baja pada subframe MT09 lama – menghasilkan penghematan 1,5kg. Lengan ayun yang benar-benar baru, lagi-lagi terbuat dari cast alumunium, menghemat bobot sebanyak 250g

Bahkan rodanya ikut andil dalam menurunkan bobot keseluruhan. Teknologi ‘spin-forging’ baru, yang menggunakan velg cor, memanaskan dan memutarnya saat menggunakan roller bertekanan tinggi untuk mengurangi ketebalan pelek (sekarang hanya setebal 2mm) berarti lebih ringan 700g dari yang rancanangan Velg lama.

Fork suspensi depan USD KYB 41 mm – dapat disesuaikan untuk preload, kompresi, dan rebound – dipadukan dengan shock belakang yang serasi dan dapat diseting. Secara keseluruhan, Model 2021 MT-09 hadir dengan bobot 189kg yang siap dikendarai, termasuk tangki penuh bahan bakar. Beratnya 4kg lebih ringan dari model lama.

Di bagian depan elektronik, pengendara disambut oleh dasbor TFT berwarna yang baru yang dapat memberikan kontrol atas tiga mode berkendara serta sejumlah opsi lain, tetapi yang lebih signifikan MT-09 mendapatkan Inertial Measurement unit (IMU) enam sumbu mirip dengan yang digunakan pada superbike R1 tetapi 50% lebih kecil dan 40% lebih ringan. Mengukur gerakan maju dan mundur, sisi ke sisi, atas dan bawah serta pitch, yaw and roll, IMU hubungkan ke sistem kontrol traksi yang sensitif, kontrol slide, kontrol wheelie dan ABS menikung.

Secara keseluruhan, MT-09 2021 Memang mengahdirkan Motor yang sama sekali BARU dibandingkan Versi tahun sebelumnya. Yamaha mengharapkannya Motor ini bisa mencapai dealer di eropa pada Maret 2021. Apakah YIMM Juga akan mengupdate varian MT09 terbaru ini tahun depan ?

Taufik of BuitenZorg

 

23 COMMENTS

  1. ngebayangin kendaraan operasional Ojol PAKe ini. mantap kayaknya. tapi……..

    tarif Ojol juga ikutan mantap. hehehehe

    Guest
  2. Membayangkan klo next mt25/15 lahir dgn kepala sprt ini…duuuh corporate design nya gni amat yak
    Kalo mt9 ini seh moge bgmnapun modelnya msih ktolong ama body/mesin yg bongsor…nah klo mt15????

    Guest
  3. Catalytic converter baru yg lebih besar, tapi knalpot menyumbang pengurangan bobot yg terbesar juga?
    Material logam knalpot kayaknya diganti ya?

    Guest
  4. Jika di lihat dari sisi samping Makin padat area mesin dengan adanya deltabox dan kolong yang berisi knalpot besar di tambah perubahan swingarm yang lebih besar membuat semakin keliatan kekar MT092021.. sayang masih kaum mending wkwkwkkk

    Guest
  5. Dengan catalyc converter yg gwede gitu kok malah membuat absurd area buritan dan swingarm nya yah.. hhe.. tapi ya susah sih klo udah tuntutan euro.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.