TMCBLOG.com – Sebenarnya memang ketika Astra Honda Motor mulai memperkenalkan Honda genio kepada publik beberapa tahun yang lalu lengkap dengan keterbaruannya terutama di sektor Mesin dan Sasis, hampir semua orang tahu bahwa Strategi produk AHM disinyalir akan mengarah ke era Common part Mesin Genio ini dengan model Sasis eSAF di mana tentunya akan disesuaikan dengan Model yang diinginkan. Dan ini Jga akan berlaku pada Scoopy sebentar lagi.

Pada dasarnya saat Artikel ini ditulis, Honda Scoopy adalah satu satunya Line Produk Skutik bermesin 110 cc Produksi AHM yang masih mempertahankan Mesin 110 cc Lama . Seperti Kita ketahui semenjak pertengahan 2019 Honda konsern Fokus pada ‘pergantian’ / switching Mesin yang benar benar baru untuk varian skutik 110 cc-nya. Mesin 110 Baru yang pertamakali dipakai Oleh Honda Genio ini Tidak sama dengan mesin 110 cc yang dipakai sebelumnya.

Mesin yang disematkan Sama sama Mesin eSP yang artinya sudah menggunakan ACG Starter Namun dilihat dari dimensi ruang bakarnya di mana Bore x Stroke Honda Genio 47,0 x 63,1 mm Jauh Lebih berkarakter Overstroke dibandingkan mesin matik 110 cc Honda sebelumnya dimana Bore x stroke 50 x 55,1 mm.

Membuat mesin yang lebih berkarakter riding Komuter adalah satu hal tujuan Yang tmcblog tangkap dari pengembangan Mesin ini. Teori umum Dengan Mesin yang memiliki stroke lebih panjang dipastikan Torsi memang akan Naik signifikan. Torsi sepertinya Jauh lebih penting buat Honda dalam pengembangan mesin ini dibandingkan Power saat berkomuter di Jalanan perkotaan yang stop and Go.

Sobat Bisa lihat spek. Torsi maksimum di mesin baru ini Genio dan Beat baru diperoleh di angka 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm yang artinya 0,27 Nm lebih tinggi dari torsi Maksimum mesin beat satu generasi sebelumya yang  9,01 N.m (0,92 kgf.m)/6.500 rpm. Dan bukan hanya soal angka torsi Maksimum, Bro bisa lihat dimana Torsi itu diperoleh yakni 1.000 rpm lebih rendah dari mesin penggantinya.

Kalo Soal Sasis eSAF, ada beberapa hal yang bisa dilihat, AHM mencoba mengembangkan satu model pembuatan sasis yang tetap sama sama kuat, namun secara kaca mata Mass product akan bisa lebih presisi dan konsisten bentuk dan dimensinya . . Plus punya potensi untuk dikebut line produksinya tergantung permintaan dari market. Dan Esaf di Next Scoopy Sih bukan sesuatu Hal yang mustahil.

Dan dari bisikan informasi dari Insider yang tmcblog terima menyebutkan bahwa strategi produk dari Next Scoopy nanti akan sedikit berbeda dan Lebih ‘naik levelnya’ dibandingkan strategi di Beat dan Genio, terutama di versi tertingginya. Saat ini saja , Versi tertinggi Honda Scoopy memiliki fitur ‘ lebih ‘ bila dibandingkan dengan versi tertinggi Beat dan Genio ( CBS-ISS ) yakni hadirnya Anti Thief – Asnwer back System .

Nah Jika Scoopy baru nanti hadir maka ada Poensi sinyalelen Kuat Versi tertingginya akan menghadirkan Keyless system atau yang di Honda dikenal sebagai Smart Key System. Sebuah sistem di mana tidak lagi memerlukan kunci mekanik untuk mengoperasikan kunci stang/ Menghidupkan mesin. Silahkan ditunggu saja sob . . Ini motor berpotensi akan jadi Peluru perluru awal produk 2021 AHM.

Oh Ya kita baru ngomongin next New Scoopy, belum soal Scoopy 150 nih . . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

27 COMMENTS

  1. bawa fino kyak bawa dokar suspensi mati smua masih aja di pake buat motor matic di tambah mesin kasar.
    lengkap sudah penderitaan bawa matic yamaha.

    Guest
    • Gak juga, itu sasis jumlah titik pengelasannya lebih banyak.
      Dari posesnya juga lebih banyak, cutting/blanking, forming, piercing. beda dengn pipa, prosesnya cutting, roll, welding.
      Dari material mungkin lebih irit dan lebih mudah mendapatkannya daripada pipa stkm

      Guest
  2. Sma Kek Mio Series Yg di Gencet Beat. asli Pernah Bawa Mio M3 punya Kantor. Suruh Ke Beres Yamaha Buat Chek shock Depan Belakang. Minta Di Ganti Semua malah Cuman Belakang Yg di Ganti padahal Depan Udh Rembes tipis +keras Setengah Mampus .dibilang Msh Bagus 🤣 buat Orang 170cm Gak Cocok Pake Matic Entry Yamaha Asli dah Dengkul Kek Di tonjokin .

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.