tmcblog.com – Bisnis sepeda motor Kawasaki adalah bagian kecil dari Kawasaki Heavy Industries yang merupakan salah satu dari tiga produsen industri berat utama Jepang. Saat ini KHI juga membuat kereta peluru, alat-alat berat, peralatan dirgantara, robot industri, turbin gas, kapal laut dan lain lain. Menurut info yang TMCBlog peroleh dari NHK News Jepang, pembuat mesin Jepang terkemuka Kawasaki Heavy Industries atau KHI mengatakan bahwa mereka berencana akan melepas (Spin off) bisnis sepeda motor mereka dan bisnis mesinnya tahun depan (2021) sebagai bagian dari restrukturisasi besar-besaran.

KHI mengumumkan pada hari Senin kemarin di Jepang bahwa mereka berencana untuk melepaskan divisi manufaktur dan penjualan sepeda motor dan divisi Rolling Stock, yang memproduksi kereta api konvensional dan kereta api peluru. Kawasaki berharap langkah tersebut akan mempercepat pengambilan keputusan dimasing masing divisi dan memperbaiki situasi keuangannya.

Penjualan sepeda motor di Asia Tenggara tahun 2020 turun tajam akibat pandemi virus corona. KHI memperkirakan kerugian operasional sekitar 5 miliar Yen, atau 47 juta Dollar, untuk tahun bisnis 2020 saat ini. Presiden Kawasaki -Hashimoto Yasuhiko- mengatakan pada konferensi pers bahwa dia berharap bisnis sepeda motor akan terus membangun merk Kawasaki yang kuat dan merevitalisasi pasar melalui kerjasama dengan perusahaan lain.

Divisi sepeda motor dipisah dari KHI dan akan jadi perusahaan sendiri yang lebih independen. Perusahaan induk akan melepaskan sebagian dari bisnisnya jika diharapkan akan menguntungkan untuk melakukannya. Spin off akan memiliki struktur manajemen terpisah dan nama baru, tetapi biasanya akan mempertahankan aset, kekayaan intelektual, dan sumber daya manusia yang sama. Perusahaan induk (dalam hal ini adalah KHI) akan terus memberikan dukungan keuangan dan teknologi dalam banyak kasus. Kita akan lihat akselerasi Kawasaki sepeda motor tahun depan sob.

Taufik of BUitenZorg | @tmcblog

88 COMMENTS

  1. Paling ga kawasaki sudah berprestasi di ajang balap motor WSBK, semoga kedepannya maskin sukses dan bisa balik ke moto gp

    Guest
    • istilahnya konsorsium,biasanya duet dengan hitachi mengambil sebagian besar kereta peluru,kereta biasa,komuter di jepang..juga kereta peluru taiwan..

      Guest
  2. Tapi kan?
    Disalah satu sisi baik karna pengambilan keputusan langsung. Ada kebijakan apa gesit.. Disisi lain ini mungkin berimabas pada dana promosi riset dsb. Karna melihat penjualannya motor hanya menyumbang sumbangsih kecil.

    Guest
    • modenas sama kymco mungkin, sejauh ini modenas dibeli sahamnya beberap abulan yang lalu terus kymco punya kerjasama simbiosis sama kawasaki juga

      Guest
  3. tolong koreksi, berarti KHI nganggap kalo divisi sepeda motor kurang kasih untung (krn pandemi) jadinya mau dilepas aja supaya ga jadi beban KHI?

    Guest
  4. Gak usah ikut motogp,cukup jual mogenya lebih murah saja. Buat pabrik moge diindo gtu. Utk apa buang uang di motogp,klo wsbk dah jaya. Ini motor massal yg dijual kok.

    Guest
    • Bisa saja perakitan motor CC besar (pabrikan apapun itu) yg ada di Thailand dipindah kesini,melihat pemerintahannya disana yg sedang goyang kan lebih baik memindahkan asset sebelum terjadi pergolakan dan mengalami kerugian yg lebih besar

      Guest
      • kecenderungan investor otomotif global dari dulu lebih tertarik untuk investasi di Vietnam / Thailand.
        jarang yg mau investasi di sini kecuali mereka benar-benar yakin bakalan profit

        Guest
    • Kawasaki gak punya produk motor yg jadi volume maker kaya merk Jepang yg lain.
      kalau dipisah seperti ini mungkin mereka akan ‘terpaksa’ bikin produk yg diharapkan bakal jadi volume maker

      Guest
  5. Mulai push-ing kayaknya KHI sebagai induk perusahaan yang mana anak2 perusahaannya terus merugi, push-ing…push-ing….😅😅

    Guest
  6. penting juga ya industri motornya untuk membangun image kawasaki, jarang orang tau kereta listrik kawasaki, tapi orang pasti tau motor kawasaki

    Guest
  7. “bagian kecil dari Kawasaki Heavy Industries yang merupakan salah satu dari tiga produsen industri berat utama Jepang”

    Yang 2 lainnya apa wak?

    Guest
  8. Menurut saya ini karena Kawasaki sendiri gak mau ngikutin keinginan pasar. Sebagai contoh saja di Asia sekarang ini motor yang paling laku adalah motor Matic, coba aja kalau Kawasaki mau mengeluarkan produk Matic, saya rasa banyak yang mau beli. Ya mudah-mudahan saja dengan berpisahnya Kawasaki Motor dari KHI bisa mengeluarkan sebuah gebrakan baru, semisal menelurkan produk Matic ber cc dibawah 250 cc

    Guest
  9. Indukny dah mulai greget sama divisi Motor Kawasaki :v

    Lama2 lu ngeselin juga ya. Ya udah. Lu bangun divisi sendiri, plan perakitan kita yg bangun. Biar g ngejumbel plan center kita.

    Guest
  10. maksudnya dilepas ini saham kepemilikannya apa cuman pisah divisi aja ? tapi bukannya divisi sepeda motor emg udah beda dr divisi induknya ?

    Guest
  11. kalo ngomongnya sama Hamon mungkin begitu, tapi ini kan ngomong yg akan dibaca sama investor , nggak bisa ngasal 😀

    Administrator
    • kayaknya ni lebih sekedar kayak emak mau menyapih Divisi Sepeda motornya saja, nggak serendah sampai Mau Jual diri segala, kawasaki punya nama besar

      Administrator
  12. “nak, sekarang kamu sudah dewasa.. mulai tahun depan kamu belajar hidup mandiri ya nak”
    ~Kawasaki Heavy Industries~

    Guest
    • Tapi dilepasnya saat lagi krisis moneter dimana2
      Mau bikin anaknya mandiri,apa ‘menumbalkan’ salah satu anaknya biar mengurangi satu beban di pundak kepala keluarga,entahlah

      Tapi sebagai orang tua seharusnya sih tidak begitu ya,semoga bisa survive

      Guest
      • menyapih dalam kondisi berat memang akan menghasilkan dua kemungkinan . . . gagal, atau kalau berhasil akan jadi anak yang kuat mental
        Tapi kalau gagal sekalipun, emak pasti akan kembali merangkul, Wong emaknya sultan jepang 😀

        Administrator
  13. Masih lebih mendingan Lord Suzuki berarti, perusahaan gak seberapa besar tapi saling tolong menolong diantara divisi-divisinya.
    Duit hasil jualan mobil di India bikin divisi motor Suzuki bahagia bisa ikutan papan atas MotoGP.

    Guest
    • maaf mas, kawasaki mainnya proyek infra dan tranportasi, jadinya banyak nyedot modal, palagi klo gak di bawayr sama penyewa atau pembeli.

      beda ama mobil, mesin kapal karena kebanyakan end user.

      klo alat berat dan proyek, bergantung sama situasi ekonomi, politik, dan perusahaan pembeli/rental.

      salah satu contoh, Bor yang melubangi Bumi untuk terowongan bawah laut yang menghubungkan Inggris dan Prancis, salah satunya punya Kawasaki.

      kereta listrik metro/subway/krl bawah tanah di New York, itu Kawasaki.

      lengan robot yang merakit mobil Lexus ada yang dari kawasaki (muncul di Film Tom Cruise pas scene berantem di pabrik lexus)

      klo lagi pengerjaan trus berenti total gegara krismon covid, apa gak pusing proyek besar tersebut?

      Guest
  14. Jika kita berturut2 menggoogle:
    1. Honda forbes
    2. Suzuki forbes
    3. Yamaha forbes
    4. Kawasaki forbes

    Maka akan diperoleh nilai kapitalisasi pasar sebagai berikut:
    1. Honda market cap = 42,6 milyar usd
    2. Suzuki market cap = 15,7 milyar usd
    3. Yamaha market cap = 4,6 milyar usd
    4. Kawasaki market cap = 2,6 milyar usd

    Guest
  15. Berarti membebani selama ini. Dilepas agar bisa tau secara business ratio apakah layak bertahan sendiri dan sexy buat investor.

    Guest
  16. spin off itu hanya akan membagi saham perusahaan anak kepada internal pemegang saham perusahaan induk. jadi bukan sell off yang terbuka secara umum kepada siapapun yang mau berinvest, hanya kepada pemegang saham perusahaan induk ( dalam hal ini pemegang saham KHI).
    anak perusahaan akan menjadi entitas terpisah dari perusahaan induk dan memiliki manajemen sendiri, sehingga apapun kebijakan kawasaki div. sepedah motor (contoh kalo pengen terjun lagi ke motoGP) kedepan tidak perlu menunggu persetujuan dari KHI

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.