TMCBLOG.com – Selain dari talenta dan nasib . . Syarat untuk menjadi juara dunia MotoGP salah satunya juga harus punya konsistensi. Dan akhirnya kali ini kita kembali temukan bahwa konsistensi berbuah hasil yang manis. Hanya dengan finish di posisi 7, Joan Mir berhasil menjadi juara dunia baru MotoGP setelah bertahun-tahun hanya mendengar 1 nama yang berada di puncak tangga championship. Mir pun menjadi pembalap Spanyol ketiga yang berhasil menjadi juara dunia di kelas MotoGP 4-tak. Mir menjadi juara dunia pada tahun keduanya di kelas primer. Dan meneurut Rossi tidak banyak pembalap dalam statistik yang bisa meraih catatan ini, ia menjadi pembalap termuda ke-7 yang meraih gelar dunia kelas utama, berusia 23 tahun dan 75 hari #ValenciaGP day, di belakang Valentino Rossi (22 tahun dan 240 hari) dan di depan Jorge Lorenzo (23 tahun dan 159 hari). Ke-konsistensi-an Mir pula yang membuat Suzuki kembali bisa merengkuh gelar juara dunia setelah 20 tahun berlalu, dan yang lebih spesialnya adalah gelar ini hadir di tengah perayaan 100 tahun Suzuki. Sungguh sebuah kado yang sangat spesial.

Pada race-nya sendiri Franco Morbidelli seperti yang banyak diunggulkan oleh orang termasuk TMCBlog memang boleh dibilang un-touchable. Pemilihan ban depan hard membuat dirinya lebih durable terutama ketika Jack Miller datang mendekat di setengah akhir balapan. Franco Morbidelli ini memang tipikal pembalap yang kalau klik race weekend-nya dapet, maka ia akan sulit dikejar. Ini adalah kemenangan-nya yang ketiga setelah Misano dan Teruel, tetapi sayang kemenangan ini masih sulit untuk bisa me-delay penganugerahan gelar juara dunia sampai race terakhir di Portimao akhir pekan depan. Pol Espargaro juga akhirnya bisa menyamai perolehannya di Valencia 1 persis berada pada posisi yang sama.

Race Valencia 2 adalah kali kedua Fabio Quartararo tidak menghasilkan point setelah sebelumnya di Styria, Austria. Dan ini menyebabkan posisinya langsung melorot sampai ke posisi 5 championship dengan jarak 46 Point ke Joan Mir. Joan Mir sendiri berjarak 29 Point ke Morbidelli dan ini lah yang membuat point Mir tak mungkin lagi terkejar pada satu race terakhir yang hanya menghadirkan maksimum 25 Point.

Tinggal sekarang pertempuran di Portimao akan memperebutkan dua posisi tersisa yakni mendali perak dan mendali perunggu. Tercatat 6 pembalap akan memperebutkan posisi perak dan perunggu ini di Portimao nanti yakni Franco Morbidelli, Alex Rins, Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso. Dua pembalap Ducati Factory 2021, JAck Miller dan Pecco Bagnaia dipastikan terhempas dari posisi Top 3.

Suzuki, Ducati dan Yamaha Masih berpeluang merengkuh gelar juara manufaktur terlebih lagi Suzuki dan Ducati yang memiliki sama sama nilai point 201. Sementara itu jarak poin antara team Suzuki Ecstar yang memimpin championship team kepada posisi runner-up sementara klasemen yakni Petronas Yamaha SRT adalah 79 point. Sedangkan jangkauan maksimum team per-seri adalah ketika dua pembalapnya Podium 1 dan Podium 2 atau 25 + 20 = 45 Point.

Nah karena jarak Suzuki Ecstar ke PYSRT ada 79 Point maka dapat dipastikan Suzuki Ecstar merengkuh gelar juara team MotoGP 2020 ini. KTM Red Bull cukup impresif juga dimana pasca race Valencia 2 ia berada di posisi 3 diatas Ducati Factory dan Yamaha Factory team . . Exceptional !

Juara pembalap team independent 2020 masih belum bisa ditentukan. Namun nama calon kuatnya tinggal mengerucut ke dua pembalap Petronas Yamaha SRT dimana Morbidelli 17 Point di atas Quartararo. Sementara itu dengan 67 point memimpin di depan Pramac Racing maka Petronas Yamaha SRT merengkuh juara Team Independent MotoGP 2020.

Dan terakhir Brad Binder bersiap merengkuh gelar Rookie of The year dimana ia dan Alex Marquez hanya berselang 20 point jelang race finale di Portimao nanti. Jadi secara umum 3 gelar 2020 sudah FIX dan tidak bisa diganggu gugat; Juara Dunia Joan Mir, Juara Team MotoGP 2020 Suzuki Ecstar dan Juara Team Independent MotoGP 2020 Petronas Yamaha SRT.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

90 COMMENTS

    • Congrats wat Mir & Suzuki Ecstar. Semoga YAHAHA tetap tabah nyiarin MotoGp, tahunยฒ kemaren Ngiklanin H, tahun ini ngiklanin S.

      Kalo sdh Ga kuat lambaikan tangan Ya!

      Awokwkawokawok.

      Guest
    • Suzuki konsistensi luar biasa. Yamaha kemenangan di banyak sirkuit yang luar biasa. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa sehingga menguasai klasemen 5 besar.

      Guest
      • Sudahlah om botak. Ga pernah ada yang inget2 juara seri, peringkat 2 3 4 apa 5 apalagi 15. Ga usah menghibur diri.mending gabung sama saya FBH nangisin tim kunyiT

        Guest
  1. 4lex 2ins start 14 finish 4, emg niat gak niat Quali ๐Ÿ˜†
    Tp duo blue rocket ini kalo start punya insight yg bagus kalo dr row 3/4, gak kejebak “trafik” yg bikin susah nyodok barisan depan.

    Guest
  2. Faktanya motor anda menang 7x seri balapan, sedang mereka hanya 2x menang…
    Mungkin anda butuh strategi jitu untuk menjadi juara…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Guest
  3. selamat buat M1r atas Juara Dunia 2020,
    selamat juga buat Suzuki

    inilah takdir, rezeki dan jalan dari seorang Joan Mir & suzuki, NO DEBAT! vamos

    Guest
  4. ada yg peratiin cover map/binder yg dipegang ken kawauchi?
    ada stiker bertulisan ‘team titan’ apa itu tim khusus sujuki yg ktanya itu tim trkenal klo develop tim balap cma pke sdikt enginer smentara tim lain pke enginer se-RT

    Guest
  5. Good Job MORBI, alumnus Marc VDS Hon..
    also Juara Moto2

    Fantastis MIR, alumnus Leopard Hon Moto3..
    also Juara Moto3

    Sama-sama tidak bacot, minim keluhan, ‘dingin’,
    The Real Predator..

    MotoGP makin asyik

    Guest
  6. penasaran
    kelanjutan kesehatan marc
    kelanjutan dovi dan ducati
    kelanjutan mesin vinales dan taro
    kelanjutan pengembangan rcv tanpa marc
    kelanjutan sponsorship apalagi nempel suzki
    kelanjutan test pembalap team baru

    sambil nunggu 2021

    Guest
  7. Edisi spesial GSXR150 andaikan pakai upside down dan banana arm, plus racing kit gitu, kayaknya laku ga ya… ini moment langka banget ni, gak cukup kalau cuma dengan livery.

    Guest
  8. Wak haji boleh nanya? Vinales knp cuma seri kemaren start di pitlane? Kan dia sdh memakai mesin diluar stok jatah mesin. Ini ane kurang ngerti wak haji tolong dijelaskan..

    Guest
  9. Jadi keinget sama alm Nicky Hayden tahun 2006 dimana hanya menang seri hanya 2 kali untuk bisa juara dunia di banding Vale yg menang seri sebanyak 5 kali. Kuncinya sekali lagi adalah konsistensi dan jangan DNF

    Guest
  10. Semoga dgn suksesnya suzuki jd juara,thn dpn akan mmpermudah mndapatkan sponsor yg lbh besar.rider juara otomatis akan menaikan nilai dr segi ekonomi,khususnya dr nominal gaji.suzuki hrs bs mnjaga mir dr itu.shngga kehadiran sponsor utama sgt di butuhkan.kedepan,sy ykin selain MM,mir slh satu rider yg akan ttp konsisten.
    Jk suzuki kekeuh ingin mmpertahankan livery khas blue rocket, Estrella galicia sprtinya ccok krn sm2 pnya wrna dominan biru… Semoga mrka tertarik satu sama lain…

    Guest
  11. Nah, kita di mari sedang menunggu juara dunia perkomenan, kayaknya poin sama sehingga persaingan ketat hingga seri portimao

    Guest
  12. Mbah darmo dan qhandar tertunduk lesuh sementara waktu. Gairah komen sejenak menghilang. Para pengunjung blok untuk sementara waktu bisa istrahat tanpa perlu menyiapkan kertas catatan

    Ekekeke

    Guest
  13. Alhamdulillah, gak sia2 gw jadi pensboy Sijuki sejak jaman Kenny Roberts Jr.
    Livery Movistar Sijuki sebenarnya jauh lebih keren.

    Guest
  14. Selamat kepada suzuki dan Fans atas jurdun Moto GP, atas mimpi yg telah dipupuk selama 20 thn.

    Selamat kepada ymh dan Fans atas jurdun Qualifikasi. Mimpi dgn 4 rider jurdun thn ini belum tercapai, tapi catatan tak boleh terhapus, karena mimpi adalah sebuah kekuatan.

    Semog cepat sembuh MM ,kepada Honda dan fans jgn berkecil hati.Masih ada hari esok.

    Guest
  15. Bakat/talenta, skill, keberuntungan/luck, kepintaran, semua itu tidak ada artinya tanpa konsistensi, bahkan dalam kasus tertentu konsistensi bisa mengalahkan kualitas

    They might have more talent than you, they might be smarter than you, they might be richer than you, they might be all of those things, but donโ€™t let them outworked you

    Guest
  16. Penerus Kenny Roberts Jr. Juara konsisten di tengah kisruh kubu Honda, Yamaha dan Ducati.

    Mudahยฒan Mir konsisten di depan, Kenny Jr cuma muncul setaon doang ๐Ÿ˜€

    Guest
  17. Waktunya buka2 lagi catatan yg pernah dulu mbah darmo dkk bilang cateeet dr awal musim
    Yg bener dan yg blum bener yg mana?
    Wkakaaakak

    Guest
  18. Kok ga ada yg ngomenin David Brivio ya?
    Dulu pernah bawa Yamaha juara via VR46, sekarang bawa Sijuki juara via JM36
    Mungkin Wak Taufik mau bikinin artikel tentang doi… kayaknya seru neh sepak terjangnya

    Guest
    • davide, ya hampir semua org kenal siapa dia. tapi Ken Kawauchi & Shinichi Sahara? kedua org ini sih yg perlu dibuatin artikelnya karena merekalah yg bertanggung jawab sekaligus terlibat dgn GSX-RR.

      Guest
      • Betul Mas…. cuma yang ingin saya tekankan adalah 1 orang yang berhasil membawa jurdun 2 pabrikan berbeda.
        Sepertinya halnya 1 sembalap yang berhasil jurdun dengan pabrikan berbeda seperti VR46, Casey Stoner dll

        Guest
    • Entahlah bang.Tapi memang harus diakui manajemen Suzuki memang kelihatan bagus&konsisten.Pesaingnya juga pas kenas musibah semuanya (Yamaha-Manajemen/Engineer amburabul,Ducati dgn manajemen pembalapnya,Honda kehilangan ace ridernya,KTM jika balap yg sirkuitnya belum test bareng Pedrosa mundur teratur, Aprilia belum klik sama RSGP + ngurusi Ianone).Setuju deh bang buat Wak Haji bikin artikel ttg manager2 team MotoGP biar bisa tahu sepak terjangnya.

      Guest
      • jgn salah semua pabrikan jg tidak semuanya perfect.masing masing punya kelemahan dan masalah.suzuki pun demikian.. semua tau mslh suzuki dmna,, ttpi dsinilah kelebihan rider dituntut utk menutupi kelemahan motor…
        KONSISTENSI… utk bertarung di barisan depan

        Guest
      • Betul… Davide Brivio bisa memanfaatkan situasi meskipun sebenarnya ya tidak 100% “bejo” si Sijuki ini, penuh perjuangan, bagaimanapun juga Davide Brivio bukan manager kaleng-kaleng di MotoGP, pengalamannya sudah puluhan tahun.

        Guest
  19. Alex rins sudah mengajak kerjasama dengan joan mir mereka sepakat untuk merebut triple crown di portimao nanti.
    Salut sama mereka berdua
    Tim yang sederhana tapi sudah seperti sebuah keluarga…luar biasa

    Guest
  20. Menyenangkan, mengaharukan, emosional bersama all Suzuki fans arround the world…fantastic undescribeable feelings..
    Thank u guys for this unforgetable momments..

    Yg lucu semalem Maverick bberapa kali ngelus2 GXXRR pas nyelametin Joan..wkwkw…

    Guest
    • Dikiri Vinales nepok2 gsxrrmir, mir ditengah, aleix dikanan selebrasi bareng mir.. Asli liat footage ini keren abis.. Alumni suzuki yang dulu kerja bareng develop gsxrr sekarang merekapun ikut bangga sama pencapaian gsxrr 2020

      Guest
  21. Perayaan 100 thn dikado juara EWC + Mir & Tim GP juara.
    Tinggal juara konstruktor + Rins di posisi runner up, lengkap pestanya Hamamatsu, ngefek ke sini, Suzuki pesta diskon…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.