TMCBLOG.com – Cal Crutchlow selama ini dikenal merupakan pembalap LCR Honda yang kontraknya langsung ke HRC, mungkin salah satu klausul kerja dalam kontrak Cal – HRC adalah menjadi semacam ‘tester parts’ RC213V sebelum digunakan oleh pembalap utama mereka yaitu Marc Marquez. Beberapa kali Cal mengakui hal tersebut. Ia ditunjuk melakukan hal tersebut, ditengarai salah satu alasannya karena secara fisik, dimensi tubuhnya 11-12 dengan Marc Marquez dan mungkin juga racing style-nya yang dekat. Namun kenapa Ia tidak berakhir menjadi test rider buat HRC dan malah merapat ke Yamaha? Apakah HRC pernah memberikan penawaran ke Cal sebagai test rider buat Honda?

Via Speedweek, Cal langsung menjawab : “Sulit untuk menjawab dengan jelas ya atau tidak untuk pertanyaan ini, akan tapi rencananya lebih ke arah pembalap pengganti. Saya suka Alberto Puig, saya selalu mengatakan bahwa dia memiliki pengaruh besar pada kesepakatan Honda saya selama bertahun-tahun. Dia selalu mendukung saya. Dia seperti saya -orangnya suka bicara langsung. Dia kecewa saat saya keluar bersama Honda di awal musim. Tapi tidak semua ada di tangannya, saya mengerti situasinya.”

” Alberto ingin menahan saya di HRC dalam beberapa hal. Tapi sebagai pembalap pengganti, itu akan menjadi kerja keras karena ini tentang MotoGP dan kejuaraan dunia Superbike. Saya tidak terlalu tertarik pada hal itu, karena di MotoGP dan WSBK akan ada enam pembalap (4 di MotoGP dan 2 di WSBK) yang harus saya isi. Jadi saya mungkin harus balapan sepanjang tahun. Tapi saya sangat berterima kasih dan selalu berbicara dengan sangat terbuka dan jujur ​​dengan Alberto. Yang juga saya sukai: Dia sangat bahagia ketika saya memberi tahu dia tentang kesepakatan Yamaha saya.”

Jadi jelas ya sob, semenjak awal Cal sudah mendengar rencana bahwa HRC ingin membuatnya tetap siaga sebagai pembalap pengganti (Replacement Rider). Biasanya klausul kontrak pembalap pengganti jadi satu dengan klausul pembalap test, namun sepertinya tahun depan Honda ingin dua kerjaan ini terpisah agar yang test tetap bisa fokus buat pengembangan sementara replacement rider fokus di race pace.

Namun seperti yang pernah diutarakan oleh Cal kepada media sebelumnya bahwa ia sudah merasa cukup dengan kehidupan racing sebagai pembalap permanen. Ia tak mau lagi terus terusan ngikut caravan MotoGP sepanjang tahun . . ia lelah, ia ingin tugas yang bisa lebih membuatnya bisa mengkombinasi dengan kebahagiaan bersama keluarga . . Jadi test rider misalnya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

50 COMMENTS

  1. Lah replacement rider gt kalo gak ada yg direplace semusim penuh brati dia gak ngapa2in donk???
    Btw apa pernah ada Wak yg benar2 kerjaannya full sbg replacement rider ky gt????

    Guest
  2. asek bngt yah, bsa bkin konten,,,, fansnya tetep bsa liat….cmn ngetest2 aja…kasih masukan… gaji pasti lumayan walaupun g segede pembalap reguler… kerjaan idaman

    Guest
  3. presure jg g gede2 amat kaya balapan yg kudu fokus 40menitan…. tapi tetep menjalankan hobbynya…kerja hobby…hobby kerja….nikmat

    Guest
    • Karena test rider sudah ada bradl,yang setingan dia netral(jangan bahas stoner sebagai test rider,karena setingan dia gk ada yg bisa gunain),sedangkan karakter cal mendekati marc,dan lumayan sudah klop dengan rcv jadi lebih cocok jadi pembalap pengganti,tp berat banget karena harus siap menjadi pengganti 2 pembalap repsol honda,2 pembalap lcr honda,2 pembalap hrc wsbk,dan tentunya masih ada tuntutan posisi balapan..

      Guest
  4. Capek, 9 bulan keliling dunia dalam setahun. Dan si cal ini rider yg sayang family banget, jadi ga bisa lama lama ninggalin keluarga, karena dia tahu bahwa rindu itu berat. .

    Guest
  5. Semangat cal…
    Cuma yakin ini ninggalin honda, iya apapun hasilmu namamu pasti dihormati. Menyerah di tengah kontrak aja dihormati. Dihonda Jelas ada tawaran pekerjaan paska pensiun. Gaji ga ky tim sebelah pembalap utama komtrak aja dinego. Yang sudah sudah asal ga baper tes rider jg dipakai dihormati & diakui. Ga kaya sebelah, udah ga dipakai malah dikatakatain ga guna.
    Semoga ilmumu berguna membantu mereka..

    Guest
    • Karena kemenangan yang sudah banyak diperoleh adalah dengan jalan terhormat filosofi jalan sulit..

      Dan setelah kesalahan dengan pembalap Italia dahulu membuat team ini menghormati semua pembalapnya

      Guest
  6. Dan ada team yang tetap ingin menggunakan jasa mu sebagai pembalap pengganti dan di tolak Cal…

    Tetap dihargai meskipun pindah ke kompetitor karena dengan semakin adanya kompetisi team akan semakin kuat mencari solusi dalam pilihan jalan sulit

    Guest
  7. Ini artinya CC membuang kesempatan ngisi posisi MM tahun depan? Omaigot, bukannya motor itu yang pengen ia icip² tahun lalu?

    Guest
    • Cuma beda livery doang kan?
      Apalagi monster energy masih setia menggelayuti Cal,mana bisa coba coba naik Kratingdaeng

      Guest
    • Cuma pengen pake baju RHT, karena gengsinya beda. Secara cal ini statusnya sana dengan mm, hanya beda baju. Tapi rugi ngebuang monster, sponsor pribadinya.

      Guest
  8. Oh jd gitu ceritanya, jelas banget wak 👍.
    Klu di sebelah bilangnya cal di tendang hrc, heran demen amat buat judul provokatif😒.

    Guest
  9. Emang ceplosan cal tahun lalu bener ya.. bener2 niat pensiun jdi pembalap.. mungkin dibalik layar udah musyawarah sama mamah willow.. dan yg gw seneng cal keluar secara baik2 ga ada omongan yg ga aenak dri cal atau hrc.

    Guest
  10. Cal Crutchlow selama di HRC adalah development rider dan juga racing rider..
    Di job baru akan menjadi Test Rider dan development riderkah?
    Akankah pendapat Cal Crutchlow yang sudah dalam jangka waktu enam tahun mengendarai V engine motorcycle bisa merasakan feeling in line CP Crankshaft yang memiliki kekurangan di maximum power end (relatif lebih kecil vs V engine) dan akan menjadi inkonsisten bila power end ini dinaikkan (Vinales bilang torque dan power delivery yang liar)…

    Guest
    • Takutnya begitu, bagi cal power liar ngesot sana sini itu malah asik. Di Y nanti takutnya ngedumel ” nih motor kok lemot ya “

      Guest
  11. Pantes aja banyak pembalap yang belum nikah dan punya anak. Karna kaya Cal gini pikirannya terpecah antara anak dan istri. Ehhh tapi Niki Tuli pembalap MotoE umur masih awal 20an udah nikah tapi belum punya anak sih. Lagian si Niki juga pembalap rata-rata bukan alien. Kalo pembalap alien pada belum nikah.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.