TMCBLOG.com – Menyikapi teaser dari Yamaha Indonesia, ini lah perkiraan TMCBlog mengenai calon motor baru mereka yang akan dirilis pada tanggal 21 November 2020 nanti. Yang pertama, jika dilihat dari bentuk siluetnya maka siluet tersebut memang sangat mendekati dari bentuk Yamaha N-MAX series yang baru sob. Mika headlampnya, sebagian lekukan bodynya itu plek mirip . . .

Tapi kan varian NMax sudah ada dua varian saat ini, yakni varian standar Non-ABS yang dibanderol saat ini 29,75 juta Rupiah dan varian ABS Connected yang dibanderol 33,75 juta Rupiah. Yes, lalu kira-kira mau di-difersifikasi seperti apa lagi nih NMax? Kalau dibuat versi yang lebih enty level dari NMax standar sepertinya menurut TMCBlog akan banyak berbenturan dengan sesama produk Yamaha juga seperti Aerox 155 Connected contohnya. Lalu . . .

Perkiraan TMCBlog yang mungkin adalah ini merupakan varian yang lebih tinggi dari NMax ABS Connected atau diantara NMax ABS Connected. Tetapi kalau ada varian diatas NMax ABS Connected, mau diapain lagi kira-kira tambahannya? NMax ABS Connected itu udah lengkap banget fiturnya . . . Gak mungkin dibekali dengan Quick-shifter kan? Nah, makanya yang paling logis daripada ke-dua kemungkinan itu adalah varian NMax yang posisinya ditengah-tengah antara versi standar Non-ABS Non-Connected dan versi ABS Connected.

Paling gampang adalah bikin varian NMax Connected Non-ABS dengan harga diantara 29 – 33 jutaan. Mungkin di posisi harga 31,75 juta Rupiah, pas tuh tengah-tengahnya. Dan Ini jelas akan sejalan dengan campaign yang YIMM gunakan di New Aerox 155 dimana hadir  versi standar Non-ABS tapi tetap dengan fitur Connected dan versi tertinggi ABS Connected.

Sehingga nantinya NMax akan punya 3 varian buat dipilih. Kedepannya? Bisa jadi NMax yang akan kembali jadi dua versi ABS Connected dan Non-ABS Connected atau mungkin juga kedepannya Aerox yang akan ketambahan versi paling entry level yakni Non-ABS Non-Connected. Ah tapi kayaknya sih tanpa fitur Y-Connected merupakan hal yang hampir nggak mungkin deh karena Yamaha terlihat benar-benar serius sama Campaign ini .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

51 COMMENTS

  1. harusnya “connected” ini sudah wajib untuk semua motor. dan bukan sesuatu yang perlu di launch ulang.

    bisa cari motor yang hilang
    bisa tahu kondisi bensin
    bisa tau umur pemakaian oli mesin
    bisa tau waktu service berikutnya
    dll

    Guest
  2. Sepertinya memang cuma pengenalan saja kalau Nmax semua akan connected jadi bukan launching motor baru. Soal harga sepertinya akan naik sedikit hehhe…
    Tapi masih penasaran juga sama isu Lexy yg pake body Nmax dan berganti jadi nama LMax hahaha

    Guest
  3. Yang sangat menarik untuk dibahas Bro, apakah kira2 langkah Honda untuk melawan campain Connected ini!? Apakah mereka akah ngekor, gak ikutan sama sekali…atau malah membikin sesuatu yang lebih seperti misalnya membenamkan apple car play dan atau android auto selayaknya mobil???? Biasana Honda kan rada ogah ngekor Yamaha. Wkwkwk

    Guest
  4. Jadi versi standard connected. Non abs hilang.
    Mungkin persiapan hadapi new pcx dg cc lebih besar. Masalah new nmax adalah: kecepatannya kalah dg versi lama.
    Atau versi hybrid dg harga 40jt

    Guest
  5. Lebih mantap klo versi keyless. Lebih bermanfaat dan tentunya lebih terlihat menonjol drpd connected. Kenapa ga bikin versi keyless ya? Jgn sampe nanti kompetitor hampir keyless semua dan jadi point unggul, Ymh telat melakukannya seperti yg sudah2. Entahlah mungkin Ymh punya sesorang visioner yg lebih tahu trend kedepannya seperti apa.

    Guest
  6. menurut saya malah lebih berguna absnya daripada conectednya wak
    jadi kalau dihilangkan ya conectednya saja!
    kebetulan punya nmax abs conected dan conectednya jarang dipakai!

    Guest
  7. Klo perkiraan saya yg pertama nmax hybrid, trus bisa juga nmax standar connected, bisa juga nmax livery monster energy dan petronas kemungkinan kecil terakhir nmax stang telanjang croosover. Mari kita tebak tebakan.

    Guest
  8. Lebih penting keyless baik abs/non-abs, bagi gw y-conn dg fitur didalamnya yg ada saat ini masih blm penting2 amat, [1] indikator telpon, sms, email yg cuma kedip banyak yg terabaikan, [2] pengingat service dan lokasi bengkel ada di aplikasi myYM uda cukup, notif oli dan batrey ada di speedo uda cukup (kalo gini aja nunggu di notif fix anda orang males rawat motor, kalo sayang motor pasti paham motornya tanpa notof oil aplg batrey), [3] lokasi parkir? lebih baik answear back, [4] analisa konsumsi bbm? gak penting ini cuma gimik, kalo mau irit pake pcx, nmax mentok 54kpl pcx bisa 59kpl dg rute sama orang yg sama, nyaman juga nyaman pcx kalo dibanding new nmax.

    Ketahuilah B6H adalah “awal mio menghadapi adanya beat, puncaknya vixion menghadapi new cb150”, boleh percaya boleh gak, silahkan juga dibuly, btw tebakan gw Mir juara dunia ternyata benar loh pas awal all yamaha podium di Jerez

    Guest
    • Nah, setuju banget dengan poin-poin yang om sebutkan ini.

      Btw, saya mau curcol dikit perkara Y-Connect. Ada satu komentator diatas yang bilang bahwa Y-Connect itu perlu, buat mengatasi curanmor.
      Nah, begini. Ini betul-betul kebetulan banget kemarin lusa ada sepupu ipar (yakali ada sepupu ipar, wkwk) datang kerumah buat silaturahim, dia user new NMax ABS. Karena saya penasaran dengan Y-Connect ini, ya saya pinjamlah hingga hari ini buat ujicoba. Kalau motornya wow, enak, but that’s beside the point.
      Perkara fitur posisi terakhir GPS, ya fyi aja, Y-Connect itu bukan modul yang secara real-time memantau posisi motor, bukan. Dia itu lebih seperti interface yang saling memberi feedback kepada ponsel pengguna, dan antara interface ini, dia depend pada koneksi bluetooth. Ketika motor mati, dia mengirim sinyal kepada ponsel untuk memarking posisi motor saat itu juga. Jadi ya misalnya, di skenario dimana motor dicuri oleh curanmor, ya ludeslah itu motor karena gak mungkin si modul Y-Connect bisa mengirim info lokasi kepada ponsel si pengguna tanpa adanya koneksi bluetooth.
      Kalaupun ya, semisal Y-Connect ini mau diberi fungsi GPS real-time dan koneksi jarak jauh dengan ponsel si pengguna, tentu imbasnya ke aki. Dulu saya pernah ujicoba pasang modul GPS buat motor saya, ampun dah 2-3 hari saja aki itu drop ke 11 sekian V. Boros bener.

      Dan seperti sebuah opini yang saya jabarkan di blog sebelah, Y-Connect itu gimmick, bahkan bisa menjadi distraksi buat si pengendara karena adanya indikator2 telpon dan sms itu. Bagaimanapun fokus pengendara itu mutlak harus berada di jalan raya, bukan terbagi apalagi terpaku pada layar speedometer.

      Menurut pendapat saya, semestinya YIMM itu menghadirkan NMax versi keyless, namun non-ABS, non-Y-Connect. Varian seperti inilah yang sepertinya bakal memberi value yang tinggi buat melawan kompetitor, bukannya nambah2in fitur2 konek2 yang tergolong useless gimmick dan malah nambah harga signifikan.

      Guest
  9. Cukup 2 varian saja (semuanya connected). Yg membedakannya abs dan non abs saja.

    Mungkin juga lexi dg headlamp mirip nmax karena di keluarga maxi, tinggal lexi yg belum dapat update atau malah xmax yg akan rilis.

    Guest
  10. Seandainya fitur conected di Aerox bisa dituker paket rear disk brake itu lebih worth, conected sebatas bluetooth itu bullshit bayangkan cuma 9meteran … coba wifi yg jangkauannya lebih jauh dan file transfer ratenya lebih besar… kan bisa masang CCTV

    Guest
  11. Intinya kami penginnya versi keyless, non ABS, non Connected, no Traction Control. Harga 30-31jt OTR Jakarta no problem sih

    Guest
  12. mungkin NmaX versi 125 CC, rem belakang tromol… hehehe…
    kalau menurut saya, yang paling penting anti maling atau sistem keyless/imobilizer saat ini lebih utama..

    Guest
  13. Nmax keyless, immobilizer, non y connect, non abs. Malah kalo bisa itu 2 fitur terakhir diganti aja sama tyre pressure monitor di speedometer.

    Ditambah aerox kudu rdb.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.