TMCBLOG.com – Secara umum, walaupun tidak dituliskan, Crutchlow masuk ke Yamaha tahun depan artinya ia menggantikan Jorge Lorenzo.  Nah persis setelah Cal Crutchlow dan Yamaha mengumumkan bahwa dirinya akan bekerja dengan Yamaha sebagai test rider di musim MotoGP 2021, ada fans yang menanyakan pendapat juara dunia 5 kali tersebut mengenai keputusan Yamaha ini dengan pertanyaan : Yamaha tidak menggunakan Anda -seorang juara dunia lima kali- untuk (dimaksimalkan demi) keuntungan mereka. Seperti pencari emas tetapi mengabaikannya (emas) untuk mencari batu bara.”

Dan Jawaban Jorge kala itu adalah “Benar. Ini seperti menukar emas dengan perunggu.TMCBlog sendiri kala tweet dari Jorge Lorenzo dikatakan langsung beropini kepada beberapa teman-teman yang sempat nge-tag ke akun twitter kami di @motoupdate bahwa “Menurut saya agak kurang bijak juga dalam pemilihan kosakata dalam captionnya. Karena bisa saja ada yang mengartikan bahwa kelas Cal Crutchlow adalah kelas bronze dan kelas coal . . Sure he is truly a Champion, but this is not nice.

Dan ternyata hal itu tidak berhenti sampai sana. Ketika media debrief Zoom, Cal Crutchlow diminta pendapatnya juga mengenai apa yang dituliskan oleh Jorge ini. Dan Cal yang terkenal blak blak-an itu menanggapi . .

“Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan kepadanya, Saya sangat menghormatinya sebagai pembalap dan sebagai juara dunia lima kali – dia akan sering memberi tahu Anda bahwa dia adalah juara dunia lima kali!

“Dia sangat spesial di atas motor. Tapi itu tidak berarti dia adalah pembalap tes yang hebat. Saya pikir Anda harus ‘mengunyah’ beberapa hal yang ia katakan dengan Skeptis (tidak menafsirkan sesuatu secara harfiah) , dan saya yakin itu lebih memengaruhinya daripada saya. Saya ‘mengunyah-ngunyahnya’ dengan ‘skeptis’ karena hal itu berasal dari seseorang yang terus berkeliling memberi tahu orang-orang sepanjang waktu (bahwa Ia adalah juara dunia 5 kali).

“Pada akhirnya, hal ini tidak melukai saya. Saya senang ada yang harus saya lakukan ( ke depan) , keluarga, teman baik, dan tentu saja (sementara itu), dia (akan) bosan di rumah. “

Oh ya pada akhirnya Jorge Lorenzo juga sempat sedikit menyentil Yamaha. Hal ini terlihat ketika Fabio Quartararo mengomentari hadirnya Cal Crutchlow dengan mengatakan “Akan sangat menyenangkan memiliki, seperti semua pabrikan lain, pengendara yang benar-benar ingin membalap ” dan ketika itu juga Jorge merespon dengan kata kata “Pada posisi Fabio, biar lebih dekat dengan kenyataan, saya akan berkata: ‘Senang rasanya memiliki pembalap penguji dimana mereka (Yamaha) benar-benar membiarkannya (melakukan pengetesan).’

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

79 COMMENTS

  1. Well,
    1. Yg bilang JL jurdun 5 kali bukan Lorenzo.
    2. Kalo CC bebas berpendapat, Lorenzo juga bebas berpendapat
    3. CC pilihan terbaik buat Yamaha, yg satu dah bosan balapan, yg satu gak kuat bayar mahal

    Guest
    • Lord menulis di bio Twitter nya: 5x motogp world champion. Jadi memang dia yang mengumumkan hal ini. Sedangkan Mamakes & mir sesama sembalap Spanyol juara, cuma nulis: motogp rider.

      Guest
    • Terus kalo dia makan gaji buta, urusan sama loe itu apa? Duit bukan dari eloe kok sewot nih orang? Hidup jangan dipenuhi oleh iri dengki nak. Sifat kau ini jelek sekali. Udah sering kau ini dikasari orang, masih juga belum berubah. Didunia nyata kalau cara bergaulmu seperti ini, kecil kemungkinan umurmu panjang. Kalo disumatera, orang seperti kau ini sudah pasti dikarungi, dibuang ke sungai.

      Guest
  2. Biarkan saja ini kesalahan JL99, ngapain pindah ke honda lalu cedera kan trus jd test rider malah liburan keliling dunia dan gak pernah latihan supermoto dll. Saat test dgn M1 disepang dan portimao akhirnya kemampuannya menurun termasuk responnya. You make it happen jorge.

    Guest
    • Tul JL dah disuruh balik ke yamaha malah pindah ke honda hingga cedera. Trus ditendang oleh honda baru ke yamaha jd tes rider. Mgkn yamaha ksi efek jera ke JL.

      Guest
      • Koq ditendang sama honda, gimana ceritanya? Bukannya doi yg mutusin pensiun terus menerima tawaran dari yamaha sebagai test rider? SItu bikin berita beginian aja dibikin hoax

        Guest
    • Setuju sih
      Memang kondisinya juga lagi begini
      Ibarat pegawai pabrik status kontrak yabg dikeluarkan oleh pabriknya krn krisis ekonomi

      Tidak menutup mata sih perekonomian dunia juga lagi down, alasan yabg paling pas adalah ekonomi

      Guest
  3. Ini ceritanya gimana sih antara jl dan yamaha?
    Ada yg bilang jl kurang dikasih ksemepatan?
    Tapi pas test di portimao,,jl pace nya jelek sekali padahal make motor 2019..
    Bisa beda 4 detik kalo ga salah..
    Emang jl nya dah jelek atau yamaha ga kasih kesempatan?
    Tahun 2020 yamaha sangat melewatkan kesempatan untuk mendapatkan input dari test ridernya..

    Guest
    • saya rasa JL uda jauh berkurang feelingnya, mgkn kebanyakan liburan n kurang latihan pribadi utk jaga feeling thd motor hnya krn pede dia juara dunia 5x, Y pilih CC krn season skrg masih aktif balap n tentu harga lebih terjangkau drpd si jurdun 5x

      Guest
  4. benar semua angkat topi buat Jorge lorenzo juara dunia tp performanya belum cepat kembali butuh waktu
    M1 sekarang butuh cepat test rider yg strong secara time sheet juga krn kompetitor juga udah cepat2
    Lorenzo juga bisa dijadikan test rider 2 dan atau ambasaddor…

    Guest
  5. Mungkin ga harus rider cempiyen tuk jadi test rider yg sukses.. selain lebih hemat juga secara badjet.

    Suzuki punya test rider Sylvain yg prestasinya biasa aja di kelas motogp (mohon koreksi kl salah) dan Takuya Tsuda yg mungkin banyak orang ga kenal, tapi perkembangan GSXRR lumayan bagus..
    👍👍

    Guest
    • Guintoli juara WSBK 2014 + terakhir kali balap (WSBK 2017 breng Geng ijo).2019 doi msh ikut Suzuka 8H (finis 5).Dan skrang masih rajin latihan + turun track day & bikin channel YouTube (ngasih penjelasan yg benar,enak,simple,& recomended buat beginner buat track day ataupun mau jd pembalap).Coba aja cek channel YouTubenya (bukan promosi lho ya)

      Guest
  6. Paduka gak dijadiin rider pengganti atau apa gitu kayak Kallio (karena Pedrosa yg jadi test rider) atau kayak Crutchlow yg ditawari tim sayap sengkleh

    Tapi Pace nya perbaiki dulu!,duh
    Kalo modal pamer rentetan juara dunia Mbah ago dan Mbah Doohan juga bisa kali,

    Guest
  7. Kalo dari komentar 2 pembalap yamama antara rossi dan taro, cuma rossi doang komentarnya yg masuk akal.
    taro : test rider kami tidak memberikan input yang baik (yailah org lorenzo disuruh test juga kagak sama yamama tong 🤦‍♂️)

    rossi : yamama kurang serius memanfaatkan lorenzo sebagai test rider, sehingga lorenzo kurang memberikan input kepada motor kami.

    Memang antara kontrak lorenzo dan yamama kontraknya habis tp ada sesuatu konflik.
    Jadi sebenernya memang yamama yg tidak menyuruh lorenzo ngetest motor atau lorenzo disuruh test gamau ?

    Guest
      • Sya lebih ragu dgn spek m1 yg dipake lorenjo d portimao spertiny bukan benar2 m1 race spek. Dan spertiny lorenjo tidak benar2 dipakai ymha untuk mengembangkan motorny.
        Keraguan ini muncul krna sblumny bagaimna bisa sekelas ymha bisa pangling memilih klep ketika musim mau bergulir dan memakai klep dri vendor yg baru d seri pertama pdhal test rider mereka tidak ada melakukan testing yg artiny pkai klep dri pemasok yg baru tanpa di test langsung d sikuit

        Guest
  8. test RIDER berbeda dengan pembalap buat race.

    menurut saya ada agenda yamaha lbh milih cal, dia mantan dari honda, mungkin yamaha ingin mengambil apa yg dipunya honda utk bisa disematkan di yamaha.
    yang mana yamah lelet di topspeed dan tidak konsisten di circuit

    Guest
  9. take it with a pich of salt itu kyaknya kiasan wak, mgkin tdk harus diartikan secara harfiah, mengunyah dengan garam 🙂

    Guest
    • Kok mulai?
      Bukannya sudah lama seperti itu?
      Ada yang frontal dan ada yang halus.

      Ntar waktu di reply, komentar reply nya ilang 🤭🤭🤭

      Guest
    • Hilih…. Gonta-ganti nick puluhan kali dalam sebulan….

      Sekedar bisa komen… Kayak HARUS gituu bisa komentar… gak komen gak gajian… Wkwkwkwk ngakak

      Guest
  10. Yaa mungkin yamaha berpikir mereka sudah membuat motor yang bisa digunakan untuk mayoritas pembalap, tapi tidak cukup cepat dan belum konsisten dalam semua keadaan, walaupun terkesan susah dikendarai, CC pun mengakui potensi besar Honda untuk dibawa cepat di semua sirkuit, pengalaman ini yang mungkin dibutuhin Yamaha

    Guest
  11. Makjleb banget respon curut terhadap komen lord jorge. Ibarat kata lord cari kerjaan dengan cara koar2 kemana2 dengan kata2 yang sama “i am five times world champions”.

    Yamaha kayanya perlu ngejelasin nih kenapa jorge ga banyak bawa m1 di 2020 ini. Apa gara2 ga punya kapabilitas nyediain motor m1 untuk di tes, apa gara2 covid nih?

    Guest
  12. Tidak seperti pebalap/ex pebalap lain, Jorge kok kyknya emg ga begitu ada hasrat mempertahankan stamina, pace, insting atau apalah atribut seorang atlet atau dalam hal ini test rider yg dibutuhkan.
    Mungkin ini jadi pertimbangan Iwata di luar alasan logistic dan pembekuan pengembangan mesin baru untuk musim depan.

    Ironi. Jika mesin tidak bisa diotak atik, M1 lebih butuh seorang Jorge dan Vale yg lebih mengenal bentuk asli karakter M1 saat jaya dulu.
    Alih-alih dengerin orang baru macam Maverick yg nuntut asal kenceng aja.
    Bukankah saat Vale diberi 3 opsi jenis mesin pada awal 2004 lalu justru dia milih yg paling kalem? And booms! The rest is history.

    Guest
  13. Cal Crutchlow tidak pernah podium dengan M1 tetapi ada tiga kali (kalau tidak salah) podium dengan RC213V..

    Jorge Lorenzo sering podium dengan M1 dan pernah podium dengan Ducati (Ducati yang lebih bersahabat vs Ducati jaman Carl Crutchlow) tapi tidak bisa menghandle RC213V

    Keduanya bisa gold dan bisa juga bronze…

    Tergantung melihat dari sudut pandang bagaimana

    Guest
    • Cerdas… Tergantung cara sudut pandang masing-masing…

      Mau dikatain gimana marquez gak pindah pabrikan… Tapi belom ada yang jurdun dengan rcv ori setelah stoner…

      itu orang hebat nyuruh-nyuruh marquez pindah (gitu ibarat perkataan marquez)

      Justru lorenzo sebagai bukti juara dunia 5x pun seperti Newbie kelas tarkam ketika nyemplak rcv ori…

      Dan Alex marquez buktikan dirinya mampu handle rcv ori dengan 2x podium 2… Sebagai Rookie

      Guest
  14. Lorenz0 bukan manusia pertama yang diperlakukan tidak senonoh oleh Yamano… Sebelumnya ada F0l93r yang statusnya di gantung hingga F0l93r kehilangan kontrak balap dengan tim moto2, karena yamano inginnya doi fokusnya ke yamano.. Ehh tua-tua gak kontak……

    Yamano sebagai Pelarian cal crutchlow aja keliatan nya…

    Guest
  15. mungkin salahnya Yamaha. Tapi Lorenzo bilang begitu; menukar emas dengan perunggu? wow. itu udah melevelkan dirinya dnegan Crutchlow. gw dukung Carl dalam hal ini,

    Guest
  16. Yamano gak percaya sama lorenzo titik

    Karena ada niatan lorenzo 2020 pindah pabrikan untuk race MotoGP… (Jasa test rider yang notabene tahu dapur jeroan masa depan pengembangan motor bisa bocor-bocor-bocorrr💦)

    Gitu awal mula ceritanya, kenapa lorenzo gak dimaksimalkan yamano 🔥

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.