TMCBLOG.com – Sama seperti mayoritas motor baru MY2021, secara umum untuk model year 2021, Ducati merombak seri Panigale V4 series sehingga mereka semua bisa lolos regulasi emisi Euro 5. Namun begitu ada satu varian baru yang diperkenalkan pada akhir 2020 ini sebagai model terbaru tahun 2021 yakni Ducati Panigale V4 SP. Penggunaan titel ‘SP’ sendiri sebenarnya sudah dimulai dari lama untuk varian motor-motor Ducati catatlah seperti misalnya seri Ducati 851 dan 888 serta 916 SP yang legendaris.

Dan titel SP ini selalu identik dengan keinginan kelas atas, flagship, dan premium. Dari cat unik hingga velg serat karbon cukup menunjukan bahwa Panigale V4 SP ini adalah superbike yang ditujukan untuk pengendara yang seakan ingin semua orang tahu bahwa mereka belum puas dengan versi level pemula Panigale V4 atau bahkan Panigale V4 S. Warna hitam yang dipakai terinspirasi dari warna ‘winter test’ yang biasa digunakan oleh tim MotoGP dan WSBK Ducati.

Jadi, apa diperoleh dari Panigale V4 SP ini? Di dalam fairing hitam terdapat mesin 1103cc yang sesuai dengan Euro5. Mesin yang sama dengan yang digunakan di Panigale V4 dan V4 S, dengan karakter performa Power Maksimum 214hp pada 13.000rpm dan torsi Maksimum 91.5lbft pada 9.500rpm, dan sasis juga sama dengan versi yang lebih murah. Namun, sebagai pembeda pertama, konsumennya akan mendapatkan tangki bahan bakar alumunium alloy yang sama dengan yang digunakan pada model ‘R’ dan, juga velg dan Aero winglet dari serat karbon.

Velgnya 1,4kg lebih ringan dari velg model tempa (forged) V4 S dan 3,4kg lebih ringan dari velg alloy Panigale V4. Pastinya dari sudut pandang unsprung mass, efeknya seharusnya jauh lebih besar daripada yang diperkirakan. Namun ada yang sedikit mengherankan dimana secara keseluruhan V4 SP hanya lebih ringan 1kg dari Panigale V4 S normal dengan berat 173kg.

Tidak seperti model Panigale V4 , V4 SP ini sudah memperoleh Dry Clutch – yang menurut Ducati bekerja lebih baik di trek dan membantu memastikan oli mesin tetap bersih – dan rantai 520 yang lebih ringan. V4 SP juga dilengkapi footpeg yang dapat disesuaikan dari Rizoma dan dilengkapi dengan penutup untuk lubang yang tersisa saat Anda melepas spion dan pelat nomor untuk acara trackday. Datalogger berbasis GPS Ducati juga merupakan standar untuk membantu mengevaluasi laptime.

Berbicara tentang laptime, Ducati memperhitungkan torsi mid-range yang menonjol dari mesin 1103cc yang lebih besar dari Panigale V4 R  998cc, dipadukan dengan velg karbon yang ringan, membuatnya lebih mudah untuk berkendara lebih cepat dibandingkan V4R

Mengenai sistem pengereman, Panigale V4 SP menggunakan kaliper Brembo Stylema R sesuai dengan sifat high-end V4 SP, dan dipasangkan dengan master silinder yang cocok serta menyertakan pengatur tuas jarak jauh sehingga kita dapat dapat megatur jarak tuas/lever dengan cepat dan bahkan ketika sedang riding.

Suspensinya pada dasarnya sama dengan V4 S, dengan suspensi depan Ohlins NIX-30 dan monoshock TTX36, ditambah dengan steering damper Ohlins dan semuanya diawasi oleh sistem kontrol elektronik Ohlins Smart EC 2.0. Panigale V4 SP juga dipenuhi dengan elektronik termasuk ABS saat menikung (cornering ABS), traction control, drift control, wheelie control, launch control, Engine Brake Control, dan quickshifter. . . Pasti kalian tanya, ini motor bisa diajak irit sampai seberapa banyak? Jawaban resmi Ducati adalah 13,16 km/liter.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

34 COMMENTS

  1. Naek montor balap pastinya pgn gaspol terus, kecuali mo parkir atau masuk garasi.
    Tapi klaim 13, kpl..?? Ga salah tuh.. Setara apansa yg lebih berat, PWR nya kacau tp masi bisa buat “balap”
    Ekekeke

    Guest
  2. Kalo dipake harian masih lebih enak tipe selain V4R, seting mesinnya race only, torsi bawah tengah justru lebih kalem V4R, atasnya baru ngejambak, cocoknya buat jalan besar

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.