TMCBLOG.com – Awalnya, Marc Marquez berasumsi bahwa pada akhir Oktober lengan kanannya sudah pulih, namun ternyata pemulihan pasca operasi kedua memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan, Ia masih tidak mengizinkannya naik sepeda motor dan melaju pada kecepatan 300 km/jam di MotoGP seperti pada perkiraan semua orang sekitar GP Valencia. Via kantor berita EL PAรS, pembalap Spanyol ini telah memberikan batas waktu kepada dirinya sendiri untuk memutuskan apakah ia akan melakukan operasi kembali pada tanggal 1 Desember.

Jika benar dilakukan maka operasi ini akan menjadi operasi ketiga yang dibutuhkan pembalap Honda itu setelah plat penstabil tulang humerus pada lengan kanannya rusak dua minggu setelah menjalani operasi untuk pertama kalinya.

Fraktur (keretakan) kedua mempengaruhi lamanya pemulihan lengan kanannya sedemikian rupa sehingga dokter yang merawatnya dan Marc sendiri – setelah berkonsultasi dengan ahli ortopedi lain di Austria dan Amerika Serikat akan memutuskan dalam seminggu ke depan apakah akan naik ke meja operasi lagi. Marc Marquez akan memutuskan akan menjalani operasi lagi di awal Desember 2020 , jika menurut para spesialis medis mengamati bahwa tulang tidak menyambung setelah perawatan yang ia jalani saat ini.

Para ahli memperkirakan bahwa intervensi ketiga jika dilakukan akan menggunakan metoda transplantasi dan penggunaan sumsum tulang belakang untuk mempercepat pemulihan/penyambungan tulang. Namun ada harga yang harus dibayar yakni diperkirakan akan memperpanjang tenggat waktu untuk kembali ke track. Penghitungan akan di-reset kembali ke nol dan jika dihitung dengan rata-rata penyembuhan jenis transplantasi seperti ini, Marc diperkirakan akan menghadapi kerugian sekitar enam bulan lagi terhitung semenjak ia operasi ketiga kalinya nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

119 COMMENTS

    • Ya gara2 ke-egoisan Marc sendiri juga sih, pengen cepet2 tampil di balap selanjutnya, alhasil tanganya bengkak, trus pake ngangkat2 jendela segala pas dirumah… coba aja kalo bisa lebih sabar dan ikutin saran dokter sampe bener2 pulih…

      Guest
      • Udh dari Jerez wkt dia terpelanting itu kelihatan balapan grasa grusu / keburu2. Motornya bbrp kali slide. Kyk tkt bgt sama performa 2 Yamaha di awal race yakni Quartararo n Vinales yg ngacir di sesi latihan dan balap. Pdhl di pertengahan hingga akhr, kedua pembalap ini ga bertaji. Kan sayang bgt klo balapan grasa-grusu gtu sampe hrs cedera.

        Guest
        • Sepertinya ke-alien-an marc sudah diluar batas/habis/run out. Yang keluar dan dipertontonkan adalah ketidaksehatan aqal.
          Bisa jadi sebutan “alien” itu sendiri yang mencelakainya (yang kasih sebutan kudu bertanggung jawab)
          Ataukah bisa pula setelah sembuh n pulih and come back to the level he knows, beliau bukan lagi “baby alien” but beliau would have grown as an “adult alien”. Which is much much more fierce, much stronger than ever.

          Guest
    • Lha katanya dulu emang Bradl sempet cedera bagian telapak tangannya, bukan (?)
      Kayanya sih jam terbang jadi lebih panjang. Tangannya gak kuat nahan beban terutama pas deselerasi.
      Ngerih emang risikonya jadi pembalap.

      Guest
      • seiring dengan waktu sepertinya akan kembali seperti semula, tp ya itu, panjang prosesnya.. sekarang Bradl udah bisa berkompetisi lebih bagus walo statusnya masih test rider..

        Guest
    • jgn2 gitu lho..dibelakang smua ini bisa jadi Dovi udh deal2an..itu masuk akal kalo jd alasan knpa dia melewatkan seat permanen Aprilia

      Guest
    • Boleh jg kan potong gaji markus, buat gaji dovi 1/6nya dr total setaon. Gak nolak pasti dovi, dengan dendamnya ke ducduc.

      Guest
    • Claudio Costa menilai bahwa Marc Marquez akan mampu tampil lebih kuat dari sebelumnya saat dia comeback dan benar-benar bisa beraksi lagi di lintasan.

      “Dari kesulitan ini, Marc Marquez akan bangkit lebih kuat dari sebelumnya dan saya mengatakan ini dari pengalaman saya langsung,” kata Claudio Costa, dilansir BolaSport.com dari PaddockGP

      Guest
  1. It’s much more than just “nge-poor”, masbro.

    Anw, lekas sembuh Marc. Tenang aja semua ditanggung Allianz yg jadi sponsormu ๐Ÿ™‚

    Guest
  2. Ternyata dr ortopedi Amerika masih lebih bagus dari Spanyol ya. Gw kira Spanyol paling bagus, scara setiap rider patah tulang hasilnya bagus dan beberapa minggu kemudian bisa langsung balap. Marc masih konsul ke dr Amerika katanya.

    Semoga cepat sembuh Marc. Udah ga ada rider Alien soalnya Vale udah mau pensiun.

    Guest
  3. aduh itu jahitan tangan nya panjang bgt ya yg bekas operasi, ngeri bgt liatnya..buat para FB udah stop lah jelek”in para pembalap, mereka balapan tarohan jiwa raga, hargain lah…GWS marc

    Guest
    • Klo patah nya gak sampe lepas (loose) mungkin plat nya tidak panjang segitu. Makin panjang plat makin kuat, risikonya kulit makin panjang yang disobek, otot makin panjang yang disibak.

      Guest
  4. Kalau pensiun gue pengen Marq jadi test rider Yamaha dengan beberapa kali dapat Wild card. Gue penasaran marq naik mesin inline

    Guest
  5. Berarti bukan otot/syaraf yg bermasalah? Seperti yg dikatakan banyak komenters tapi tulang yg belum tersambung sempurna

    Iya sih,kan katanya mau ambil sumsum dr panggul/backbone nya

    GWS mas Marquez

    Guest
    • Trus nanti kalo yg diambil dari sumsum panggulnya. Apa ga bermasalah ya di panggulnya kan dia balap dengan kecepatan yg sangat tinggi dan sering latihan beban yg berat.

      Benar-benar resiko berat jadi pembalap. Semua roda 2 lah resikonya lebih besar dari roda 4. Makanya gw lebih suka nonton balap motor daripada balap mobil.

      Jangan lagi netizen ngata-ngatain Marc, kasian dia mempertaruhkan nyawa buat menghibur kita.

      Guest
    • Betul Rins sebenarnya cepat tapi klo kelamaan kaya hilang fokus trus tau2 melebar sendiri. Dlm hal ini Morbi atau Mir lebih disiplin & konsisten menjaga fokus race line nya.
      Oliviera pun bagus tapi sayangya tidak di semua sirkuit.

      Guest
  6. Keberuntungan sebelumnya dan kini sangat tidak beruntung selama dua musim. Tapi ya tetep untung digaji gede seh. Mgkn MM bkl mirip Jl99,setelah jurdun kini karir mentok segitu. MM mgkn jg begitu juga rossi yg hanya sampe 9x jurdun. Tp rekor rossi sulit pembalap lain salip kedepan. Secara persaingan merata dengan kecanggihan elektronik yang bisa disetup sesuai karakter sirkuit,ban dan motor.

    Guest
    • Betul sekali, MM pun kalau balik balap anggap ditahun 2022 tidak akan bisa fullpower balapan karena bisa pengaruhi mental mirip JL99 waktu sblm cedera parah. Semua ada masanya,juara akan sllu berganti, pembalap muda akan hadir dan terus begitu.

      Guest
      • Bisa jadi, tapi mental champion kalau mau juara dunia gaperlu juara seri terus2an. Istilahnya ga perlu barbar, main di late game ajaaaa. Atau barbar tapi ngotak! Lagian marques & tim terkenal kekompakannya. Kalopun skillnya gak balik 100% tapi Gw yakin, mental marques lebih punya peran nantinya.

        Guest
  7. Ngepoor..tak ada istilah ngepoor. Stoner, JL jg bs blg ngepoor. G ush fanatik pd pembalap ato merk. Kecuali pemilik saham.

    Guest
  8. baik buat dovi maksudnya? jangan jangan ini yang bikin dia nolak aprilia, dovi mengincar “lobster” bumbu kunyit kayak zarco tahun lalu

    Guest
    • Enak jg ya jadi pembalap top, semua metode akan diberikan. Sekedar informasi “transplantasi dan penggunaan sumsum tulang belakang” itu tidak serta merta sumsum diambil lalu dimasukin. Dalam dunia medis itu namanya stem cell / sel punca. Sel akan diambil dari sumsum tukang belakang, dikembangkan biakan & disuntikan lg kebagian yg diperlukan. Sel punca ini sel yg mentah dg amat mudah meregenerisasi menjadi sel lain. Ibarat ada luka dikasih cek punca nanti cellnya akan membentuk menutup & menjadi bagian organ yg luka. CMIIW

      Guest
    • Enak jg ya jadi pembalap top, semua metode akan diberikan. Sekedar informasi “transplantasi dan penggunaan sumsum tulang belakang” itu tidak serta merta sumsum diambil lalu dimasukin. Dalam dunia medis itu namanya stem cell / sel punca.

      Guest
      • Sel akan diambil dari sumsum tukang belakang, dikembangkan biakan & disuntikan lg kebagian yg diperlukan. Sel punca ini sel yg mentah dg amat mudah meregenerisasi menjadi sel lain. Ibarat ada luka dikasih cek punca nanti cellnya akan membentuk menutup & menjadi bagian organ yg luka. CMIIW

        Guest
      • setahu ane stem cell belum dipakai untuk umum deh masi research aja karena belum tahu efek samping setelah bertahun2 nya gimana.

        kalo transplan sum2 memang uda umum

        Guest
  9. Saya malah penasaran sama kondisi cidera pecco.
    Selepas kesenggol mir dia masuk pit dan pas disorot kamera wajahnya tampak kesakitan sekali sambil megang bahu.
    Cuma ko adem ayem aja nih ๐Ÿ˜…
    Apa karena yg nyenggol mir ? Kalo yg nyenggol marquez atau rossi pasti rame wkwk

    Guest
  10. Iya sombong amat bilang ngepoor, orang cidera ko ngepoor, kalo ngepoor ya harusnya sehat tp ndak ikut balapan, doakan aja cepat sembuh

    Guest
  11. Akibat sok jago baru operasi turun latihan alhasil tangan copot gak nyambung2. Loe cuma manusia biasa jadi jgn belagu. Sekarang loe nyesel kan operasi lagi terus kalo jatoh lagi wassalam

    Guest
  12. mending vakum aja dulu..
    saya jg prnah patah tulang, fraktur femur intertrochanter.. butuh waktu 3 bulan untuk nyambung kembali tulangnya..
    disini kasus Marc sepertinya tulangnya Malunion, mau ga mau ya Bonegraft/cangkok tulang utk merangsang pertumbuhan Callus baru,,
    hhm, knapa ga pakai pen model intramedullar ya, yg tanam dlam tulang itu, scara lebih kuat utk menopang tulang.. klo model pen tempel kaya gitu riskan utk aktifitas, apalagi dituntut utk race lagi,, ga masuk akal sih..

    Guest
  13. Akibat ke egoisan diri sendiri, baru seminggu patah tulang maksa turun balapan latihan ini itu, jadi inget kata stoner

    Guest
  14. Setelah pulih nanti bakal tampil lebih kuat?
    Saya sih kurang yakin..
    Justru trauma secara psikologis yg mungkin bakal timbul..
    Bejek gas๐Ÿ‘‰kebayang crash..๐Ÿ‘‰kebayang tulang prothol.. ๐Ÿ˜ฃ

    Guest
  15. Kayaknya nakagami ini terlalu goodboy sampai demam panggung gitu ya, dia perlu sedikit menjadi โ€œJokerโ€ kali ya??

    Guest
  16. Marc 2022 tetep akan jadi alien..
    Saat kondisinya 100%, dia cukup pegang motor 6 bulan aja, instingnya bakal balik

    Zlatan di usia 39 aja masih mengerikan, saya rasa Marquez juga begitu

    Guest
  17. Lebih parah dari yang gw kira. Tapi cedera pemain bola kayaknya lebih parah. cedera ACL aja bisa bikin pemain bola menepi semusim lho. Ini gegara ngeyel doang sih harus dibayar pake operasi ketiga dan kemungkinan tidak turun balap 6 bulan. Padahal kekuatan otot dan fisik itu andalan dia.

    Guest
    • Bner juga bro..dlu di liga inggris siapa itu pemain item ada yg patah bneran betisnya sampe kewer2 diangkat..tp bisa main lagi stelah oprasi..pdhal kaki jdi tumpuan segala2 kalo main bola..

      Guest
  18. Rossi, Ibrahimovic, CR7, Marquez, tipikal manusia berfisik dan bermental prima..

    Marquez masih akan race sampe usia 40 tahun

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.