TMCBLOG.com – Via akun facebook motomaniaci, hadir kembali foto motor yang sedang ditest endurance di jalan raya. Motor tersebut ditengarai merupakan next generation dari Superbike Aprilia RSV4. Dari foto yang beredar tersebut, apa saja perkiraan perubahannya?

Secara umum dari foto Aprilia RSV4 versi SPBU tersebut terlihat hadir kombinasi antara part baru dan part yang sudah hadir di current model Aprilia RSV4. secara bentuk fisik main frame dan mesin diperkirakan akan sama dengan Aprilia RSV-4, namun secara jeroan mesin belum tahu juga, perubahan bisa saja hadir di jeroan mesin karena secara umum kendaraan di 2021 harus lolos uji regulasi emisi Euro 5. Kita lihat juga ada detail dual pipe di pipa knalpotnya menuju muffler/silencer yang diperkirakan masih menggunakan vendor Akrapovic.

Dalam foto tersebut dan beberapa foto lain yang terlihat bentuk depannya, sepertinya Aprilia RSV4 MY 2021 akan menyerupai bentuk tampilan depan yang sama dengan Aprilia RS660. Dan dari foto-foto ini juga terlihat bahwa tidak terlihat lagi hadirnya Aero-winglet yang terekspos di luar fairing seperti yang hadir di current model RSV4. Entah Aprilia menghilangkan kembali part penghasil downforce ini ataukah memindahkan posisinya menjadi bagian dari fairing sehingga tidak terekspos, masih belum diketahui juga.

Satu yang terekspos dengan jelas adalah perubahan model Swing-arm menjadi model Under-Brace/Underslung. Secara umum jika model swingarm ini akan hadir nanti di versi final produksi massalnya (atau misalkan untuk versi homologasi WSBK-500 unit), maka ini akan membuat RSV4 menjadi superbike massal yang spek swingarmnya sangat mendekati spek swingarm motor balap di World Superbike. Kita tunggu saja versi resminya nanti sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

22 COMMENTS

  1. Aprilia emang josgandos ya kalo superbike, kalo liat 44teeth aja jarene mantap rsv4… kapan aprilia motobiji perform..

    Guest
  2. apakah mesinnya juga jadi V4 90 Derajat seperti RS-GP baru?
    kan keren tuh saingan ma V4R.
    nah nanti ikutan WSBK Full Support Pabrikan. kali aja sanggup pecundangi KRT

    Guest
    • Itu aja masih ketolong katalik konverter terpisah jadi gak terlalu gede. Coba kaya GSX-R1000 led keluaran pertama yang katalik konverternya nyatu ama silencer padahal masih euro4 (kalo ga salah) aja gede banget.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.