TMCBLOG.com – Marc Marquez berpotensi pulih dalam 2-3 Bulan Pasca Operasi ke-3. Adalah dr. Ángel Villamor – ahli trauma dan direktur medis dari klinik IQtra Medicina Avanzada, yang juga menjadi salah satu dari delegasi medis Spanyol di Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) – Dokter, dengan pengalaman luas dalam perawatan cedera olahraga pada umumnya dan pembalap sepeda motor pada khususnya mencoba menganalisis keadaan Marc Márquez setelah operasi ketiga yang dilakukan Kamis pagi ini di Madrid. Dan menurutnya kita punya potensi melihatnya muncul kembali pada 28 Maret di Qatar jika semuanya berjalan lancar.

Ketika ditanya Oleh AS mengenai Bagaimana ia melihat kasus Márquez setelah operasi ketiga ini? Dr Angel Villamor berkata “ Kami tahu bahwa retakan yang terjadi pada humerus itu rumit. Saya hanya memiliki referensi untuk operasi pertama karena Marc mempublikasikan X-ray dari plat yang dia kenakan, yang gagal ketika dia mencoba membalap lagi di Jerez, dan setelah itu saya tidak tahu teknik apa yang digunakan.

Yang saya tahu adalah komplikasi yang terjadi telah menciptakan pseudoarthrosis. Kami menyebutnya pseudoarthrosis ketika tulang tidak membuat kalus dalam waktu yang diharapkan. Pseudarthrosis pada humerus, jika setelah tiga bulan belum terkonsolidasi, kemungkinan besar akan tetap menajdi pseudoarthrosis yang non-union dan sesuatu harus dilakukan untuk merangsang agar sembuh.

Humerus Marc sudah berada dalam tingkat pseudoarthrosis, karena tidak terkonsolidasi selama lebih dari tiga bulan dan sesuatu harus dilakukan. Saya tahu mereka telah mencoba merangsang aktivitas reparatif dengan gelombang kejut. Ada cara lain yang bisa dicoba. Misalnya, kami di Iqtra menggunakan stem cells atau menstimulasi faktor pertumbuhan dari darah pasien, untuk melihat apakah tulang itu ingin mengkonsolidasikan kembali. Gelombang kejut juga tidak berhasil dan harus dilakukan pada operasi terakhir ini.

Dr Angel Villamor pun mencoba mengilustrasikan mengenai apa yang dilakukan Pada Operasi ketiga Marc Marquez ini ” Selain melepas pelat dari operasi kedua dan memasang pelat yang baru, di mana saya kira mereka mencoba lebih mendekatkan kembali fragmen tulang dan lebih mengencangkan. Tepi tulang juga biasanya disegarkan, karena pada pseudoarthrosis mereka telah ‘mendingin’ dan tidak mau menyambung.

Jadi kita mencoba menstimulasi aktivitas baru dengan ‘meniru kehadiran fraktur baru’, memasang sintesis (pelat) yang lebih rapat dan lebih aman, serta memberikan cangkok tulang dari iliaka crest, yang berada di tulang pinggul bagian depan. Kami biasanya menggunakannya sebagai bank tulang, membuka sayatan kecil di pinggang dan mengangkat tulang dari sana. “

Iliaka Cresh ini dipotong-potong kecil dan diletakkan di sekitar fraktur humerus sehingga menjadi stimulus dan membuat kualitas tulang pada keseluruhan fraktur lebih baik dibandingkan dengan tulang yang sudah ‘dingin’.

Dan, sebagai tambahan, telah dibuat cangkok yang kami sebut pedunculated, yaitu cangkok pembuluh darahnya sendiri. Pembuluh darah tersebut dibawa ke humerus dan pembuluh darah itu dihubungkan ke arteri di dekat humerus. Ini dimaksudkan untuk menghadirkan tulang dengan kehidupannya sendiri untuk memberikan aktivitas Recovery yang labih baik. Perbedaan antara cangkok biasa dan cangkok bertangkai ( dengan darah) adalah ini, membawa tulang dengan suplai darah sehingga memiliki peluang lebih baik untuk menstimulasi penyambungan tulang.

Dr Angel Villamor mencoba memperkirakan Waktu recovery marc Dengan Metoda ini ” Jika semua berjalan lancar, dalam waktu sekitar dua bulan Anda sudah bisa membuat kalus dan bisa mengandalkan humerus untuk menahan Anda untuk aktivitas fisik. Jika semuanya merespon dengan baik, dalam dua bulan atau maksimal tiga bulan. Anda harus memiliki Kalus yang bisa dipercaya untuk beraktivitas dan bisa naik motor. “

Recovery ini mungkin dapat tercapai pada awal musim (MotoGP) depan di Qatar. Memang, ketika tulang mengalami pseudoarthrosis maka harus menjalani operasi seperti ini. Ada pula kemungkinan akan lebih lama bila dibandingkan kasus patah tulang yang baru terjadi. Ada Kemungkinan besar dua atau tiga bulan yang kami katakan juga tidak terpenuhi, tetapi itu sangat sulit untuk dinilai dan bisa jadi ( delay sampai ) lima bulan.

Dr Angel Villamor memberikan pendapatnya mengenai Opini yang menyebutkan Marc Marquez baru bisa recovery dalam 5 sampai 6 Bulan ke depan ” Pada pseudoarthrosis humerus, jika ditangani dengan teknik konvensional mengguankan Plat sederhana, kemungkinan pembentukan kalus lebih lambat, tetapi pada prinsipnya jika hal-hal telah dilakukan dengan baik dan dengan teknik lengkap yang telah digunakan di Pencangkokan tulang dan, terutama, pencangkokan tulang vaskularisasi dengan pembuluh darahnya sendiri yang terhubung ke arteri di dekatnya, normalnya akan dipersingkat.

Pada pasien biasa, dia biasanya tidak mendapatkan cangkok vaskularisasi sebanyak yang dilakukan dengan Marc dan kemungkinan besar akan baru Recovery lima atau enam bulan. Namun, teknik yang sangat halus telah digunakan di sini ( Pada Marc) dan kita harus lebih optimis, tetapi saya juga bukannya Tak setuju dengan mereka yang berpikir bahwa recovery mungkin bisa lebih lama.

Di akhir penjelasannya Dr Angel Villamor memberikan penejelasan Bahwa untuk Cidera pseudoarthrosis humerus sepertiYang Marc alam tidak akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya seperti  bahu, lengan bawah, tangan, jari-jari dan pergelangan tangan jika mau dipakai Buat latihan. Pokoknya Kecuali Bagian Trisep lengan Kanan yang biasa digunakan untuk menahan pengereman dan Bisep lengan kanannnya yang biasa digunakan untuk menahan Akselerasi. Kedua Otot ini memang ahrus Istirahat total kembali saat Recovery ketiga ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

82 COMMENTS

      • Ya kalau mau kejadian seperti Jerez lagi silahkan balap lagi,
        Utk apa memaksakan buat balapan,,?
        Untuk nunjukin kalau dia alien,,?
        Lebih baik bersabar, sampai benar benar pulih 💯%,

        Guest
  1. Semoga bisa jurdun lagi 2 tahun lagi. Tahun depan istirahat total semusim aja kalo emang perlu waktu 5 bulan pemulihan, biar 2022 nanti jadi jurdun.

    Btw team Sag IG jadi banyak followernya, termasuk gw follow juga setelah Mandalika join. Si Tom Luthi jadi banyak nih followernya.

    Guest
  2. Cangkok tulang dan stek pembulu darah berarti

    Liat rontgen pertamanya kok kayak orang kena santet,apalagi bagian tengahnya nancapnya ga beraturan begitu

    Guest
  3. Setuju ini. Nakagami sdh bisa cepat dikualifilasi. Tinggal mental pas lomba diperbaiki.

    Nakagami msh blm.bisa kontrol pas dpt posisi start barisan depan, msh grogi karena tidak biasa.

    Guest
  4. mantab jg Dr. Angel Villamor, semoga sesuai dengan perkiraan waktu sembuhnya.. kangen euy liat bocah edan turun balap..

    Guest
  5. Wak udah wak… lemes ni dengkul ane baca tulang di sayat, trus dipotong kecil2 trus di cangkokin 😫😫😫.
    Perkiraan recovery dlm waktu 3 bulan pun klu tulangnya mau nyambung (mudah2an nyambung). Klu gagal, ya ampun ga tega ngebayanginnya.
    Semoga lancar dan berhasil deh segala usaha dokter dan marc 🙏.
    Fast recovery marc 💪🏾. Ga ada lu pembalap medioker merajalela 😝😝😝

    Guest
  6. Kadang liat tulang disambung sambung gitu bikin geleng geleng kepala.

    Tp pernah ketemu orang yg abis kecelakaan motor terus tulang lengannya patah dan dikasih foto rogtennya hadeh ngilu banget patahan tulangnya miring gitu. Dibawa ke rumah sakit harus pasang pen dan butuh waktu sekitar 1th.

    Terus sama dia kasih foto rongten ketika tulang sudah tersambung. Ditanya masang pen abis berapa dan recovery berapa ? Dia bilang cuma 8 bulan dan dibawa ke ahli patah tulang.
    Gile sih liat hasil tulangnya tersambung gak masuk logika dan akal sehat 😅

    Guest
  7. Ternyata gak cuma patah. Itu ada pecahan dua serpih klo gak salah. Satu batang tulang jadi empat bagian yak….

    Guest
  8. Boleh down saat qualifiying gak ya?
    Boleh diinstall proteksi add on pada lengan kanannya untuk antisipating saja?

    Guest
  9. Wah wah gws mm93,kalaupun musim 2022 balik. Cari aman saja balapan bisa top 10 saja gpp,gaji dah dikantong kok. Biar sembuh bener di 2023 baru push 100% jangan lebih lagi kayak di jerez.

    Guest
  10. Dua race awal mungkin masih recovery dan hanya pemanasan menguji sejauh mana kekuatan diatas motor.
    Semoga di race ke3 dan seterusnya sudah masuk jalur juara lagi..karena sekarang semua pembalap sepertinya menanti dia turun untuk fight setelah 2020 pembalap lain seolah bisa show off dan pamer skill dan mental yg tertutup bayang2 seorang marq.

    Apakah akan sampai pada gelar ke 10,?

    Guest
  11. ada solusi lain kah dri alpinstar..maksudnya wearpacknya…mungkin ada extra protecksi untuk bagian lengan, atau bagian lain…mungkin setelah ini hrc atau produsen wearpack ada revolusi..

    Guest
    • Mungkin tech-air airbagnya bakal ditambahi dibagian sekujur lengan
      Kalo gak salah kan cuma backbone,tulang selangka/bahu,dada,sama pinggang dan pinggul doang,cmiiw

      Guest
      • selain tech air, mungkin ada ketambahan pelat2 yg tentunya tidak membahayan pengendara….coba ntar liat 21 atau 2022 ada evolusi apa nih…

        Guest
        • Dikasih exoskeleton kayak film Elysium gitu ya,tapi kayaknya tampilannya badass kalo kayak gitu🤩,,wkwkwk

          Trus kalo crash n patah pecahannya malah nusuk ke daging,aduh biyung!

          Guest
        • om centro, yah kan tidak membahayakan pembalap, misalnya bentuknya pelat gak manjang…tpi berbentuk ruas2 kaya tulang punggung…body protector pacific rims

          Guest
        • om centro, yah kan tidak membahayakan rider, misalnya bentuknya pelat gak manjang…tpi berbentuk ru as2 kaya tulang punggung…bdy prtector pcific rims

          Guest
      • Iyanih kalo di liat kasus nya marq perlu tambahan pad/protector di lengan bagian belakang…. Karna emang kuliat kaga ada protectornya di bagian di mana marq kena ban rcv

        Guest
    • paling aman mestinya baju balap bisa ngembung kayak nyonya puff sekalian😂
      jadi nanti pembalapnya gelinding sampai nabrak pembatas dan masih aman aman aja, cuma ya harus legowo ga bisa lanjut race

      Guest
  12. Baca artikel ttg patah tulang jadi ngilu berat, traumatik dulu pernah jatuh dari lantai 2, 3 jari jari kaki patah, tumit kaki tulang nya remuk ( hasil Rontgen jadi seperti pecahan kaca ), recovery nya lumayan lama

    Guest
    • Operasi berlangsung delapan jam, di mana tulang iga dicangkokkan pada tulang humerus untuk membantu pemulihan pseudoarthrosis….. Tulis pak ivvan

      Iga apa panggul tah ?

      Guest
  13. Maaf kalo ini gak kuat baca sampe habis cuma setengah, soalnya kalo baca itu menghayati, membentuk gambaran difikiran yang bikin ngilu… 😅

    Guest
  14. fix ga bakal bisa perform seperti sebelum cedera dlu..

    biar hebat gmn jga namanya manusia sdh alamnya bakal ada rasa was was dan takut dan sadar tidak sadar si rider akan keagresifannya yg dlu

    Guest
  15. Duh lemes bacanya….pernah ngalami patah pergelangan tangan sm kaki aja dah ampun2an ini sampe operasi 3x 😥
    Gws champ… 💪🔥

    Guest
  16. Publikasi kesehatan marq di akhir tahun bukan semata2 soal balap sih. Karena sponsorship juga butuh kejelasan kepastian tahun depan. Karena udh jelas selama tahun 2020 ini investasinya gak menguntungkan sponsor2.

    Bayangin “Zonk”nya HRC, dengan bangga mengumumkan kontrak terpanjang pebalap motogp selama 4 tahun, tapi setahun pertama pebalapnya cm bs nonton motogp dari rumah. Dan kemungkinan tahun kedua akan bernasib kurang lebih sama.

    Guest
  17. Yang ditakutkan diawal naik kelas motogp akhirnya terjadi😣😣😣😣😣😣😣,gaya balap agresif marquez sangat berisko fatal terbukti

    Guest
  18. Kok saya ngga yakin marc masih hebat seperti kemaren
    Meski sembuh kalo tulang sudah tidak normal pasti akan ada kesulitan yang bakal dirasakan tidak seperti tulang yang masih normal.

    Guest
  19. Beliau mampu memahami limit tunggangan. Tapi tidak dengan limit diri pribadi. Saya rasa itu wajar, banyak orang yang kayak gitu.

    Guest
    • Silahkan kembali secepatnya. Sudah ditunggu joan mir. Silahkan.
      Yang ngarep extend di rumah mm93 sendiri. Jatoh juga sendirian.

      Guest
  20. Tahun depan gantian marc race sendirian. Yang lain liburan saza di rumah secara covid19 belum ketemu paksin. Marc muter sesuai jumlah laps, time tetep dicatet, kudu tetep ada target, usahakan gak jatoh yoww.
    So… Jurdun pasti

    Guest
  21. MM sendiri bilang, untuk tahu batas dari sebuah motor maka harus banyak crash di latihan. Nah kira-kira gimana itu paradigma dia versus kondisi riil dia yang membutuhkan zero accident (kalaupun sudah dinyatakan pulih 100% untuk balap).

    Guest
  22. karna Kunyit gak Pake Valve Illegal mbah

    Let’s Kill This Love
    rang curang curang curang
    (malah mlesetin lagu BlackPink)

    Guest
  23. 2-3 bulan ??? apakah ada yg bilang ngePrank lagi wak ??

    kalau kata orang kalau digigit ular bisa bertahan 5 menit lagi apakah dengan menambah gigitan bisa bertahan hidup berlipat ????

    Guest
  24. SAY GOODBYE TO 2021 bwt marc marquez..
    ternyata bener2 parah,, patah tulang nya doi kena infeksi…

    8 gelar juara dunia sudah cukup, ga bakal lebih sepertinya nih

    cedera jadi momok bgt bagi para atlit apapun

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.