TMCBLOG.com – Sebenarnya PT. Smart Motor Indonesia selaku Satu satunya APM resmi Motor Merk Kymco Di Indonesia sudah merilis Sososk Skuti besar Kymco X-Town 250i ini semenjak akhir Juli 2020, namun baru akhir tahun ini tmcblog baru bisa dengan puas melototin satu secara detail Build Quality dari Motor yang secara Harga ( saat ini dibanderol Rp. 64,5 Juta On The Road Jakarta ) dan Segmentasi Masuk ke Market yang saat ini diisi juga Oleh Yamaha XMAX (61,4 juta) , Honda Forza 250 (83,8 juta rupiah ) , Kymco Downtown 250 (70 Juta rupiah )  dan SYM GTS 250 . .

Secara Umum walaupun sama sama 250 cc, Kymco X-town 250i ini ditempatkan Oleh Kymco Indonesia sedikit di bawah Downtown 250i . . . dan menariknya kedua motor ini tidak berbagi mesin Yang sama seperti strategi yang biasa dilakukan pabrikan pabrikan jepang. Yes Mesin X-Town 250i ini beda dengan Downtown 250i sob . . paling tidak kapasitasnya yang 249,1 cc dan Jumlah Klep X-town Yang cuma dua sudah sangat membedakan dengan kapasitas mesin Downtown yang 246,3 cc dan Jumlah Klep dari Downtown yang sudah 4. Mesin X-Town 250i memiliki Posisi radiator pendingin berada di balik roda depan sehingga menerima langsung pendinginan dari depan.

Secara detail Mesinnya menggunakan piston ukuran Bore 72,7 mm dan Tsroke 60 mm alias Overbore dengan Tenaga Maksimum yang dihasilkan menyentuh 15,4 kW atau 20,6 hp @6.500 rpm dan torsi maksimum 21,5 N.m @6.500 rpm. Terlihat memang beda dengan Downtown yang power maksimumnya saja tembus 17,1 kW dan Torsi maksimum di 23,14 Nm.

Bentuknya seperti Juga Skuter Maksi lainnya . . Panjang dan lebar. Dengan dimensi 2.235 x 780 x 1.370 mm (PxLxT) saat tmcblog berdiri di sampaing dan membentangkan tangan pun ini Skuter tetep lebih panjang. jangan Lupa, Skuter ini Juga super berat dan Bahkan 17 kg lebih berat dari Downtown 250 . . Terasa banget, udah kayak pegang ER6N saat pegang dan menahan motor ini dalam keadaan statis

Sekarang kita simak secara umum desainnya ya sob. Secara umum, Tarikan garis bodi Kymco X-Town 250i  cukup tegas dipadu bentuk headlamp depan yang agresif dan sporty walaupun bentuk Headlamp tidak sebesar Downtown 250. Headlamp yang masih menggunakan Bohlam H7 ini dikombinasikan dengan titik LED sebagai DRL di ujung atasnya.

Di atas headlamp hadir windshield besar dan lebar Non-Adjustable bergradasi hitam ke Clear. sementara Jika kita melihat ke belakang Lampu belakangnya juga berbentuk Khas skuter yang besar dan lebar dengan Lampu LED berbentuk huruf ‘X’ Pokoknya saking lebarnya, jangan sampai ada alasan buat pengendara dibelakangnya Nggak lihat lampu malam atau lampu rem.

Masuk ke sisi Safety, Kymco X-Town 250i dibenamkan rem Cakram ABS dual Channel Independent. Ini artinya pengereman ABS depan dan belakang bekerja sendiri sendiri dengan data speed yang direkam dan dideteksi dari kedua ban tersebut secara terpisah.

Kymco X-Town 250i diklaim memiliki sudut cornering yang lebih baik ketimbang Downtown 250, sehingga meningkatkan kestabilan saat dikendarai. Disk Brake berdiameter 260mm hadir di rem depan 3 piston , disc brake berdiameter 240mm hadir di rem belakang 2 piston.

Bicara suspensi Kymco X-Town 250i hadir dengan suspensi depan teleskopik SkuterType jadi hanya setengah dari panjang shock Motor sport. Sementara untuk suspensi bagian belakang hadir dual-swing Shock Breaker dengan pegas progresif tanpa setup Pre-load/ Pra beban

Bicara Soal Fitur, Mulai dari Dahboard kita akan bisa lihat Dashboard X-town 250i yang super duper lengkap layaknya Dashboard Skuter besar di Segmen ini. kecepatan dan Putaran rpm mesin dapat dilihat dari dua cluster penunjuk Jarum analog berbentuk lingkaran Yang memiliki backlight berwarna Putih cerah yang sangat eye cathing dan jelas saat dikendarai malam malam. Selain itu Informasi multi information Display Juga termasuk lengkap berupa Oil Service, Lampu, Sein, Bahan Bakar, Temperatur Mesin, Waktu (Jam) dan Trip Meter.

Di bawah setang hadir konsol kecil  yang dilengkapi pengunci model knob, konsol box kecil ini bisa untuk menyimpan handphone atau dompet. Konsol kecil ini juga Dilengkapi dengan USB Port siap pakai – tanpa perlu membawa konektor untuk men-charge Smartphone Anda ketika berkendara jauh. Tidak khawatir lagi deh kehabisan daya baterai gadget.

Selain Box Kecil, Kymco X-Town 250i juga menghadirkan box luas di bagian bawah dari jok. Bagasi ini punya ruang penyimpanan yang bisa menampung 2 buah helm, full face dan half face plus masih menyisakan space untuk diisi barang bawaan lainnya.

Di dalam box underseat terdapat lampu LED yang berguna untuk penerangan saat mengeluarkan atau meletakkan barang bawaan. Lampu LED ini aktif menggunakan sensor cahaya dimana jika terkena cahaya akan otomatis menghidupkan lampu.

Secara umum build Qualitynya Jempolan banget setelah tmcblog lihat dari dekat. Memang ini adalah ciri Khas Produk Kymco yang dibawa sampai sekarang misalnya jerak jeda antara part plastik yang rapat dan konsisten, Platiknya tebal, catnya Solid, las lasan pada bagian rangka pun bagus dan Rapi . . Secara umum Kymco X-Town 250 adalah Solusi pas bagi yang Ingin produk Kymco namun dananya belum cukup untuk beli Downtown 250 . . Bulid Qualitynya tidak mengecewakan dan tentunya saat ini dijamin oleh After sales yang bagus Dari PT Smart Motor Indonesia (SMI) . . Next Kita akan bahas mengenai hasil test ridenya sob . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Data Spesifikasi
Dimensi
PxLxT : 2.235 x 780 x 1.370 mm
Sumbu roda : 1.555 mm
Jarak terendah : 135 mm
Tinggi jok : 785 mm
Berat bersih : 195 kg
Tangki BBM : 12,5 liter

Mesin
Tipe : 4-tak, silinder tunggal, SOHC, pendingin cairan
Kapasitas mesin : 249,1 cc
Diameter x langkah : 72,7 x 60 mm
Tenaga maksimal : 20,6 Dk/6.500 rpm
Torsi maksimal : 21,5 Nm/6.500 rpm

Kaki-Kaki Depan
Suspensi : Teleskopik
Rem : Cakram 260 mm ABS, kaliper 3 piston
Ban : 120/80-13

Kaki-Kaki Belakang
Suspensi : sokbreker ganda
Rem : Cakram 240 mm ABS, kaliper 2 piston
Ban : 150/70-13

15 COMMENTS

  1. Setelah skutik berbody besar.. Nanti akan muncul motor skutik beroda 4 dengan body besar, bagasi lebih besar, penggerak 4 roda,

    Guest
  2. Yang penting sih torsi/powernya gak kedodoran saat dibawa turing Jakarta-bandung via puncak. Selebihnya lebih suka konsol spido macam ini, kaya burgman. Cakep.

    Guest
    • kalo riding nyaman ya kymco…mungkin xmax -forza bandinginnya downtown kali ya…dah ada tuh review ketiganya di youtube. dan kymco pemenangnya

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.