TMCBLOG.com – Jika sobat sekalian sudah mendecak Kagum pada sosok Honda CB400 yang menggunakan Mesin 4 silinder dengan Model retro, Maka sebenarnya Honda memiliki varian seperti ini dengan Kubikasi Mesin jauh lebih besar, Yes Namanya adalah Honda CB1300 series. Dan menurut info resmi dari Honda Jepang, Varian yang merupakan realisasi dari project Big1 dari Honda ini Akan merilis Model year 2021 dengan beberapa Update yang cukup Signifikan . .

Untuk Model 2021 yang baru akan dijual resmi mulai 18 Maret 2021, varian CB1300 Series yang terdiri dari : CB1300 SUPERFOUR, CB1300 SUPER BOL D’OR, CB1300 SUPER FOUR SP, dan CB1300 SUPER BOL D’OR SP telah mempeorleh Update dengan kata kunci pengembangan “memaksimalkan kenikmatan pengoperasian Big Bike”. ..

Yang pertama, Honda CB1300 Series MY2021 akan mengadopsi “Throttle by Wire System (TBW)” yang memungkinkan kontrol katup throttle bekerja secara elektronik yang lebih presisi untuk pengoperasian throttle dan dapat memberikan sensasi 3 Mode Berkendara Yakni SPORT, STANDARD, RAIN dimana ketiganya dapat disesuaikan dengan situasi berkendara dan preferensi pengendara.

Yang kedua Honda membenamkan teknologi “Honda Selectable Torque Control (HSTC)”  . teknologi ini lebih ke Perangkat Safety dimana elektronik dari Mesin akan secara otomatik akan ‘ mengoreksi ‘ setiap Slide dan spin yang terjadi pada roda dengan cara secara otomatis menginterupsi Kerja Supan bahan Bakar dan atau mematikan pengapian sesaat

Yang Ketiga, Honda Membenamkan “cruise control” yang tujuannya agar sistem ini dapat berkontribusi pada pengurangan kelelahan pengendara dan kualitas riding yang maksimal serta kenyamanan berkendara. Cruise Control ini secara elektronik akan Menyetel Kecepatan konstan Saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti di Jalan bebas hambatan ( Kalau di luar negeri ), dan memungkinkan untuk berkendara tanpa mengoperasikan akselerator/ Bukaan Gas.

Yang ke empat  Adalah Emergency Stop Signal. Sistem elektronik yang dikendalian Oleh ECU ini akan mengaktifkan secara otomatis Sinyal Lampu hazard ketika Kita melakukan pengereman mendadak. Dan sinyal Lampu itu ditujukan Untuk memberikan mitigasi bahaya lebih awal kepada pengemudi dibelakangnya. Selain itu pada List asesorisnya, CB1300 Series juga disiapkan untuk dibekali QuickShifter yang memungkinkan operasi perpindahan gigi naik / turun dengan cepat dan mulus tanpa harus mengoperasikan kopling saat mengemudi.

Yap Memang minimal tiga dari empat teknologi ini Bukan teknologi yang baru banget dan bahkan di Motor Motor cc jauh lebih kecil, Honda sudah membenamkan semua dari Ke empat teknologi yang baru di 2021 akan dihadirkan di CB1300 Series ini. TBW dan Quick Shifter ada di CBR250RR, Emergency Stop Signal ada di CB150, dan Bahkan HSTC akan dihadirkan di PCX160 nanti . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

16 COMMENTS

  1. body/buritan belakang mengingatkat saya pada B-King… era di mana waktu itu buritan seperti ini sedang booming…. thejavu

    Guest
  2. ini motor lakik bgt, timeless.. bentuk gak banyak berubah, palingan nambah varian half naked fairing, tp dijejelin teknologi baru ala motor kekinian..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.