TMCBLOG.com – Walaupun memang dari depan kebelakang, Bodywork dari Honda CBR150R MY 2021 yang abru dirilis Oleh AHM begitu sangat mempertunjukan bentuk CBR250RR, namun begitu soal Sasis, Sub Frame dan mesin secara umum basis CBR150R MY2020 masih dipakai di Mesin CBR150R 2021 . . Salah satu bukti terkuat adalah masih ada tulisan K56 di bagian Crankcase engine Kanan dari Mesin new CBR150R . . perbedaan pada Mesin berada pada salah satunya di kopling Transmisi yang sudah mengaplikasikan Assist And Slipper Clutch Untuk memperingan Beban penarikan tuas Kopling. Nah di cara Perilisan ada sesi tanya Jawab dengan AHM berikut ini adalah

Tanya : Apakah Upside Down Bisa dipakai Plug and Play ke CBR150R generasi sebelumnya ?

Jawab : Untuk Upside down/ Inverted Suspension tidak Plug and Play ke CBR150R Genersi sebelumnya, ada perbedaaan Part di Top Bridge khususnya di Clamping outer tube itu berbeda dan memiliki diameter yang lebih besar dari part CBR150R generasi sebelumnya.

Tanya : Mengapa tetap mempertahankan Mesin lama mengingat Rival sudah bermain di angka 19 PS?

jawab : Tentunya dalam mengembangkan suatu produk kita akan berdasarkan riset, survey dan konsultasi dari konsumen CBR ini. nah dengan spek dan power yang sekarang, Konsumen menilai bahwa ini cukup untuk riding harian dan kebutuhan Hobby di Segmen ini.

Tanya : Untuk area mesin apakah ada Upgrade Untuk performa ?

Jawab : ya ada Update yang kita lakukan dengan menambahkan Assist and Slipper clutch. Jadi Assisnya sendiri hadir untuk menghindari Power Lost yang timbul diarea Kopling. Sementara Slipper clutch hadir untuk menghindari efek engine Brake yang terlalu besar. perubahan ecu tentu ada disesuaikan dengan karakteristik Motor Yang baru launching ini

Shanghai, China – April 27, 2019

Tanya : Kapan Mulai distribusi Unit New CBR150R

jawab : Mulai distribusi Pertengahan januari 2021, diharapkan Akhir januari sudah mencapai Seluruh jaringan kami sehingga mulai bisa dibeli oleh Konsumen.

Tanya : Apa yang menjadi Fitur unggulan dan mengapa garis desainnnya Mirip CBR250RR ?

Jawab : Untuk Desain kita tahu bahwa dengankonsep yang sama Total Control (Pada CBR250RR) sangat diapressiasi oleh Konsumen sehingga kita menyematkan desain ini untuk CBR150R agar tampak lebih baik dengan harapan juga bisa diterima lebih baik. Untuk Fitur Unggulan Slipper clutch, LED, Upside Down Fork

Tanya : Apakah Slipper clutch bisa dipakai Di CBR150R generasi sebelumnya?

jawab : Mengenai suspensi Upside  down Tidak bisa digunakan di generasi sebelumnya karena kita hatrus mengubah Clamping atau Bridgenya sementara untuk slupperclutchnya sendiri ini bisa dipakai digenerasi CBR150R sebelumnya  tapi memang hadir perbedaan terkait dengan felling.

Tanya : Terkait dengan Part racing apakah tersedia ?

Jawab : pada saat ini, Kita AHM belum menyyediakan part racing. namun kita dari AHM telah menyediakan referensi mengenai customize Part aftermarket yang bsia ditemukan dan Kita Juga memiliki Asesoris genuine dari Honda Motor

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

galeri Foto :

145 COMMENTS

  1. Padahal ganteng lho, tapi ya biasa lah, di bully dulu aja.
    Tapi pabrik bener sih, cbr tuh motor harian. Kalo pengen mesin kenceng, suruh beli nsf series aja.

    Guest
  2. Desain bagus, sayang mesin loyo. Ga kebayang pas all new pcx launching, masa motor sport tenaganya 1hp lebih gede doang dibanding matic? apakah kemungkinan ada versi sp wak haji?

    Guest
    • ya memang githu..

      lebih worth to buy dengan harga segitu, seken sih tapi liat aja…

      Sasis twinspar, livery Respol jaman Stoner, cat dan pernis tebal (gak pelit), ya kualitas Thailand lah. Mesinnya…… pake piston ukuran gambot 🙂

      Guest
    • Ngakak baca 17 ps menurut survey, survey di alam mimpi mungkin.. design keren tenaga loyo.. di ketawain bebek tetangga kalo kaya gini. Kecewa banget.

      Guest
      • Kita analogikan Honda beat mesin 110 cc dengan Mio 125 cc..
        Memang yg powerfull mesin Mio tapi market share nya lebih banyak Honda Beat. Pasar indo yg di cari buka powerfull nya tapi lebih ke good looking nya

        Guest
        • Kalau menurut aq ga bisa di samakan dengan matic bro, matic yg di cari kenyamanan dan irit bahan bakar. Kalo sport fairing lebih ke gengsi dan performa. ?

          Guest
  3. kaya ada yg kurang pas apa ya….
    apa karna mocong depan terlalu maju..ngelebihin spakbor depan..
    cbr250 aja sma rata cbr old pun masih dibelakng spak bor

    Guest
    • @pakkindir
      karena tameng depannya ga persis mirip cbr250rr.. perhatiin bagian warna merah dengan plastik hitam di samping.. klo cbr250rr baginya ngepas di sebelah lampu, klo ini rada jauhan.

      Guest
        • maksudnya bagian tameng depan sama plastik sampingnya itu batasannya sampai tepi DRL kalau di cbr250rr. kalau yang cbr150 itu samping DRL masih bagian dari tameng depan

          Guest
  4. Desain disamaain dengan 250 untuk menghemat cost produksi karena bisa sharing body part dgn kakaknya itu sih alasan sebenarnya biar kakaknya bisa terus tetap diproduksi di indo

    Guest
    • maklumlah kakaknya jualanya seperti apa. kalo gak di buat seperti ini kapan modalnya balik. aslinya itu ngomongnya ini asal untung sudah biasa.

      Guest
    • @SOPO
      masalahnya ga bisa sharing juga, wong bagian depannya beda. perhatiin deh deket DRL nya

      mungkin tepatnya lebih ke ngirit biaya disain?

      Guest
  5. DESIG CUKUP BAGUS WALAU DARI MDL YG UDAH ADA cuma disayangkan mestinya sangat bagus jadi cukup bagus …so ada yg kurang SEKTOR MESIN ? HARUSNYA ADA PENINGKATAN dari powernya ini jadi nya Maco tapi loyo ….diyakini untuk mdl ini honda ga surpey maksimal

    Guest
    • ini survey dagang bang bukan dari user cbr150 yg selalu di bully karena power mesin,, makanya mesin tetep 17 kan masih laris begituhh

      Guest
  6. Kang Topik.. pertanyaan dan jawaban kok rada beda untuk d bawah ini??
    ——‐——
    Tanya : Apakah Slipper clutch bisa dipakai Di CBR150R generasi sebelumnya?

    jawab : Mengenai suspensi Upside  down Tidak bisa digunakan di generasi sebelumnya karena kita hatrus mengubah Clamping atau Bridgenya sementara untuk slupperclutchnya sendiri ini bisa dipakai digenerasi CBR150R sebelumnya  tapi memang hadir perbedaan terkait dengan felling.
    ——
    Tanya Slipper Clutch , jawab e kok USD yak??

    Sorry n Nuhun

    Guest
  7. Yg survei org gila,dan yg di survei juga baru2 nya naek sport 150 ?.. kecewa tenan pokok’e. Gak menggairahkan,karna disain niru sang kK. Jadi gak wahhh.. knapa gak niru cbr600/1000 gitu. Mesin masih di angka 17ps,. Apa nya yg all new .

    Guest
  8. 17ps, 19ps itu kan klaim pabrik & power on crank, aslinya brp sih power on wheel nya nih motor² sekelasnya, ada yg udah ngitung?

    Guest
  9. Dah lah gak ada yg bisa diharapkan di sektor mesin, padahal banyak yg penasaran dan ditunggu itu paling utama mesinnya, desain garang tapi masih 17 ps, diketawain mx king vva nanti ??

    Guest
  10. Intinya tetap kudu kuatkan iman nih sobs
    Bakalan bejibun di sepanjang jalan maupun gang perkampungan seperti yang sudah2

    Guest
  11. Secara tampilan menurut saya ada peningkatan dari gen sebelumnya, TAPI:

    1. Harusnya tidak dinamai ‘all new’ (rangka, mesin, dan banyak lainnya masih bawaan gen sebelumnya).
    2. Mungkin AHM pikir: kalau yg performa seadanya saja masih laku, buat apa susah2 R&D mesin baru? (prinsip ekonomi, keuntungan sebesar mungkin dgn upaya sekecil mungkin).

    Guest
  12. masuk akal memang,

    angka hanya untuk sindir2an, tapi real use-nya hampir gak pernah kepake sampe max.

    pake R15 V3 yg bisa kenceng banget aja cuma bisa santai bahkan disalipin matic2 cilik kalo di jalur pantura, gak kuat lengannya, jalanan gak rata and banyak lubang 😀

    dan kebanyakan yg bawa cbr150r tu santai2 ya, gak kaya cbr250rr atau ninja, selalu ngebut di jalur patura gak pernah pelan kalo aku liat.

    Guest
    • rider 250cc ngebut karna tunggangan mreka emang kenceng tenaganya enak, cbr150 power paling kecil ya enakan nyantai aja, lagian soal angka power kan buat kebanggaan konsumen dan penggemar cbr makin besar power makin bangga dan puas memiliki nya 🙂

      Guest
  13. Buritan oke, gak masalah. Lekukan body juga oke.
    Cuma bagian depannya aja itu terlalu tonggos, keliatannya jadi wagu. Andai kata gak terlalu tonggos, agak mundur sedikit tapi gak segepeng CBR sebelumnya, dan siluetnya dibikin sekilas mirip (sekilas mirip bukan mirip plek ketiplek) 250rr mungkin lebih better.

    Engine gak ada yang salah, cukup kenceng memang dan enak buat stop n go. Dan memang itu hak AHM untuk menggunakan current engine, dengan alasan buat diperkotaan lebih cocok, ya memang faktanya demikian.

    Cuma… gen CBR itu menurut pendapat gue harusnya overbore, CBR purist kayak gue yg demen geber2 diputaran tengah ke atas, kurang sreg sama engine overstroke. Mau dibilang ini kan enginenya DOHC bukan SOHC, lagian mau ngebut dimana seehhh… Tapi tetep aja brooo kalau gak overbore gak asikkkkkkk… beda sensasinya, hahahaha…
    And that’s why i still love my sempak CBR..

    Sekali lagi, semua ini hanya opini pribadi, kalau ada sales kelojotan baca komen gue silahkan sebar brosurnya lebih giat.

    Guest
  14. survey yang dilakukan tidak akurat, tentu saja penggemar cbr150 menginginkan tenaga yang lebih besar dan kwalitas part mesin yang lebih bisa diandalkan. Bilang aja gamau upgrade power buat nekan harga ?

    Guest
    • Mungkin yg mereka survey karyawan mereka sendiri wkwkwk

      Kalo beneran cbr baru hasil survey, pasti mesinnya balik overbore, rangka balik twinspar, swing arm aluminium, bodi ga sekedar nyontek kakaknya yg wagu.

      Guest
  15. Part racing buat apa????

    Sekarang aja sama mbek king dan supri dikentutin ????

    Seberapa kencang sih motor semprot 150 sese?
    Gitu-gitu aja kan?

    Geli sendiri liat sibiar 150 sese pakai snalpot resing, suaranya udah jauh, motornya masih disamping kita ???

    Guest
    • Kenapa honda gak kepikiran nambahin air duct sama pake sistem downdraft ya buat cbr ini? Kan kayaknya bisa nambahin power sedikit lebih banyak dengan mesin yang ada…

      Guest
  16. Ganteng doank mesin ngos2an.
    Pcx 160 aja overbore, ini msh ngeyel pake near square tenaga hello kitty.
    Saya fansboy honda dan owner cbr150 fi cbu 2011 ngerasa kecewa bgt sm update dari ahm kali ini. Power mesin sm sekali ga di tune up, kayak ga ada harga dirinya kalah 2 ps sm kompetitor.

    Guest
    • Bisa.

      Kaya Assist Slipper Clutchnya Yamaha R15 bisa swap di bak kopling Vixion generasi 1PA cuman di coak dikit wkwk.

      Guest
  17. Rasanya desainnya kurang ngalir. Area depan tengah sampai belakang kayak engga matching aja. Masih enak liat yang lama. Bagus sih cuma ya, tanggung rasanya. Apalagi mesinnya engga ada perubahan

    Guest
  18. Buat harian emang cukup si 17 ps. Tapi ahm gak mikir buat pride dan kebanggaan motor fairing ? 40 juta cuma dapat tenaga 11 12 sama bebek ?
    C’mon ahm. Harusnya biarin cb150R 17 ps tapi CBR 150RR maksimalin sampai 20 psan. Atau bilang aja karena penjualan lesu di motor sport makanya risetnya ogah2an ?

    Guest
    • hah? pride? pride yang cbr250rr gimana tuh? fairing motor kenceng dipasang di motor lemot yang bakal diasapin bebek sebelah

      Guest
    • Gini nih kalo ‘konsep’ udah diperkosa untuk dibenturkan ama realita.

      Sport fairing, secara konsep kan memang untuk kencang-kencangan.
      Kalo memang gak menelurkan sport fairing yang lebih kencang dari kompetitor sekelas menurut saya akan lebih arif untuk legowo menerima kenyataan inferioritasnya. Bukan malah berkilah : “Emang sering nemu kesempatan untuk mentokin power? Emang mau ngebut dimana sih? ” dst. dst.

      Guest
  19. Jawaban dari pihak AHM terlalu muter-muter. Soal apakah suspensi upside down bisa dipasang di CBR generasi sebelumnya kan tinggal dijawab saja bisa, asal sekalian ganti triple clamp

    Guest
    • Itu namanya membiaskan makna sebenernya. Bahasa politis, sengaja dibikin muter2 dan bertele2 karena gamau jawab bisa/tidak

      Guest
  20. Prediksiku sih ini motor tetep laku, tapi bakal ngaruh ke CBR250. Yg pada mau beli CBR250 pasti mikir lagi, pamor mogenya udah gak ada lha wong percis begini sama CBR150. Ninja250 makin di atas angin.

    Guest
  21. Hmm ya memang sih mesin sekarang paling enak d kelasnya buat pecicilan d dalam kota saja, putran bawah menengahnya memang paling kuat
    Masalahnya yg lain udh nyentuh 19hp dan ini motor fairing, ya kurang puas aja sih
    Memang r155 banyak yg suka bukan karna 19ps nya, tpi karna tongkrongannya bak moge, usd n body gemuk padat, walau banyak yg kecewa ketika menaikinya karena terlihat kopong tpi first impression memang gagah r155
    Ya memang sih kebanyakan yg beli remaja pemuda yg onegen keliatan wah saja mereka memang gak terlalu peduli power mesin yg penting look like a moge
    Thats why r155 banyak wara wiri d jalan
    Tpi ahm jga jeli banyak yg suka body slim n ringan ergonomi santai cbr150 jdi dimensi bobot n posisi stang tetap sama dg yg dulu hanya desain yg d ubah well good job
    Tpi bwt ane tetep mesinnya itu loh
    Hadeh sdh berharap lbh ane, well at least asc bsa d oper k mesin k56 yg lain.

    Guest
  22. Kalo dari gambar benar USD SFF-BP. Tapi dari pihak pabrikan kenapa hanya bilang ‘inverted fork’ tanpa ada embel2 SFF-BP.
    Padahal itu merupakan hal besar untuk dijual. Berbeda dgn assist-slipper clutch yg selalu dilantangkan.
    Semoga SFF-BP beneran untuk masspro. Bukan hanya bahan foto.

    Guest
  23. “Konsumen menilai bahwa ini cukup untuk riding harian dan kebutuhan Hobby di Segmen ini” yakin konsumen bukan management ngahaem???

    sebetulnya cbr150 facelift kasusnya sama dengan r25 facelift, kompetitor powernya udah diatas tapi tetep di facelift pake mesin yang power dibawah…

    Guest
  24. Cieee yang bully 17 PS…buktiin dong kalo yang 19 PS jauh lebih laris baru AHM ganti mesin hahaha

    Ntar kalo R15 dan bebek yang super kencang itu dah beneran laris baru boleh bully lagi hahaha

    Guest
    • Semangat Mas Jordan ini menurut saya kurang baik untuk ‘kita’ sbg konsumen roda dua tanah air.

      “If you buy crap, they will make another one!”
      -Anderson

      Diresapi aja dulu

      Guest
  25. Hi TMCBlog,

    Setelah melihat isi artikel dan menyimak refreshment product untuk CBR 150R Model Year 2021, menurut saya akan lebih baik Honda tidak menggunakan model premium CBR 250RR untuk segment 150cc sport bike nya. Kesamaan design seperti ini akan membuat image premium yang dimiliki CBR 250RR tidak lagi ada seperti sebelumnya. Saya lebih baik memiliki Ninja 250 daripada CBR 250RR karena ini adalah “premium” bike dengan model “eksklusif” dan tidak pasaran seperti CBR Series untuk tahun 2021.

    Thank You

    Guest
  26. Yg beli ini mestinya yg fanatik sama merk dan duitnya berlebih, harga mendekati 40 bahkan ada yg diangka 40 juta kalo beli kredit bakal kena 60 jt an, duit segitu cuma dpt 150cc .

    Guest
  27. Other Q & A (Jokes) :

    (Konsumen) Question : Kenapa performa mesinnya yang ini masih/tetap (spt sebelumnya)/under estimate, gak sepowerfull “Kakak2” nya.?
    Yahh..lebih racing oriented lah gitu (mesin nya).

    (Honda) Ask : Kami buat Motor Sport low end untuk daily use, yang ridebale/nyaman, tetapi dgn power yang gak jelek2 banget.
    Kalo mau ‘pure’ Racing, kami gak jual, kami hanya jual motor2 Masspro. Tap coba beli aja di HRC….Itu Pabrikan Honda juga koq (pure khusus Racingbike). Bukan motor harian yang di Racing2in…?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.