TMCBLOG.com – Pada hari selasa 12 januari 2021 ini Astra Honda Motor Via sebuah acara Virtual launching New Sport Mid , resmi merilis produk Baru Mereka yakni All New Honda CBR150R. Honda CBR150R secara resmi meluncur di Indonesia dengan harga mulai Rp 35,9 juta. Generasi terbarunya, kini mendapatkan desain baru dan suspensi upside down di depan.

Terlihat dari bentuknya memang Motor ini tidak jauh berbeda dari yang sudah dibicarakan dalam gosip gosip Blogosphere beberapa bulan terakhir dimana selain suspensi Upside down dengan kaliper rem depan masih axial Nissin, bentuk headlampnya memang sangat terinspirasi dari Kakaknya Honda CBR250RR. Kalau headlamp berubah jadi Begitu ‘Ngumpet’, maka Desain Front fairing pun sangat berubah di mana lampu sen berada di atas headlamp.

Dari segi mesin, All New Honda CBR150R menggunakan mesin 150 cc, DOHC, 1 silinder, berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 17,1 PS di 9.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14,4 Nm di 7.000 rpm. Tenaga tersebut dipadukan dengan transmisi 6-percepatan Slipper Clutch yang mendelivery Power dari Mesin ke roda belakang.

Untuk fiur-fiturnya, kini All New CBR150R MY2021 mendapatkan suspensi upside down ( Inverted Fork ) di bagian depan. Selain itu terdapat fitur unggulan lain, seperti Anti-lock Braking System (ABS) yang disertai Emergency Stop Signal (ESS). Panel instrumen masih mempertahankan tampilan full digital.

”Kami tertantang menghadirkan sepeda motor yang mampu memberi kebanggaan. Hanya dengan melihatnya, pengguna semakin yakin terhadap kecepatan dan kekuatan All New CBR150R. Berbagai fitur baru dan penyempurnaan di dalamnya sekaligus meningkatkan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Presiden Direktur AHM Keiichi Yasuda.

Pict : Otorider

All New Honda CBR150R MY2021 dipasarkan dalam dua tipe yakni Non-ABS dan ABS. Tipe Non-ABS ditawarkan dalam warna Matte Black, Victory Black Red, dan Dominator Matte Black dengan harga Rp 35,9 juta. Sementara untuk warna Honda Racing Red dijual seharga Rp 36,6 juta.

Sementara untuk varian ABS ditawarkan dalam warna Victory Black red dan Dominator Matte Black yang dibanderol sebesar Rp 39,9 juta. Lalu corak Honda Racing Red dijual seharga Rp 40,6 juta dan MotoGP Edition dijual Rp 40,8 juta. Semua status harga di atas merupakan patokan On The Road DKI Jakarta.

Honda CBR150R pertama kali hadir pada tahun 2002 yang masuk Ke Indonesia Via Jalur Importir Umum. Saat itu, model ini diproduksi oleh AP Honda Thailand sebagai suksesor Honda NSR150 series, yaitu NSR150RR dan NSR150SP yang bermesin 2-tak. Ini Artinya Sampai 2021 ini sudah 19 tahun Honda CBR150R mengisi segmen motor sport fairing 150 cc. Sejak 2002 sampai 2020, Total sudah ada 4 generasi Honda CBR150R di Indonesia.Generasi pertama Honda CBR150R masuk Indonesia secara CBU melalui importir umum (IU) seperti Probike.

Generasi kedua Honda CBR150R mendapat ubahan radikal dari segi eksterior maupun interior. Modelnya berubah menjadi lebih berisi dengan Bentuk headlamp mirip VFR series dengan mesinnya di-upgrade menggunakan teknologi fuel injection PGM-FI. PT AHM saat itu mendatangkan secara utuh Honda CBR150R dari AP Honda Thailand dan menjualnya dengan harga yang cukup fantastis yakni mencapai 40-an Juta rupiah. Dan tmcblog sendiri memiliki salah satu dari Gen ke-2 dari CBR150R ini dengan cara membeli bekas baru baru ini . .

Generasi ke tiga dari Honda CBR150R hadir Tahun 2014 menandakan era dimulainya produksi secara lokal oleh PT AHM varian Motor Sport fairing cc kecil ini. Mengusung kode K45, generasi ketiga Honda CBR150R ini mengalami perubahan mayor dengan beberapa sisi masih berbasikan bentuk dair generasi kedua. Ubahan Gen Ke 3 ini dimulai dari fairing baru dengan dual headlamp kanan-kiri mirip CBR1000RR Fireblade. Namun sasis diganti menggunakan Sasis jenis truss Frame dan Suspensi belakang pro-Link

Generasi keempat dari Honda CBR150R MY 2016 juga kembali menampilkan produk Lokal Indonesia. Ubahannya hampir hadir di semua titik. Mengusung Body yang lebih Slim, Sistem lampu lampu LED dan Mesin baru Dengan Konsep Dimana Bore dan Stroke memiliki dimensi yang berdekatan. Sampai akhirnnya hari ini 12 Januari 2021 ini hadir generasi ke lima dari Honda CBR150R yang diproduksi Lokal di Plant AHM.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Spesifikasi Honda CBR150R MY2021

Tipe Mesin : 4-Langkah, DOHC
Kapasitas Mesin : 149,16 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah : 57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi : Manual, 6 kecepatan
Rasio Kompresi : 11,3 : 1
Daya Maksimum : 12,6 kW (17,1 PS / 9.000 rpm )
Torsi Maksimum : 14,4 Nm (1.47 kgf.m / 7.000 rpm )
Tipe Starter : Elektrik
Tipe Kopling : Wet
Sistem Pendingin Mesin : Liquid Cooled with Auto Fan
Pola Perpindahan : Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Tipe Rangka : Diamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi Depan : Inverted Telescopic Front Suspension
Tipe Suspensi Belakang : Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System
Ukuran Ban Depan : 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang : 130/70-17M/C 62P
Rem Depan : Wavy Disc Brake (Non-ABS)/Wavy Disc Brake – ABS (ABS)
Rem Belakang : Wavy Disc Brake (Non-ABS)/Wavy Disc Brake – ABS (ABS)
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.983 x 700 x 1.077 mm
Tinggi Tempat Duduk : 782 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.310 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 160 mm
Curb Weight : 137 kg (Non ABS)/139 kg (ABS)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 12 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas : 1,1 Liter
Tipe Baterai Atau Aki : MF Wet 12V 5Ah
Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

142 COMMENTS

  1. Modipan kang fiberglass 🀣

    Apa itu innertube usd nya, macam usd nui atau ride it ahak ahak

    Tp amaze harganya ga naek jauh

    Guest
      • Kalo ngeliat pola jualan H dari tipe terlama ke terbaru selalu ada downgrade. Udah dari jaman CB100 k2 yg semakin baru semakin turun kualitasnya di k5, suksesornya si gl100 jg makin turun lagi. Itu taun 70an ya, 90an keatas jg bahkan anak muda skrg aja lebih suka berburu mesin tilam ketimbang tirep, ato cbr150 cbu ketimbang k45. Jadi ya bukan hal baru produk ini downgrade makanya murah. Ga cuma H sih, semua pelaku kartel melakukan ini. Demi cuan bosss, makanya gw heran sama pensboy, segitunya belain merk Jepang padahal mereka cuma ambil untung dan mereka para pensboy yg sampe dendam ke komentator netral karena komen apa adanya ga pernah dibayar ama pabrikan yg mereka junjung, ya kecuali yg emang sales.

        Guest
        • Lha emg kalau baru biasane emg downgrade ane dulu ambil beat gen 1 karbu cat mesin cvt body oke terus beli beat esp hmm sudah beda dari cat body mesin ya menang senyap sama fi aja.

          Guest
  2. Nah tinggal gsx nih yang perlu facelift, ganti muka aja ala gsx r1000 sama cover rangka yang jelek itu, trus tes aerodinamika lagi di Hamamatsu, jok belakang turunin dikit, jual versi teleskopik dan usd.

    Guest
  3. Wah! ini bagaikan pinang dibelah dua, tapi secara suara yakin gk bisa bohong hehe~

    Oh iya ini mesinnya bener kah udah menganut overbore? Atau masih pake current? Terima kasih

    Guest
  4. Aduh biyung penonton kecewa,mesin tetap hello kitty

    “Hanya dengan melihatnya, pengguna semakin yakin terhadap kecepatan dan kekuatan All New CBR150R.”
    Bruh.

    Guest
    • Ga ada yg salah dgn statementnya.bolehnya hanya dilihat,jgn digeber. ntar penunggang mbit tersinggung bs malu disalip wkwk

      Guest
  5. Berasa kaya ngeliat tiruan 250RR versi China. Kalo niru kakaknya kenapa ga niru yg 600cc aja kaya pabrikan2 Jepang lain.

    Guest
  6. Kaki kaki yg sekarang shock depan upside-down tapi swing arm belakang nya (kayaknya) masih pipa kotak ya wakaji ??? Pabrikan sebelah udah full untuk kaki kaki depan belakang

    Guest
  7. harga relatif sama dengan yang lama, berarti yg K45G dulu kemahalan (ngecuan e kakean), suspensi depan cuma teleskopik kecil biasa, mesin tetap yg terlemot juga ternyata πŸ˜€

    Guest
  8. Kenapa arm belakang ga ada perubahan ya,tetap model tahu Sumedang …harusnya bikin lah yg model banana biar balance dengan USD depan nya…..hadeh

    Guest
  9. Sejak jadi CBR near square udah gak tertarik lagi sama si CBR terkecil ini

    Padahal dulu sejak masih sekolah CBR ramping,berubah jadi CBR mata satu, K45A masih jadi motor idaman,tapi sayangnya harus mengerti keadaan ekonomi keluarga

    Guest
  10. wah2 kalo beli ini mau ngepret8n sebelah harus cangkokin mesin RC200 nih. h3h3he

    btw udah PAKe Start Stop Engine belum kayak di GSX?

    Guest
  11. Serius, jelek banget desainnya. Kyk maksain banget, dari kemarin bocoran2 yg bilang mirip abangnya yang 250, udah ketebak desainnya bakalan jelek, wagu.
    Nilai + dari cbr baru ini cuma usd nya doang.
    Kecewa ancur hati gue sebagai fans berat CBR ngeliat desainnya yang ini. πŸ™

    Jadi makin cinta sama cbr muka sempak gue, setidaknya cbr sempak gue lebih berbobot looknya, mesin pure overbore dan everlasting desainnya.

    Guest
    • setuju sih..terlalu maksa… apa gara2 sparpart lampu RR masih banyak terus ditemplokin kesini… asli nih gabut…kenapa gak pake wajah cbr1000 2018 aja yah… sayang banget desain sebagus itu gak diturunin…atau kaya vario 150 2016 yg sipit..

      Guest
  12. Dan… yeah. Power mesin gaada update samsek. Padahal inilah sektor yang urgent untuk diupgrade di CBR mesin operstruk sekarang ini. Malah rubahan sekarang fokus di gincu2nya.

    You gotta be kidding me, ahm. Padahal dulu K45A itu mesinnya the best loh perkara sensasinya. Sekarang jangankan dicompare sama kompetitor, sama si supra gtr saja kerasa lebih kenceng supra.

    Guest
  13. kalo dipikir perubahan yang ditunggu2 dari motor ini sektor mesinnya, tapi malah ga di pake mesin lama…
    visualnya malah jadi blunder ngeluarin major facelift modelnya mirip modifan kang variasi… mending model sebelomnya dikasih usd…

    Guest
  14. Ko biasa aja, lagian tu muka ga proporsional kaya abangnya si 250RR

    kirain mau all out minimal buat mepetim kompetitor speknya
    Ini malah mepetin di harga doang

    Tapi ya memang honda sih, bebas mau ngapain aja
    Hehehe

    Guest
  15. Cuma beda fairing, rem, sama Fork depan nih? Tapi mesin tetap sama dan body yang kurang macho ya gak seperti kompetitor? Yang paling disayangkan swing arm nya kayak motor bebek ya, wkwkwk..
    Semoga neng Suzi mau kembali meramaikan pertempuran sport 150 cc ya, minimal semua sport full fairing udah USD lahhh..
    BTW, untuk harganya naik berapa nih dari edisi sebelumnya?

    Guest
  16. biar mau komen sejelek apapun..tetep model yang paling bagus
    dibanding r15 sama gsx150 ya masih cbr150 inih….
    selama si r15 sama gsx150 ga facelift..

    Guest
    • Serius? R15 yg sasisnya udah sangat supersport bahkan lebih sporty dari R25 belum lagi fitur VVA ato GSX150 biarpun rangka bebek tapi mesin pure karakter sport dgn dohc overbore? Apa kelebihan cbr dibanding 2 motor yg lu sebut ga lebih bagus dari cbr selain stiker H O N D A di bodinya?

      Guest
    • Semenjak jadi overstroke desainnya jadi jelek, muka gepeng, yg sekarang malah kayak modipan, seandainya r15 lebih kecilan dikit dan ga moge wannabe bakalan lebih baik menurut saya.

      Guest
  17. jangan gambot2 kelas 150 cc mah…soalnya mesinya kecil…jadi kopong keliatannya…ban juga kan menyesuaikan..
    malah jd gambot…
    r15 klo ga gambot mah aslinya cakep

    Guest
  18. duh, jujur yg ane tunggu2 bukan desain dan fiturnya, tapi kabar mesin overbore nya, dan ternyata sama aja dgn mesin sebelumnya, πŸ˜“
    masuk akal sih, gak mungkin AHm ganti mesin yg umurnya baru sebentar, biaya RnD kan juga mahal,,,

    Guest
  19. Ga ada satupun bloger yg berhasil moto rem belakang,foto nya sama semua…siapa copas siapa ga ngerti deh…pasti kna spam.nih

    Guest
  20. PCX udah overbore, CBR tetep aja overstress
    Entar ada tragedi,Udah nunduk2 dilibas dgn mudah sama yg selonjoran rileks πŸ€¦πŸ»β€β™‚οΈ

    Guest
  21. Bengek😭 jauh diluar ekspektasi😭 gak ada wow2nya, malah mirip kyk cbr2 yg sekarang beredar dengan topeng ala2nya😭🀣
    Apalagi sektor mesin, gw kira bakal balik ke overbore dengan upgrade tentunya, eehh ternyata pas udh launch mesinnya tetep aja bengek sam kyk yg dulu😭🀣🀣
    Fix R15 dan GSX tertawa melihat kebengek an ini🀣🀣

    Guest
  22. komen aah..

    dari depan mirip banget emang, gw kira yg sebelah kanan tu yg 250 πŸ˜€

    tapi kalo dari samping masi keliat banget masih mirip 150 yg digantikan.

    kayaknya ini facelift aja ya??

    mesin belum naik signifikan, gak jadi pengen. Alhamdulillah…

    menunggu gsxr150 dipakein upside down + arm ala banana,

    Guest
  23. Sik sik sik….

    Saya terpingkal-pingkal lihat foto dibawah tulisan “tampilan full digital”.
    Haloooo….
    Wkwkwk….
    Apakah saya mimpi?

    Guest
  24. Perkembangan teknologi motor matic udah ngalahin motor sport. Dah lah. Memang semua akan matic pada waktunya. Motor sport ya cuman buat motorsport kayaknya.

    Guest
  25. Saya Pengalaman naik CB Series… Harga Jual Bekasnya Masih Kalah dengan Yamaha R Series (R15 dan Vixion) dengan tahun yang sama. Saya lebih suka Motor Sport Yamaha, karena modelnya bagus dan tenaga atas dan bawahnya terasa semua.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.