TMCBLOG.com – Sejatinya dua hari kemarin tanggal 20 dan 21 Januari 2021 keluarga WSBK sudah melakukan test pra-musim di sirkuit selatan Spanyol yakni sirkuit Angel Nieto Jerez. Namun lagi lagi cuaca menyebabkan sebagian besar tim dan pebalap yang hadir memutuskan untuk tidak keluar lintasan. Seperti pada hari pembukaan, satu-satunya pembalap yang harus keluar adalah rookie FIM Supersport World Championship -Leonardo Taccini- dengan pembalap Italia yang terus meningkatkan kecepatan dengan mesin barunya untuk musim 2021, bersama dengan HRC test rider diatas mesin prototipe Honda MotoGP dan duet Michelle Pirro – Johan Zarco di atas Ducati Panigale Superstock.

Taccini yang berusia 18 tahun melakukan debutnya di WorldSSP pada tahun 2021 saat ia berusaha untuk menantang gelar WorldSSP Challenge dengan ORELAC Racing VerdNatura. Taccini menambah 20 lapnya dari hari pertama dengan 23 lap lagi pada hari kedua dan juga meningkatkan waktu terbaiknya lagi saat ia membukukan 2’01,940s; menemukan ritme terbaik sekitar tujuh detik saat kondisi dimana dia mulai terbiasa dengan Kawasaki ZX-6R.

Kondisi cuaca juga menghalangi Leon Haslam dari team HRC dan Alvaro Bautista untuk turun ke lintasan. HRC yang sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan kembali ke lintasan Andalusia ini pekan depan (27-28 Januari) dimana mereka berharap untuk bisa sepenuhnya lebih maksimal memanfaatkan waktu pengetesan. Oh iya, aturan baru yang diberlakukan untuk tahun 2021 membatasi pengendara hingga maksimal sepuluh hari pengujian privat- tidak termasuk tes resmi atau test yang disupport lainnya seperti pengujian ban atau pengujian sirkuit baru.

Juara bertahan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) dan rekan setimnya Alex Lowes dijadwalkan untuk berada di trek juga dengan Kawasaki ZX-10RR mereka yang baru untuk melanjutkan pengembangan mesin baru  serta paket aerodinamis baru menjelang musim 2021. KRT juga akan kembali ke Jerez pada 28 Januari untuk mencoba dan mengkonfirmasi kembali beberapa elemen serta mencoba beberapa parts baru.

ARUBA.IT Racing – team Ducati adalah tim pabrikan lain yang hadir di Jerez tetapi, seperti tim HRC dan KRT, memilih untuk tetap tinggal di garasi mereka bersama Scott Redding dan Michael Ruben Rinaldi; dengan Redding yang mengaku masih jet lagged setelah travelling dari California ke Jerez. Tim yang meraih juara tim di musim 2020 dengan Ducati Panigale V4 R dan akan mencari tantangan gelar lain di 2021 dengan Redding dan Rinaldi.

Keadaan trek yang basah juga menjadi dua hari yang sulit bagi Rookie WorldSBK karena mereka tidak dapat menguji mesin mereka untuk pertama kalinya dalam kondisi basah. Isaac Viñales (ORELAC Racing VerdNatura), yang akan mengendarai Kawasaki ZX-10RR 2020, Loris Cresson (OUTDO Kawasaki TPR) dan Tito Rabat (Barni Racing Team) semuanya berharap mendapatkan jarak tempuh yang sangat penting untuk mengawali musim baru mereka.

Cerita yang serupa juga menerpa veteran WorldSBK Chaz Davies (Tim GOELEVEN) saat dia berkenalan dengan tim barunya di test Jerez ini. Pembalap asal Wales itu akan melakukan test motor yang dimenangkannya di Estoril pada akhir musim 2020 serta yang sedikit modifikasi yang dilakukan Ducati. Tapi ia dan team memilih untuk tetap di area pit dan garasi selama dua hari kemarin.

Based on WSBK Info

14 COMMENTS

    • Sebenernya sempat ada rumor Daviez merapat ke Aprilia motogp, cuma mungkin dgn pertimbangan usia, riskan buat seorang Davies mengakhiri karir di tim tercupu di motogp. Mending kaya Lorenzo, mengakhiri karir di tim terbaik di dunia. Pensiun di perusahaan terbaik pasti jadi impian setiap pekerja, mau itu cuma karyawan IT ato atlet. Jadi Davies pilih stay wsbk yg masih memungkinkan menang ketimbang karir berakhir memilukan.

      Guest
  1. GHP, gak ikutan? Ten Kate WSSP600 gak kesana?? Seriusan nanya… Soalnya gak ngikutin wsbk.. (Galang Hendra pratama)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.