TMCBLOG.com – Dini hari, jam 02:00 WIB pada tanggal 4 Februari 2021 ini, Suzuki Ecstar mengundang para jurnalis termasuk TMCBlog untuk ikut serta dalam virtual debrief via Zoom dengan sang juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir. Ketika Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP maka Ia selalu menjadi favorit juara dunia pada musim berikutnya. Saat ini, Joan Mir lah juara dunia MotoGP 2020, dan apakah dengan titel ini membuat Joan Mir merasa cukup strong untuk mengatakan bahwa ia menjadi rider favorit juara dunia 2021 juga? Joan Mir pun bersedia menjawabnya begini.

“Adalah benar bahwa ketika Marc menjadi juara dunia maka pada tahun berikutnya ia menjadi favorit. Untuk tahun ini, Saya mengatakan bahwa saya adalah ‘Orang yang harus dikalahkan’ (man to beat). Mungkin saya bukanlah yang di-favoritkan. Saya merasa bahwa saya harus memberikan sesuatu yang lebih lagi untuk menjadi yang difavoritkan.”

“Benar bahwa tahun lalu kita memenangkan kejuaraan bukan karena unggul pada sisi kecepatan namun lebih karena kecerdasan dan konsistensi. Margin yang kami miliki tidak terlalu jauh dengan orang lain yang memiliki pengalaman lebih, jadi kami di atas kertas memiliki ‘tools’ yang bagus untuk mempertahankan gelar. Namun saya tidak merasa bahwa saya lah sebagai sang favorit. Saya akan jadi ‘man to beat’ namun bukan yang di-favoritkan.”

“Kita lihat, jika saya menjadi juara tahun ini (2021), maka (tahun depan) saya akan menjadi rider yang difavoritkan. Saya akan berusaha lebih, menikmati lebih, dan menjadi lebih baik. Ini adalah target saya musim ini. Jika saya bisa mengulang kembali gelar maka saya akan sangat senang karena pada akhirnya inilah yang diinginkan oleh semua orang.”

“Tujuannya itu, namun di dalam diri, saya hanya ingin menjadi lebih baik. Saya tidak perduli mengenai titel kejuaraan -walaupun itu adalah yang terpenting. namun saya ingin lebih baik, ingin memulai memperoleh Pole Position dan memenangkan lebih banyak balapan. Jika saya bisa melakukan hal hal tersebut maka saya telah lebih konstan, jadi mari kita berubah di area tersebut.”

Jadi Joan Mir sudah menyatakan dan merasa bahwa dirinya bukanlah yang favorit buat jadi juara dunia 2021. Namun siapa menurutnya yang pantas jadi favorit juara dunia 2021? Joan pun menjawab dengan tegas; “Bagi saya, jika Marc (Marquez) bisa hadir dalam kondisi fit 100%, maka Ia adalah yang difavoritkan. Ia memiliki pengalaman yang lebih banyak dari saya, gelar lebih banyak, kecepatan yang lebih dari saya, dan dia adalah orang yang menjadi target untuk dikalahkan. Namun jika Marc dikecualikan, maka saya tidak melihat ada pembalap lain yang di-favoritkan. Kemungkinan dalam kasus itu (favoritnya) adalah Saya, namun jika Marc sudah berada di track, maka (yang akan di-favoritkan) adalah Marc.”

https://twitter.com/suzukimotogp/status/1356315076555321347

Oh iya, Joan Mir sendiri memberikan tenggat waktu tanggal 12 Februari 2021 ini untuk menentukan apakah ia akan menggunakan nomor start 1 untuk musim kompetisi MotoGP 2021 ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

30 COMMENTS

  1. Saya rasa marc akan lama.lagi fitnya setidaknya absen 3 atau 4 seri awal,sangat riskan cederanya akan terulang lagi kalo ngotot juga pengen tampil jika tulangnya belum nyatu..
    Belum lagi cari limit rcv dengan harus cara ndlosor,kalo.ngak ndlosor ya ngak nemu kelemahan rcv,bener² harus dipikirin mateng² untuk race..

  2. Kalau kita sudah merasa hebat maka tidak ada ruang untuk berkembang lagi. Dengan mengakui ada kelemahan diri maka itu akan jadi awal untuk menjadi lebih baik. Lanjut mir!

  3. Jangan2 voting di YouTube MotoGP kemarin jg nentuin dia akan pake no. Berapa

    Walaupun kemarin terakhir dilihat no.1 masih kalah suara ☹️

    Ayo vote no.1 ☝️

  4. Imho no.1 di motogp kayanya udah bukan nomor prestis lagi deh semenjak banyak jurdun dominan ga mau pake no.1. Jadi kesannya no.1 biasa aja.
    Kecuali buat pabrikan kali ya, angka tsb bisa jadi publisitas yang bagus banget.

  5. Menurut saya mir bukan favorit dan jg bukan man to beat krna musim kmrn cm sekali busa juara seri masih kalah byk dr quartararo tetapi betul dia juara dunia krna konsistensi dpt poin

  6. sperti hal nya sircuit mandalika, yang 50% aja belum …
    sulit bwt marc cpt kembali 100% dan balap lagi..
    jalan panjang untuk recovery..

  7. Usul:
    ambil aja nomer 1, bagus buat poster & iklan. Kapan lagi Suzuki ada kesempatan pake nih nomer. Siapa tau juga bisa menghentikan mitos.

  8. feeling gw koq bakalan pake no 1, ditambah dengan sedikit “masukan” dari pabrikan maka fairing depannya ada no 1 nanti pas seri perdana..

  9. Pake aja angka 1, pake 36 pun belum tentu jurdun lagi. Lumayan kan kalau jadi sampul majalah pake angka 1 kan keren. Eh sekarang masih ada majalah gk y? Wkwkwk

  10. Yahh mir pernyataan ente kaya gitu malah bisa dimusuhin media loh wkwk ??
    Padahal media capek capek goreng berita ente vs marquez pas jurdun kemarin. Ente masih aja bilang favorit marquez, bilang musuh apa gimana gitu kek wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here