TMCBLOG.com – KTM kemarin telah merilis informasi resmi bahwa pada tanggal 12 Februari 2021 jam 15:00 WIB beberapa kanal media sosial resmi KTM, mereka akan merilis secara simultan dua team yang akan berlaga di MotoGP musim 2021 yakni Red Bull KTM Factory team yang diperkuat duo Oliveira – Binder dan Tech3 KTM dengan Petrucci – Lecuona. Ini adalah kesempatan pertama publik untuk pertama kalinya melihat livery, warna, nama dan beberapa paparan ekspektasi team. Berita menariknya adalah tidak seperti di 2020, warna motor KTM Red Bull dan KTM Tech3 akan sama di MotoGP 2021.

Karena Red Bull Organics telah mengundurkan diri dari Tech3 sebagai sponsor utama di MotoGP setelah bersama di tahun 2020, KTM diinformasikan akan mendesain empat motor Tech3 seluruhnya dengan warna oranye, tidak ada sponsor baru yang dicari. KTM akan menggunakan sponsor bersama kepada kedua team ini selama 2021.

“Di Tech3 kami telah membuat terobosan baru dan pada 12 Februari kami akan mempersembahkan motor Danilo Petrucci dan Iker Lecuona dalam desain KTM murni,” ungkap Pit Beirer. “Tujuan kami adalah mengubah Danilo dari sederhananya pemenang GP per musim menjadi pemenang beberapa GP per musim.”

Koq bisa seperti ini? Secara umum Red Bull Organics sendiri yang nempel di dua RC16 Tech3 KTM tahun lalu tidak pernah berhubungan langsung ke Tech3. KTM-lah yang ‘mendistribusikan’ sponsorship Red Bull kepada KTM Tech3. Perusahaan minuman energi itu membayar sekitar 9 juta Euro per-tahun ke KTM dan kemudian KTM menggunakan angka ini dan mendistribusikannya ke berbagai jenjang paket balap untuk Red Bull seperti MotoGP Rookies Cup, dua team Moto3 World Championship (Tech3 dan Ajo Motorsport), Team Moto2 (Ajo Motorsport) dan dua tim balap MotoGP (Red Bull KTM Factory dan Red Bull KTM Tech3). Dan dari 9 Juta Euro tersebut bagian untuk KTM Tech 3 diperkirakan sebesar 2,5 juta Euro.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

25 COMMENTS

  1. EUR 9.000.000 = IDR 151.501.680.630 (151,5 M) untuk 1 tahun.? Apakah ini sudah mengcover semua cost kayak gaji pembalap, crew, admisnistrasi dan logistic Wa? Kayak nya seru juga kalo bahas pendanaan, sponsorship di Moto 3 sampe MotoGP seperti apa, baik untuk team maupun per pembalap.

  2. Nilai yang kecil 9jt euro kudu dibagi diberbagai kelas. Yakin KTM masih rogoh kocek lumayan dalem untuk nutup biaya operasional.

  3. gile bener bener sultan, ga ngepek keknya corona sama bisnis mereka

    kawasaki malu maluin aja dgn gelar wsbk yg beruntun itu pun msh ga menarik rupanya buat sponsor masuk supaya bisa ke motogp

  4. Wak bukannya kalo kayak gini jadi seakan akan ktm ngedaftarin 2 tim factory ya?

    Tim factory 1 ktm redbull,
    Tim factory 2 ktm tech3.

    Secara ke empat motornya sama² factory spec gaada spec A / spec B.

    Terus klasifikasinya gimana jadinya wak antara tim satelit dengan tim factory?
    Apakah hanya legalitas di dorna (status pendaftaran tim sebagai tim satelit) atau ada yang lainnya lagi?

    • Sekilas memang begitu
      Dgn motor yg plek sama (cmiiw)
      Kontrak rider yg di handle sama ktm
      Terakhir sampai soal sponsor pun diurus ktm
      Membuat embel2 satelit di tech3 “hanya sekedar label”
      Regulasi perbedaan factory n satelit ada di manajemen tim
      Itu sebabnya gresini masih memegang manajemen di aprilia.

      Btw spek A/B itu khusus yamaha jaman satelitnya srt
      Sebelumnya tidak ada yg namanya spek A/B
      Jd jgn digeneralisasi kalo satelit lain itu ada spek A/B

      • Yang jelas sih tim mana yg mensuplay motor. Dari situ pabrikan dapat kompensasi dari dorna lebih banyak dari tim satelit. Tim satelit juga harus bayar sewa motor ke tim pabrikan bla..bla dan seterusnya. Pernah dibahas kang topik. Bukan karena motornya identik sampai catnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.