TMCBLOG.com – Mayoritas dari fasilitas di markas besar MotoGP GPArgentina, sirkuit Autodromo de Termas de Río Hondo, hancur lebur setelah kebakaran hebat kemarin dan rencanannya hari Senin ini (08/01/2021) proses rekonstruksi akan dimulai. Api, yang mulai berkobar pada Jumat malam waktu Argentina (sabtu siang WIB), sudah padam. Sayangnya, terlihat kobaran api telah benar-benar melahap mayoritas struktur bagunan di trek Argentina ini.

Pict : Cristian Lima

Walaupun tak ada yang menginginkan bencana seperti ini, namun adalah sebuah kebetulan karena MotoGP Argentina secara jadwal memang dipindah ke akhir musim 2021 walaupun belum ada tanggal definitif yang ditetapkan sampai hari ini karena kondisi pandemi yang masih belum reda. Jadi secara umum Termas de Rio Hondo punya waktu yang cukup untuk recovery.

Héctor Farina, Direktur Autodromo de Termas de Río Hondo menyatakan dengan tegas bahwa: “Mulai sekarang, kami akan bekerja dengan keyakinan bahwa, dengan upaya dan komitmen semua orang, kami akan mencapai tujuan (tetap berencana) menghelat Grand Prix MotoGP di Argentina.

Pict : Orly terranova

Penyebab kejadian tersebut masih belum diketahui. Menurut berbagai media setempat, kobaran api bermula di kawasan yang biasanya menjadi tempat fasilitas VIP Paddock. Farina mengomentari skala kerusakan dalam sebuah pernyataan resmi: “Sayangnya, seluruh bangunan pit dihancurkan oleh api. Ini juga termasuk ruang pers, pengarah balapan, dan area VIP. Museum dan menara pengawas -yang jaraknya lebih jauh- tidak mengalami kerusakan parah, seperti halnya ruangan-ruangan lain dan klinik kecil di lintasan.”

Héctor Farina juga mengatakan bahwa area sirkuit yang rusak akan mulai dipulihkan mulai Senin 8 Februari 2021. Autodromo diasuransikan terhadap semua risiko kebakaran, yang mencakup kerusakan ekonomi yang ditimbulkan. Mulai Senin kami akan mulai dengan penentuan pekerjaan rekonstruksi.”

pict : Cmdte Alfredo García

Terakhir, Farina mengirimkan pesan terima kasih kepada semua orang dan badan yang dimobilisasi: “Bersyukur tidak ada korban. Kami ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam menanggulangi bencana ini, yang merupakan bahaya besar, terutama karena angin kencang. Terima kasih banyak kepada unit pemadam kebakaran, pasukan polisi, pemerintah kota dan staf Autodromo, yang melakukan segala kemungkinan untuk menghindari kerusakan yang lebih besar.”

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Pict : Sky-sport

10 COMMENTS

    • Renovasi abis kebakaran selesai sblm akhir thn sblm event balap, kita percaya!!

      Tapi,

      mandalika selesai sblm akhir tahun, OH NO!

      Guest
  1. Benda-benda yg di museum itu yg tak ternilai,kayak peninggalan dr tokoh yg udah tiada kan ga mungkin bisa dicari lagi

    Guest
    • baru2 ini ada loh kejadian museum otomotif yg terbakar habis, kalo ga salah di Italia sana, museum nya terkenal sbg museum otomotif tertinggi di dunia,

      Guest
  2. Aman, diasuransikan. Pas event malah fasilitasnya baru semua. Museum lokasinya jauh dr sumber api n hanya ada kerusakan kecil. No problemo

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.