TMCBLOG.com – KTM telah menenggelamkan kembali rencana untuk menawarkan replika MotoGP 240 hp dengan harga maksimum €120.000. Namun sebagai gantinya oleh Speedweek terkuak bahwa pabrikan asal Austria ini sedang mempersiapkan motor prototipe full fairing 890 cc dengan konfigurasi mesin V2 yang direncanakan dapat dipakai untuk kepentingan terbatas seperti trackday dan balapan.

RESMI.. KTM RC16 Motor MotoGP Dijual Secara Bebas

Flashback ke 2014, CEO KTM -Stefan Pierer- pernah mengungkapkan bahwa KTM memiliki rencana menjual replika KTM RC16 bermesin 1000 cc V4 dan 240 hp dengan harga maksimum 120.000 Euro untuk keperluan “Track Day”. Saat itu (2014), Stefan Pierer memiliki ide yang sangat jelas tentang KTM RC16 yang bisa dibeli. “Kami ingin membangun minimal 100 buah dan menawarkan produk ini dengan harga yang sangat terjangkau, sepeda motor ini tidak akan legal di jalan; hanya ditujukan untuk dipacu di trek tertutup. Kami ingin membuat pelanggan bisa sedekat mungkin dengan motor MotoGP dalam hal performa mesin.

Tentu saja tidak akan menjadi 270 hp, tetapi Anda harus memperhitungkan 240 hp. Saya pastikan harga yang jauh lebih murah daripada yang ditawarkan Honda RC213V-S (€ 192.000)- . Saya ingin melihat bahwa kita mendapatkan 100.000 atau 120.000 Euro. Balapan dengan harga terjangkau adalah filosofi kami.”

Tetapi rencana proyek ini boleh dibilang menguap saat ini. Namun sebagai gantinya, KTM disinyalir sedang mengerjakan konsep baru untuk dapat ditawarkan “Ini adalah produk berikutnya yang akan kami buat untuk lintasan balap dan akan tersedia untuk dibeli,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer. “Replika MotoGP saat ini tidak layak untuk kami buat. Jika Anda ingin membuat sepeda motor balap sedekat mungkin dengan versi MotoGP, biayanya sangat mahal sehingga tidak ada yang bisa atau mau membayarnya.

Jika kita mengurangi replika hingga secara teknis jauh dari sepeda motor balap, itu tidak masuk akal ketika kita berbicara tentang replika. (rencana) Replika MotoGP sudah tidak tersedia. Kami memiliki prioritas yang berbeda. Kami punya begitu banyak ide hebat. Tapi sayangnya satu hari hanya punya 24 jam.”

Speedweek hanya bisa mengatakan bahwa pabrikan asal Austria ini sedang mempersiapkan motor prototipe full fairing 890 cc dengan konfigurasi mesin V2. Sepertinya Speedweek sudah memiliki gambar leak dari motor yang dimaksud dan mereka unggah serta sajikan sebagai thumbnail tanpa di-post atau ditampilkan di artikel utama, namun ya tetap saja bisa kami (TMCBlog) deteksi hal ini. It’s not rocket science buat me-reveal file yang tersembunyi di page dan di artikel ini sobat sekalian akan dapat melihat filenya secara utuh yang mungkin menampilkan versi prototipe dari motor mirip Kramer V2 890 cc yang sedang disiapkan KTM tersebut.

Terlihat samar samar sosok motor ini menggunakan model full fairing dengan lubang ram air agak sedikit ngumpet dibawah hidung dari front cowl sementara terlihat framenya tralis berwarna hijau dengan fuel cap filler berada di bagian buritan dari motor. Jujur ini menarik apakah Motor KTM Proto nanti akan punya hubungan dengan motor diatas yang banyak dikenal dengan dengan Kramer GP2-890 ?

Taufik of BuitenZorg | @tmclog

23 COMMENTS

  1. Bukannya ini kraemer motor ya wak? Sekilas kok rangkanya yg hijau itu mirip, kalo kraemer mesinnya inline twin punya duke 890r

    Guest
    • Mungkin foto Speedweek tsb cuma sebagai ilustrasi dari calon motor V2 890 cc KTM nanti, dengan mengambil foto dari garasi Kramer Motor USA.
      Saat ini mesin massprod konfigurasi V2 890 cc buatan KTM belum ada ya, bisa jadi memang mesin dan motor utuhnya masih dalam tahap pengembangan di Mattighofen. IMO

      Editor
  2. Kok firasat saya awal mulanya motor ini buat dijual, abis itu kontrak Triumph di Moto2 habis, trus meraka ngajuin pake mesin motor ini ke Dorna

    Guest
  3. Another supertwin?
    Kayaknya bakal makin rame nih kelasnya kalo ini dibikin street legal juga, pengganti kelas supersport 600

    Guest
  4. Dengan keterbatasan pengetahuan ane
    Apa bisa ya V twin tembus angka 200+ hp ?

    Secara putaran mesin jelas di angka lebih tinggi ? Atau material mesinnya bakalan very light ?
    Ducati V4 aja power 200+ hp di dapat di putaran 14000 rpm lebih dengan 4 silinder ?

    Cmiiw

    Guest
  5. Makin bnyk aja nih motor2 track only 😏 udah ada bmw HP4 Race, aprilia RSV4 FW series, skrg ketambahan ktm 890 😏 tapi aku curiga jangan2 nanti ktm malah bikin ini motor versi massalnya buat ngejar masuk WSS 2022 (regulasi baru)

    Guest
  6. Jika foto tsb di zoom ke arah motor paling belakang sndiri, anda semua akan melihat motornya dg full motif redbull. Apa cma aku aja ya yg baru tau hehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.