TMCBLOG.com – Pada 3 hari pengetesan privat yang tertutup untuk media Aprilia, KTM dan Honda melalui test rider dan pembalap permanen mereka (khusus Aprilia) mencoba dengan total ratusan lap berusaha menarik sejumlah data empiris Sirkuit mengenai motor spesifikasi 2021 mereka. Di 2021 pabrikan seperti Honda akan menggunakan mesin 2020 mereka sebagai referensi mesin 2021. Sementara KTM dan Aprilia diperbolehkan memberikan ubahan pada mesin 2021 mereka . .

Saat pengetesan RC213V yang digunakan oleh Stefan Bradl dan KTM RC16 yang dipakai oleh Dani Pedrosa tampak belum banyak perubahan fisik yang signifikan. Namun ini tidak berlaku untuk Aprilis RS-GP. Pabrikan asal Noale ini membawa dua versi motor prototipe ini ke Jerez, versi 2020 (full color) dan versi 2021 (hitam) dan via foto resolusi rendah dari GPOne terlihat memang Aprilia RS-GP menghadirkan perubahan bodywork yang cukup signifikan.

Saat direndengkan berdua antara RS-GP 2020 dan 2021 terlhat memang jalinan knalpotnya berbeda. Knalpot yang berada di bawah terlihat lebih pendek dengan diameter muffler lebih besar, hadir dengan detail ujung slash cut yang banyak digunakan oleh pabrikan MotoGP saat ini. Sementara untuk muffler undertailnya hadir dengan detai leher knalpot yang juga sedikit berubah.

Perubahan detail knalpot yang hadir di awal musim biasanya mencerminkan apa yang berubah di bagian dapur pacunya. Tebakan TMCBlog adalah dengan desain muffler seperti di atas sepertinya ada upaya Aprilia untuk ‘menggeser’ power band dari mesin lebih merata ke arah Rpm tinggi dengan kata lain sepertinya ada incaran supaya RS-GP 2021 sanggup mengejar top speed yang lebih tinggi.

Aero fairing depan tidak terlalu terlihat, namun diberitakan memang bentuknya ada perubahan. Sementara itu sasis depan terlihat murni kilatan logam alumunium tanpa adanya tempelan tempelan carbon strengthened. Swingarm berwarna gelap yang hadir mengundang ke kepoan lebih lanjut apakah RS-GP akan juga benar-benar akan menggunakan swingarm full carbon seperti motor V4 lainnya? Kita tunggu kesempatan lainnya di test Qatar sob.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

19 COMMENTS

    • seri… mereka butuh pembalap yg lebih punya kemampuan. sulit untuk tau potensi dan limit motornya klo kemampuan pembalapanya ga sepadan.

      Guest
  1. wak spt yg sudah dibahas sblmnya ttg test rider honda, skrg kan dy sbg test rider, klo nanti reguler dy gantiin marq jadi agak gak fair ga si secara dy dah test duluan?

    Guest
  2. Visi misi Aprilia ikut MotoGP apa ya,mask sejak era noriyuki haga dan Edward gak ada perubhan sm sekali brisan bawah mulu, kalo alasan sdm dan dana kayknya gak mungkin ,sayang banget berprestasi di era gp 250 dan 125,dikelas raja gt2 aja

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.