TMCBLOG.com – Beberapa pabrikan MotoGP melakukan test privat tiga hari di sirkuit Jerez, Spanyol. Yes, Jerez adalah salah satu sirkuit dengan standarisasi FIM yang letaknya paling selatan di Spanyol sehingga secara umum cuacanya ‘lebih hangat’ bila dibandingkan dengan beberapa daerah daerah Spanyol dan Eropa pada umumnya di bulan Januari dan Februari sehingga aktifitas balap seperti test lebih memungkinkan dihelat di Jerez. Adalah Honda, KTM, dan Aprilia yang memanfaatkan hangatnya Circuito de Jerez untuk menguji motor motor prototipe mereka menjelang tes resmi pertama musim ini di Qatar.

Sementara itu pembalap-pembalap yang melakukan pengetesan adalah test rider HRC – Stefan Bradl – yang juga calon pengganti sementara untuk Marc Marquez, jika Marc masih belum fit di awal musim. Test rider KTM Dani Pedrosa, test rider Aprilia yang kemungkinan besar akan menjadi pembalap permanen yang akan mendampingi Aleix Espargaro – Lorenzo Savadori yang masih menjalani recovery akibat cedera di shoulder. Aprilia juga mendatangkan Aleix Espargaro yang secara regulasi diperbolehkan secara mereka adalah satu satunya team konsesi di musim MotoGP 2021 nanti.

Walaupun ini adalah test privat, namun situs sirkuit Jerez menampilkan secara live catatan waktu yang diperoleh oleh para pembalap yang sedang melakukan pengetesan dalam dua hari ini. Pada hari pertama, Stefan Bradl berhasil menjadi yang tercepat dengan 1:38,968 disusul Aleix Espargaro. Sementara pada hari kedua giliran Aleix Espargaro yang secara total melakukan 42 lap menjadi yang tercepat dengan laptime 1:37,747 disusul oleh Stefan Bradl.

Walaupun secara umum laptime terbuka jelas, namun soal foto-foto sangat sedikit yang berseliweran di media sosial maupun di media lainnya. Padahal banyak orang yang ingin tahu benar seperti apa bentuk dari paket Aero wing dan beberapa desain part untuk Aprilia RS-GP untuk musim 2021 yang dikatakan oleh GPOne benar-benar baru.

Pada hari ketiga dan terakhir pengetesan hanya ada KTM dan Aprilia di Sirkuit Jerez – Ángel Nieto, lagi-lagi dengan sinar matahari yang penuh dan suhu 20º C yang memungkinkan pembalap dan test rider menikmati delapan jam lintasan terbuka tanpa gangguan cuaca.

Pada hari terakhir ini, Aleix Espargaro membukukan catatan tercepat sekaligus laptime referensi menggunakan Aprilia RS-GP 21 yang baru. Aleix memperuncing catatan laptimenya sebanyak 0,3 detik dibandingkan hari sebelumnya dengan 1’37, 421 yang menempatkannya lagi lebih cepat dari laptime rekor saat balap MotoGP di Jerez (1’38.051) serta kurang dari satu detik dari rekor resmi lintasan Andalusia yang dibuat Maverick Viñales pada tahun 2020 dengan Yamaha M1 (1’36.584).

Test privat Jerez hari pertama

1. Stefan Bradl Honda RC213V 1:38,968
2. Aleix Espargaro Aprilia RS-GP21 1:38,975
3. Aleix Espargaro Aprilia RS-GP21 1:39,196
4. Dani Pedrosa KTM RC16 1:39,209
5. Lorenzo Savadori Aprilia RS-GP21 1:40,679
6. Lorenzo Savadori Aprilia RS-GP21 1:42.,

Test privat Jerez hari ke dua

1. Aleix Espargaró (Aprilia) 1’37,747
2. Stefan Bradl (Honda) 1’38,289
3. Dani Pedrosa (KTM) 1’38,607
4. Lorenzo Savadori (Aprilia) 1’39,869

Test privat Jerez hari ke tiga

1. Aleix Espargaró (Aprilia) – 1’37,421
2. Dani Pedrosa (KTM) – 1’38,203
3. Lorenzo Savadori (Aprilia) – 1’39,049
4. Mika Kallio (KTM) – 1’39,778

20 COMMENTS

  1. “…Adalah Honda, KTM, dan Aprilia Yang memanfaatkan hangatnya Circuito de Jerez…”

    ——————–

    Kopi item luwak buatanku masih lebih hangat kayaknya, haha 😀

    Guest
    • Sebenarnya di tangan iannone akhir-akhir Aprilia gak ngampas!
      Aprilia buruk karena gak sanggup kontrak rider fighter, dan mereka gak cukup jeli cari bakat baru seperti Suzuki (brivio)

      Guest
      • sepertinya bukan kurang jeli, namun lebih ke potensi motor, Suzuki walau tidak sehebat honda/yamaha namun mempunyai tradisi juara di kelas primer. sehingga jikalau status sama2 konsensipun, posisi tawar Suzuki lebih tinggi, tentu rider muda potensial pasti lebih melirik Suzuki. selain itu dari yang sudah2 pembalap yang promosi ke kelas primer di tim aprilia penampilannya tidak kompetitif, sehingga kurang menarik rider muda potensial.

        Guest
  2. Aprilia sama Gresini Racing ga jadi cerai wakaji ???

    Masih mesra ya di wearpack nya Aleix Espargaro …

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.